Selasa, 02 Desember 2014

Awas! Bisa-Bisa Kamu Tersihir Pesona Fianna dan Rias, Para Witch Shadow Paladin Legion Terbaru

Hi Guys!

Jangan lelah ya baca judul-judul aneh kita, hahaha. Setelah kemarin kita bahas gabungan Witch Genesis plus Shadow Paladin (baca Cross-Clan? Witch Please) dan bahas khusus Witch Genesis (baca Lebih Dekat mengenal Fennel dan Mint), sekarang kita akan bahas saudara kembar beda clan-nya, Witch Shadow Paladin.

Decklist

Sama seperti kemarin, kita akan mengelist semua kartu Witch di Shadow Paladin. Yuk dilihat dan dikomentari.

Grade 0
    Black Crow Witch, Eine (Critical) - Wajib 4!
    Lizard Witch, Aife (Draw) - Wajib 4!
    Witch of Banquets, Lir - Bingung juga, kayak ga ada guna
    Witch of Black Cats, Milcra (Heal) - Wajib 4!
    Witch of Goats, Medb (Stand) - Wajib 4?

Grade 1
    Barrier Witch, Grainne - Sayangnya gue bukan fans QW.
    Witch of Choice, Eriu - Lumayan
    Witch of Nostrum, Arianrhod - Lumayan
    Witch of Precious Stones, Dana - Wajib 4!
    Witch of Quests, Securna - Bagus banget!
    Witch of Ruination, Scathach - Lumayan

Grade 2
    Comet Witch, Serva - Vanilla... terlalu biasa. MEH
    Inspection Witch, Deirdre - Wajib 4! Dia juga mate-nya Rias.
    Moonlight Witch, Vaha - CB2 cuma buat draw sih males. MEH.
    Skull Witch, Nemain - Efeknya keren, sayang power 3.000
    Witch of Godly Speed, Amel - MEH
    Witch of Reality, Femme - Matenya Fianna, jadi wajib dipakai! 12k selalu keren kok.

Grade 3
    Cultus Witch, Rias - Wajib 4! Ya iyalah, wong deck Rias.
    Meteor Witch, Manisa - MEH
    Sharp Fang Witch, Fodla - Menarik, dia plus 2 untuk Counterblast 1. Sayang G3 dan ga ada slot.
    Witch of Cursed Talisman, Etain - Kelihatannya keren, tapi MEH.
    Mesmerizing Witch, Fianna  - Wajib 4! Ya iyalah, wong deck Fianna.


Kita mulai dari Grade 3. Di sini pilihan Legion kita ada Fianna, Rias dan Manisa. Cuma karena Manisa begitu doang dan base 10.000, males juga kita pakai. Fodla menarik, sayangnya dia base 9.000 dan slotnya G3 cukup ketat. Jadi yes, 4 Fianna dan 4 Rias! Atau kalau mau coba-coba, silakan 4 Fianna 3 Rias 1 Fodla.

Selanjutnya kita bahas Grade 2. Para mate sudah pasti masuk, yaitu Deirdre sama Femme. Berhubung skillnya Deirdre super jago, kita pasti bawa 4. Setelah kita cek Grade 2-nya nggak ada yang oke selain Nemain, ya kita bawa Nemain. Cuma berhubung Nemain 3.000 doang, jangan bawa banyak-banyak deh. Maksimal 3. Hati-hati ya kalau sampai harus ride dia. Ada satu lagi sih kandidat, yaitu Adora yang belum rilis di ENG. Kalau sudah rilis, bisa lah dia gantiin Nemain.

Terus di Grade 1 kita list. Sentinel kita bakal bawa 4. Bisa dengan 3 null 1 QW atau 4 null sekalian. Karena di deck Witch advantagenya agak seret, kita coba 3 null 1 QW. Yang wajib kemudian adalah Dana. Makhluk super jago ini pasti bawa 4. Sisa slot ada 6. Kombinasinya bisa macam-macam sesuai selera, tapi setelah gue pertimbangkan gue akan bawa 2 Securna dan 4 Scathach. Kenapa Securna? Karena dia jago, seakan ngasih semua unit depan +5.000, tapi sayang costnya lumayan berat dan Powernya 6.000 jadi kita hanya bawa 2 sekedar untuk finishing. Lalu kenapa Scathach dan bukan Arianhod atau Eriu? Soalnya Grade 2 kita ada Nemain-nya yang gak bisa nabok. Jadi kita perlu penggantinya selain Grade 3.

Terakhir untuk Grade 0. Seperti biasa, kita prioritaskan yang nama Witch, jadi 4 Critical Witch, 4 Heal Witch dan 4 Draw Witch. Bagaimana dengan Stand Witch? Dalam kasus normal, gue nggak akan pakai yang namanya Stand. Najis cuih. Namun sayangnya skill Stand Witch terlalu jago, yakni unflip 1 dan Soul Charge 1 yang dibutuhkan oleh deck ini. Unflip untuk berbagai skill dan Soul Charge untuk Deirdre dan Dana, kemudian dikorbankan oleh Rias dan Securna. Untuk Starter, awalnya gue menganggap starter Witch, yakni Lir, itu sampah. Ngapain gue ambil Trigger? Sehingga gue coba kambing Creeping Dark Goat. Namun setelah beberapa kali coba decknya, efek kambing hampir tidak pernah terpakai akibat Counterblast begitu penting. Eh setelah pakai Lir, gue baru sadar ternyata gue bisa panggil 2 Stand Witch yang unflip 2 dan Soul Charge 2. Cuans!

Akhirnya jadi seperti ini deck decklistnya:

Grade 3
4 Mesmerizing Witch, Fianna
4 Cultus Witch, Rias

Grade 2
4 Witch of Reality, Femme
4 Inspection Witch, Deirdre
3 Skull Witch, Nemain

Grade 1
4 Witch of Precious Stones, Dana
4 Witch of Ruination, Scathach
2 Witch of Quests, Securna
1 Barrier Witch, Grainne3 Dark Shield, Mac Lir

Grade 0
4 Black Crow Witch, Eine (Critical)
4 Lizard Witch, Aife (Draw)
4 Witch of Black Cats, Milcra (Heal)
4 Witch of Goats, Medb (Stand) 
1 Witch of Banquets, Lir (Starter)


Playstyle


Kalau entah bagaimana caranya kamu sempat main deck Witch Cross-Clan atau Witch Genesis, maka bersiaplah, cara main Witch Shadow Paladin sangat-sangat berbeda dengan mereka.

Rencana utamanya, kontrol Power Line lawan lalu kurangi power Vanguardnya untuk finishing! Gunakan efek Fianna untuk bikin Power Line lawan jadi mandul lalu ngedraw pakai efek keduanya dan tugas lu tinggal gebukin Vanguardnya sampai lawan damage 4 atau 5 kemudian pakai efek Rias atau Securna untuk finishing. Kalau Counterblast untuk Fianna atau Rias sudah habis, unflip lagi pakai Stand Witch. Selain pakai efek Fianna, pakai juga efek Deirdre dan Dana untuk bikin mandul juga (psst, tembaklah unit depan yang sudah ada unit belakangnya, kalau bisa yang kurang dari 7.000 sehingga mesti diganti). Bedanya kalau Deirdre dan Dana, dia bisa mencegah lawan untuk Legion dengan ngebalikin Trigger. Bonus point!

Yang kamu harus hati-hati di sini adalah penggunaan Rias dan Securna. Sesungguhnya efek mereka adalah jebakan. Ya, jebakan licik. Pertama, mereka perlu meretire salah satu "Witch" kamu. Paling bener memang retire Nemain atau Stand Witch, tapi masalahnya bukan itu. Masalah utama adalah, mereka harus langsung diaktifkan begitu Legion atau summon Securna. Ini bakal bikin kamu dilema. Kamu jadi harus "tembak" Rear Guard lawan sebelum Legion atau panggil Securna dan ingat, kamu juga harus menyediakan tumbal juga sebelum Legion atau panggil Securna. Belum lagi soal "timing" penggunaannya, yaitu ketika lawan sudah mencapai damage 4 atau 5. Paling bagus pas lawan damage 5 sih, soalnya deck ini Criticalnya cuma 4.

Intinya, lakukanlah Legion pada Rias atau panggil Securna secara biasa saja, nggak perlu aktifin efeknya karena cuma bikin kamu minus selama damage lawan masih kurang dari 4. Atau kalau perlu, kamu tahan dulu keinginan kamu Legion Rias waktu kamu yakin di turn berikutnya lawan bakal masuk damage 4 atau 5, 11.000 Power juga oke kok. Nah misalkan lawan sudah damage 4 atau 5, baru deh, tembak lawan sampai ada dua atau lebih Grade 0, dan siapkan tumbal sebelum melakukan Legion atau panggil Securna. Efeknya memang merepotkan, tapi kalau timingnya benar, skill mereka bisa dipastikan bakal bikin lawan kamu kalah atau setidaknya bangkrut hand!

Jadi gimana guys? Sudah siap bermain bersama para penyihir ini?

Oke segitu dulu,
Vandy

P.S.: Gue jual deck Shadow Paladin Witch versi English sesuai list di atas. Kalau serius, langsung kontak gue ya via komentar di bawah ;)

4 komentar:

kalo gw pas masih jap makenya gini

4 fianna 4rias

4 deidre 4 hitter 2 adora 1 nemain

3 null
1 qw
4 arianrhood (buat nyari persona)
4 danna
2 sekuanna

trigger 8 draw 8 crit 4 heal, tadinya 4 4 4 4 juga cuma standnya ceban sayang banget, dan kembali draw power mencari persona, kalo format bawa 2 susanna ganti 2 arianrhood sekuanna jadi 3 terus triggernya 4 4 4 4 spam g0 nya cepet xD

mainnya nyari si femme terus buat di gigit thining deck abis itu legion lagi bikin deck isi trigger otk pake rias :3

manipulasi powernya gila abis, pernah pake max + 3 sekuanna vg lawan -40k jadi cuma sisa -29k

Gue mau beli, masih di jual kagak?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More