Selasa, 20 Januari 2015

Low Budget Decks untuk Cardfighter Miskin yang Pengen Eksis - Part 1

Hi guys!

Kalian merasa miskin sampai kalau nego kartu harus ancur-ancuran biar masuk budget?

Tapi kalian juga pengen tetap kompetitif dan eksis ikut turnamen weekly?

Kalau jawaban keduanya iya, kita sama guys! Untuk itu gue akan memberikan beberapa alternatif deck maxtune yang bisa kamu buat dengan budget di bawah 500 ribu rupiah. Penasaran apa saja? Yuk kita cek di bawah.


Apa itu Deck Budget?

Intinya sih deck murah. Seberapa murah, tergantung kemampuan. Ada yang bilang deck budget itu Trial Deck, ada juga yang bilang deck budget itu deck tanpa Legion Rare.

Namun untuk pembahasan kita kali ini, definisi Deck Budget adalah deck dengan harga di bawah 500 ribu rupiah namun sudah mencapai status maxtune.


Apa itu Deck Maxtune?

Jujur aja, gue juga nggak tau apa artinya. Tapi kalau lihat orang-orang sih, yang dimaksud adalah memiliki 4 Sentinel (bisa null/qw) dan masing-masing bosnya (G3) sudah playset, masing-masing 4 biji.

Berhubung kita sekarang sedang membuat deck budget, maka Sentinel yang kita gunakan adalah Quintet Wall. Kalau misalkan ada dana lebih, barulah silakan menggunakan null untuk menggantikannya.

Apa itu Deck Kompetitif?

Tiap orang mungkin punya definisi yang beda, tapi untuk bahasan ini, kita tentukan saja bahwa artinya deck kompetitif adalah deck yang up to date dan bisa cukup kuat melawan deck-deck lain di turnamen, setidaknya nggak kalah konyol deh.

Berhubung di Vanguard power creepnya naik terus, maka deck kompetitif biasanya adalah deck di ekspansi terakhir. Pada saat artikel ini dibuat, set ekspansi terbaru adalah BT16 ver E (yang BT17 ver E belum rilis), sehingga mari kita gunakan kartu-kartu dari set tersebut!

Deck Budget #1: Brawlers!


Berhubung tidak ada Trial Deck-nya, semua kartu Brawler masuk ke Booster dan menjadi murah meriah. Ini bisa kamu manfaatkan untuk membentuk deck murah.

Ace Cards yang akan kita gunakan adalah pertama Brawler, Wild Rush Dragon. Unit ini mampu menambah jumlah Critical Trigger di deck kamu hingga 6 biji dan membereskan lawanmu dengan cepat. Efeknya yang aktif di Drive Check juga bisa mengejutkan lawanmu (dan kamu juga) sehingga pasti seru memainkannya. Efek keduanya juga tidak main-main, dia bisa menembak unit lawan ketika hit, menorehkan garam pada luka lawan. Perkiraan harga masing-masing: 30-40 ribu rupiah.

Sedangkan Vanguard kedua yang digunakan adalah Sky Beat Dragon. Unit yang tadinya ada di Trial Deck (dan jadi mahal) ini sekarang bisa didapatkan dengan murah. Efeknya simple, hanya retire depan dan +Power. Namun ia tidak menggunakan Counterblast sehingga efisien. Perkiraan harga masing-masing: 15-25 ribu rupiah.

Untuk unit lain, kita akan pakai para Mate, 4 Wildfist Dragon dan 3 Skyhowl Dragon. Dan 4 slot sisanya sebaiknya diisi oleh Yojin untuk menambah plus yang kamu miliki. Terlebih, dengan sifat Skybeat yang membuat kamu sering Legion over Legion, Yojin menjadi semakin sakti membersihkan lini depan lawan.

Di Grade 1, kita pakai 4 Quintet, 4 Arc, 4 Wildclock Dragon dan 2 Rising Phoenix. Starternya kita akan pakai Fighting Dracokid agar cocok dengan efek Skybeat, Skyhowl dan Yojin. Ini decklist lengkapnya.


Grade 3
4 Brawler, Wild Rush Dragon
4 Brawler, Sky Beat Dragon

Grade 2
4 Brawler, Wildfist Dragon
4 Brawler, Yojin
3 Brawler, Skyhowl Dragon

Grade 1
4 Hardship Brawler, Toshu
4 Brawler, Wildclock Dragon
4 Tonfa Brawler, Arc
2 Rising Phoenix

Grade 0
8 Brawler Critical
4 Brawler Draw
4 Brawler Heal
1 Brawler, Fighting Dracokid

Berapa budget untuk membuat deck ini?
Wild Rush = 30-40 x 4 = 120-160
Sky Beat = 15-25 x 4 = 60-100
Toshu = 20-30 x 4 = 80-120
16 Rare = 7.5 x 16 = 120
Total = 380-500

Kalau kamu mau upgrade quintet menjadi null, harga pasaran Guld biasa sekitar 50-75 ribu rupiah.

Deck Budget #2: Liberators!


Deck ini populer dan terkenal kuat, namun seperti apakah deck budgetnya? Berhubung harga satu Trial Deck antara 150-170, maka Trial Deck menjadi sangat mahal untuk digunakan di sini. Oleh karena itu, kita coba buat dari kartu-kartu booster saja.

Sebagai Ace Cards, kita akan coba menggunakan pasangan Coil dan Trahern. Coil itu keren karena bisa langsung memanggil dua unit dari deck menggunakan Persona Blast. Terlebih lagi pasangannya, si Trahern mampu menambah Power langsung dua unit secara gratis, syarat dan ketentuan berlaku.

Selain Coil, kita juga akan pakai Asclepius karena +Power +Crit itu keren.

Lho Matenya kan Phallon, kartu Trial Deck?

Betul, akan tetapi berhubung deck kompetitif biasanya tidak memakai Phallon, dan Phallon sudah pernah dirilis dulu di TD08. Maka Phallon bisa kamu dapatkan dengan mudah. Nggak harus yang berlogo Legion nggak apa-apa kan guys. Namanya juga miskin, pakai apa yang ada aja dong hehe.

Untuk kartu-kartu lainnya, kita akan pakai 4 Lawful Trumpeter yang keren sekali ngeplusnya. Di Grade 1, kita akan pakai 4 Quintet BT14, Josephus, Bruno dan Maleagant untuk unflip. Berikut Decklistnya.


Grade 3
4 Murasame Liberator, Coil
4 Locus Liberator, Asclepius

Grade 2
4 Shower Liberator, Trahern
4 Liberator, Lawful Trumpeter
3 Liberator of Royalty, Phallon

Grade 1
4 Sword Formation Liberator, Igraine
4 Fast Chase Liberator, Josephus
4 May Rain Liberator, Bruno
2 Knife Throwing Knight, Maleagant

Grade 0
8 Critical Liberator
4 Draw Liberator
4 Heal Liberator
1 Flaming Passion Liberator, Guido

Berapa budget untuk membuat deck ini?
Igraine = 20-30 x 4 = 80-120
24 Rare = 15 x 24 = 360 (rare liberator entah kenapa lebih mahal)
Total = 440-480

Kalau kamu mau upgrade quintet menjadi null (yang Mark aja murah) harganya sekitar 50-60 ribu rupiah.

Untuk part 1, cukuplah dua deck budget. Next part kita akan bahas deck Budget untuk Seeker Royal Paladin dan Spike Brothers!

Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More