Jumat, 11 Januari 2013

Florsheim Tips : BT04 Playstyle Guide Part Three


Hi guys,

Melanjutkan Playstyle Guide Part One dan Two kemarin, kali ini kami akan memandu kamu untuk memainkan archetype sisanya dari Booster Box 4 Eclipse of the Illusionary Shadow. Tadinya ini bagian dari Part Two, tetapi ternyata terlalu panjang sehingga dipisah lagi menjadi total tiga bagian.

Bagi yang belum membaca part one-nya bisa cek di link berikut: BT04 Playstyle Guide Part One dan yang belum membaca part two-nya bisa cek di link berikut: BT04 Playstyle Guide Part Two.

Guidelines ini hanya saran, sesuaikanlah dengan tujuan serta winning image deck kamu, dan yang tidak kalah penting juga, sesuaikan dengan kecenderungan cara bermain kamu untuk menciptakan playstyle yang paling cocok bagi kamu.

Artikel ini merupakan keroyokan banyak orang, dengan gaya penceritaan yang juga berbeda-beda. Oleh karena itu misalkan ada pertanyaan, langsung komentar di bawah ya!

Blizzard Formation Playstyle by Vandy


Kelebihan terbaik dari deck Kourin ini adalah kemampuannya untuk membentuk Winning Image secepat mungkin menggunakan kartu apapun yang tidak berguna saat itu di tangan kamu, seperti Trigger atau Grade 3 ekstra. Seringkali, kamu bisa memanggil 3 Snogal di belakang beserta 2 RG penyerang secepat giliran kedua.

Selain cepat membentuk Power Line yang bagus, yaitu 16-21-16, deck ini juga bagus membentuk Power Line yang kuat berkat Palamedes atau Bors, membuat Power Line samping dapat mencapai 21.000 sehingga sulit ditangkis. Oleh karena itu, playstyle terbaik dari deck ini adalah Rush. Serbu Vanguard lawan secepat mungkin dengan konsisten dan paksa dia membakar hand-nya demi guard serangan.

Secara advantage, deck ini mampu memaksimalkan penggunaan Counterblast dengan baik. Akane untuk mencari Snogal atau Pongal, Blaster Blade untuk menghancurkan penyerang lawan, dan King of Knight Alfred untuk melengkapi potongan puzzle yang hilang.

Hanya saja, ada dua hal yang lemah dari deck ini. Pertama adalah tidak adanya pressure sama sekali. Tidak ada Unit yang memiliki efek tambahan jika masuk, sehingga lawan akan simply membiarkan serangan yang lebih dari 21.000 masuk tanpa ada konsekuensi selain damage, hal ini membuat lawan semakin diuntungkan oleh Heal Trigger yang ia check dan justru mematikan Heal Trigger sendiri.

Kelemahan yang kedua adalah pertahanan yang buruk, hal ini disebabkan oleh kartu yang seharusnya digunakan untuk Guard malah dibuang untuk mencari Snogal, terlebih lagi basis Power para Vanguard-nya yang hanya 10.000 membuat mereka empuk dan mudah dieksploitasi. Gunakan Gordon (Especial Interceptor) agar dapat menyerang dengan baik tanpa mengorbankan pertahanan.

Karena mereka sangat-sangat konsisten dalam membentuk Power Line, playstyle mereka menjadi simple, yaitu bentuk Power Line terbaik, lalu serang terus! That's it. Yang menjadi tantangan justru ada di dalam deckbuildingnya.



Playset Snogal itu pasti dan wajib, namun playset Garmore Grade 2 dan 3? Tidak! Bahkan beberapa pemain sama sekali tidak menggunakan Garmore Grade 3, dan di Grade 2 mereka lebih mengandalkan Akane untuk mencari Snogal. Pengganti Garmore adalah Soul Saver Dragon serta King of Knights Alfred yang keduanya mampu mencapai Power yang cukup tinggi. Soul Saver Dragon malah mudah dicari oleh Pongal yang juga mudah dicari oleh Akane. Hal ini sangat menambah konsistensi deck.

Trade-Off-nya? Jika menggunakan Soul Saver Dragon maka kamu tidak bisa menggunakan Brugal sebagai Starting Vanguard dikarenakan jumlah Soul yang akan kurang ketika kamu me-reride Soul Saver Dragon. Gunakanlah Drangal atau Stardust Trumpeter (atau Madame Mirage dan semacamnya kalau mau ngetroll) sebagai Starting Vanguard. Hanya saja, kalau kamu menggunakan Drangal, maka Line Up Grade 1 dan 2 sudah pasti diisi oleh Galahad agar punya kesempatan tidak minus.

Tambah lagi, secara insting kamu perlu menggunakan Draw Trigger lebih banyak agar para Garmore punya bensin untuk dibuang. Hanya saja jika ditilik dari sisi playstyle, lebih banyak Critical Trigger ala Kourin justru memiliki efek yang lebih bagus. Jika serangan Vanguard ditahan, kamu bisa memberikan Critical ke Rear Guard yang punya Power Line bagus, sehingga menjadi suatu ekstra pressure tersendiri.

Namun cara deckbuilding itu kembali ke kecenderungan masing-masing. Ada yang lebih suka infusi dengan Galahad, ada yang lebih nyaman dengan Draw Trigger lebih banyak. Well, bagaimanapun build kamu, yang penting serang terus!!

Oke segitu dulu,
Vandy

Low Budget Shadow Paladin Playstyle by Arlan


Berbeda dengan Low Budget Paladin versi Royal atau Gold. Versi non-foil dari Shadow Paladin ini memiliki opsi yang sangat sedikit untuk buildnya, bahkan saking terbatasnya anggota Shadow Paladin yang Low-Rarity, mereka sampai perlu membawa Vanilla Grade 0 mereka... UNTUK SAAT INI.

Dimanakah advantage mereka berada dibanding versi High-Budget mereka? Jawabannya adalah... Counterblast yang irit! Tanpa kartu macam Nemain, Macha, dan Phantom Blaster Dragon, mereka bisa menghabiskan Counterblast mereka untuk kartu yang lain. Tapi sayangnya, mereka tidak memiliki unit semacam Haugan (Grade 1 Power 7000, Counterblast 1 Power+1000) atau Bors (Grade 3 Power 10.000, Counterblast 1 Power +3000) sehingga mereka harus menggunakannya untuk Gushion.

Karena Counterblast mereka tidak terpakai, Gushion menjadi sangat penting disini sebagai penyerang utama. Selain itu, karena di versi ENG Cursed Lancer lebih mudah didapatkan dan viable di-Iron Paladin ini, memakai efek Gushion lebih dari dua kali menjadi mungkin. (NB: Stand Gushion yg sudah menggunakan efek Counterblast dua kali itu menyenangkan loh)


Lalu, poin kedua adalah, The Dark Dictator, yang di-versi ENG mendapatkannya cukup mudah. Dengan membawa 4 Rugos dan 4 Dordona, 8 Vanilla Grade 2, bila Dark Dictator sukses membuff mereka, mereka akan menjadi penyerang 15.000 yang cukup menyiksa bila melawan Vanguard 10.000. Untuk memastikan The Dark Dictator memiliki Power yang memadai, Badhabh Caar yang bisa mengisi field juga cukup bagus dalam deck ini.

Tanpa Dark Shield, Mac Lir sebagai Perfect Guard, akan cukup sulit menahan serangan-serangan Power tinggi dalam deck ini, untuk itu digunakanlah Zappbau, Vanilla Grade 0 yang sangat fleksibel. Ia mampu menjadi booster 6000, dan selalu akan berguna di tangan sebagai Shield 10.000. Sayang ia dapat merusak keseimbangan Grade jika digunakan terlalu banyak.

Shadow Paladin memang tidak se-fleksibel Royal, apalagi Gold, Paladin dalam pilihan build-nya, Apalagi membuat versi Low Budgetnya. Tapi bukan berarti tidak bisa. Yah, berharap saja TD Shadow Paladin nanti bisa menambah unit yang diperlukan.

Arlan

Fyuh, akhirnya selesai juga. Kalau kamu suka artikel yang seperti seri ini, beri banyak komentar ya baik di Part One, Two, maupun Three agar semua orang yang terlibat seperti Teddy, Gilang, Duddin, Caesar, dan Arlan juga akan lebih bersemangat menulis ke depannya!

Btw, bagi kamu yang ingin mendapatkan kaos Dragonic Overlord gratis dari kami, caranya mudah kok, tinggal cek link berikut dan ikuti instruksinya~ FLORSHEIM INFO : FLORSHEIM ARTICLE CHALLENGE

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More