Selasa, 18 September 2012

Florsheim Deckbuilding Series : Choose Your Clan

Salam Cardfighters, dan para calon Cardfighters!

Sampai saat ini, kami sering sekali mendapat pertanyaan yang sejenis mengenai Vanguard, beberapa di antaranya adalah:
1. "Kaks, tolong fix deck aku dongs"
2. "Om, kalau mau bikin deck clan <<masukkan nama clan disini>> pakai apa aja ya?"
3. "Min min, ada Pimp My Deck buat Vanguard nggak...?"

Lihat kan kalau semua intinya satu, "Gimana sih cara deckbuilding Vanguard?" Daripada semakin banyak pertanyaan yang sama dan sulit kami jawab satu persatu, kami memutuskan untuk memandu kalian membuat sendiri deck kalian dengan gaya kalian sendiri yang sudah pasti cocok dengan kepribadian dan cara main kalian!

Panduan untuk membuat deck ini kami namakan Deckbuilding Series. Jadi misalkan penasaran ingin membuat deck, ya tinggal search saja di box pencarian di atas Deckbuilding Series maka kamu akan menemukan semua artikel tentang Deckbuilding Series.

Untuk pertama-tama, yang akan kami bahas di Deckbuilding Series ini adalah bagaimana cara menentukan Clan yang cocok dengan kamu, atau setidaknya, kamu akan enjoy memainkannya. Kami yakin hampir semua dari kamu sudah menentukan Clan Soulmate kamu, jadi sebenarnya kamu sudah tidak memerlukan artikel Deckbuilding Series edisi ini, namun silakan teruskan membaca for fun.

Jadi baik di dunia nyata maupun di dunia maya, kami banyak menjumpai calon cardfighter yang galau. Galau yang mereka rasakan sama dengan galau yang kami rasakan sebelum menjadi seorang cardfighter dulu, yaitu galau memilih clan untuk dimainkan. Nah, sekarang kami akan membantu para calon cardfighter galau untuk mengurangi kegalauan dengan tips-tips memilih clan.

TIPS #1 : Ikuti Selera


Kartu-kartu Vanguard memiliki gambar yang besar! Jadi kalau kalian bingung memilih clan, pilihlah yang gambarnya paling sesuai dengan selera. Suka dengan ksatria-ksatria? Pilihlah Royal Paladin. Suka dengan naga? Pilihlah Kagerou atau Narukami. Suka dengan wanita-wanita anggun? Pilihlah Oracle Think Tank. Ini tahap paling dasar dalam memilih clan, karena sebagian besar waktu kalian saat bermain akan dihabiskan untuk melihat gambar kartu untuk mengidentifikasi efek, bahkan teks pun akan sangat jarang dibaca. Tidak baik kan, kalau kalian menggunakan deck yang kalian sendiri jijik dengan gambarnya.

TIPS #2 : Play Style (Cara Bermain)


Bagi kalian yang sudah pernah bermain TCG lain sebelumnya, ini juga merupakan hal yang perlu diperhitungkan. Apakah kalian tipe pemain yang senang menghabiskan atau menyimpan kartu tangan? Apakah kalian senang mengincar Power besar atau efek-efek destruktif? Apakah kalian lebih senang bertaruh pada keberuntungan kalian, atau sebisa mungkin meminimalisir faktor tersebut?

TIPS #3 : Metagame


Jika kalian tipe pemain yang mengincar kemenangan dan tidak terlalu memusingkan gambar, atau cara bermain ideal, ikutilah perkembangan turnamen-turnamen dan lihat deck apakah yang sering juara. Cara ini akan banyak dikecam oleh pemain-pemain bertipe "self-righteous", tetapi jika kalian sangat ingin menang turnamen tanpa memboroskan biaya yang tidak perlu, pemilihan clan lewat cara ini adalah yang terbaik.

Berikut ini  kurang lebih gambaran beberapa clan (belum semua) untuk lebih membantu kalian, dikerjakan keroyokan oleh tim Advanced Cardfighters :

Royal Paladin


Ksatria, naga, dan anjing. Clan yang digunakan oleh Sendou Aichi, pemeran utama (yang terlalu sering kalah) di anime. Walaupun begitu, Royal Paladin memiliki satu varian yang langganan menjuarai turnamen, yaitu Majesty Lord Blaster yang menggunakan konsep "dua pria menjadi satu". Royal Paladin memiliki play style "toolboxing", yaitu mencari kartu-kartu yang dibutuhkan dari deck dan menghabisi musuh dengan unit-unit yang saling mendukung satu sama lain. Di varian Majesty Lord Blaster, play style difokuskan untuk mendapatkan Vanguard berkekuatan 12000 dengan tambahan 1 Critical yang sangat berbahaya.

Kagerou


Naga, ksatria naga. Clan yang digunakan oleh "rival" utama Aichi, Toshiki Kai. Kagerou memiliki efek-efek destruktif menggunakan Counterblast yang ditujukan untuk menyapu bersih Rearguard lawan. Kagerou juga merupakan deck meta yang sering menang dengan Vanguard terkuatnya, Dragonic Overlord The End yang menurut kebanyakan orang sangat keren, dengan kekuatan 13000 dan kemampuan untuk menyerang lebih dari satu kali.

Shadow Paladin


Kegelapan, naga, tengkorak. Clan yang digunakan oleh Ren, penjahat utama di turnamen nasional di anime. Clan ini memiliki cara bermain mirip dengan Majesty Lord Blaster, dengan perbedaan satu unit yang membuatnya sangat konsisten dengan efek discard 1 draw 2. Merupakan anggota tiga besar deck meta bersama Majesty Lord Blaster dan Dragonic Overlord The End. Shadow Paladin juga memiliki Vanguard berkekuatan 13000 yang dapat dikeluarkan dengan konsistensi yang lebih baik daripada Kagerou.

Oracle Think Tank


Pasukan wanita anggun, sekumpulan patung aneh, dan sekumpulan makhluk-makhluk lainnya.Mereka semua berdasarkan makhluk-makhluk yang ada pada legenda jepang dan legenda lainnya. Clan yang digunakan oleh Misaki, seseorang yang memiliki eidetic memory di animenya. Clan ini bermain dengan cara jumlah hand yang banyak serta deck manipulation, dan dengan kesaktian makhluk botak yang katanya terkuat itu. Varian yang umum digunakan ada dua, yakni Tsukuyomi build dan No-Soul build. dimana Tsukuyomi bermain di manipulasi deck dan akan sangat kuat di late game, sedangkan No-Soul build bermain di jumlah hand advantage yang biasanya tidak terkejar.

Nova Grappler 


Pasukan dari dimensi kedelapan yang berisikan aliens dan mecha-mecha. Mereka berfokuskan pada serangan cepat dan mematikan, seperti Death Army Couple dan Stern Blaukreguer. Battle sampai ENAM KALI dalam satu turn bukanlah bualan belaka. Buat lawan anda kelimpungan dengan serangan bertubi-tubi!

Granblue


Clan Bajak laut, yang terdiri dari setan, Vampir, dan Tengkorak. Clan yang digunakan Gouki Daimonji dan generic grunt di-anime. Tema deck mereka adalah Resurrection, dimana unit yang sudah mati bisa muncul kembali Battle Zone. Karena karakteristik ini, maka jangan heran bila mereka bisa mengisi Grave mereka dengan cepat, karena kartu yang dibuang akan bisa dibangkitkan kembali. Varian mereka tidak banyak, tapi yang menonjol adalah Chain-Ride Cocytus yang memfokuskan build dalam memanggil Cocytus sembari mengisi grave, atau Deck Superior Ride mereka (Mereka memiliki banyak kartu Grade 3 yang bisa melakukan Superior Ride).

Selain itu, playstyle Retire and Call mereka yg bisa menukar unit yang sudah tidak berguna (Dancing Cutlass yang sudah pakai effect atau Draw Trigger) dengan unit di-grave yang bisa bangkit kembali, sekaligus menata ulang Power Line mereka, membuat mereka sangat fleksibel.

Gold Paladin


Masih sama dengan Royal Paladin, ksatria dan anjing (namun lebih sedikit naga), namun apabila anda merasa art para royal paladin terlalu lebay (orang lebay JADI NAGAAAAAAAAAAA) ato GHEYYYYY (2 pria menjadi 1? WETEEP MAAANN), namun di deck Gold Paladin jumlah unit yang berwujud perempuan lebih banyak, dan juga kalau anda suka dengan benda berkilau, mungkin art Gold Paladin sesuai dengan anda.

Gaya permainan Gold Paladin pun hampir sama dengan Royal Paladin, namun lebih berfokus pada swarming cepat, namun sedikit untung-untungan, untuk sementara ini clan ini meskipun sudah cukup teruji kehebatannya di turnamen berbasis pool ENG, namun masih diragukan oleh kalangan pemain yang terbiasa bermain dengan pool JAP, karena Gold Paladin masih belum banyak memiliki unit dengan attack dasar 11000.

Narukami


Naga, Petir, dan nama-nama unit yang diambil dari Epos Perwayangan, bagi anda yang suka dengan hal-hal tersebut, mungkin anda bisa mencoba menggunakan Narukami, clan ini juga digunakan oleh rival (ato pasangan maho?) aichi sendou, kai, di season 2 anime VG.

Gaya permainan Narukami pada awal-awal masih merupakan bayangan dari Kagerou, mungkin untuk mengukuhkan kesan bahwa mereka adalah suksesor Kagerou. Namun pada ekspansi terbaru VG, yaitu BT08 gaya permainan mereka sedikit berubah menjadi beatdown (bisa dibilang mereka adalah clan yang memiliki attack dasar 10000 terbanyak dalam pilihan kartunya, meski banyak diikuti dengan efek negatif) namun memiliki banyak efek negatif.

Nubatama


Ninja. Ya. Mereka adalah sekumpulan ninja yang terlalu kuat sehingga mereka berhenti dikembangkan. Mereka hanya terdiri dari 4 lembar kartu. Masing2 grade mendapat selembar. Mereka memiliki playstyle memanipulasi hand lawan, mulai dari mencabut, sampai meningkatkan power karenanya. Clan ini biasanya digabungkan dengan Nova Grappler untuk constant counterblast atau digabungkan dengan Kagerou untuk sekalian memakan field advantage lawan.

Tachikaze


Dinosaurus, Dinosaurus Robot, dan Naga Kawe3, begitulah rata-rata isi Clan Tachikaze, Tachikaze adalah clan yang (ngakunya) merupakan pasukan darat yang terbaik di dragon empire, Tachikaze terdiri dari dari unit-unit dengan kekuatan yang cukup besar, namun seperti biasanya, dengan kekuatan besar tersebut biasanya di ikuti denga efek jelek sampingan yang cenderung merugikan player, namun menurut saya efek tersebut justru malah mewakili sifat clan ini, yang tidak segan-segan memangsa teman mereka sendiri kalau memang perlu untuk meraih kemenangan.

Spike Brothers


Robot, Rugby, dan Cheerleader. Clan yang penuh dengan adrenalin ini bermain dengan sangat agresif. Mereka dapat menambah Power untuk melakukan serangan yang lebih kuat walau dengan drawback harus kembali ke Deck. Mereka juga dikenal sebagai salah satu Clan dengan kemampuan menyerang serta Superior Call dari Deck yang sangat hebat, membuatnya dapat menurunkan Unit yang sesuai dengan keadaan.

Angel Feathers


Suster, Kuda, dan Senapan. Clan ini mampu bermain dengan zona yang selama ini dianggap mati, yaitu Damage Zone. Mereka bisa menukarkan kartu di tangan dengan kartu di Damage Zone untuk tambahan toolbox. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menambahkan Power jika ada kartu yang masuk Damage Zone, baik saat diserang ataupun saat melakukan Damage Swap. Gunakan Power tambahan ini untuk menyerang ataupun bertahan, karena bonus Power ini bertahan hingga akhir turn! Artwork dari anggota Clan ini juga banyak moe, dan kalau kamu into bestiality, ada banyak gambar kuda disini.


Oke segitu dulu,
Vandy

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More