Rabu, 21 Januari 2015

Low Budget Decks untuk Cardfighter Miskin yang Pengen Eksis - Part 2

Hi guys!

Kita ketemu lagi di artikel Low Budget Decks untuk Cardfighter Miskin. Kalau kamu belum cek part 1-nya, cek di sini: Low Budget Decks untuk Cardfighter Miskin yang Pengen Eksis - Part 1.

Kalau kamu kurang suka sama clan-clan yang kemarin dikasih, mungkin kamu lebih cocok sama clan yang sekarang dibahas. Yang penting, demi berhemat, kita akan bikin deck budget!

Apa itu Deck Budget?

Intinya sih deck murah. Seberapa murah, tergantung kemampuan. Ada yang bilang deck budget itu Trial Deck, ada juga yang bilang deck budget itu deck tanpa Legion Rare.

Namun untuk pembahasan kita kali ini, definisi Deck Budget adalah deck dengan harga di bawah 500 ribu rupiah namun sudah mencapai status maxtune.


Apa itu Deck Maxtune?

Jujur aja, gue juga nggak tau apa artinya. Tapi kalau lihat orang-orang sih, yang dimaksud adalah memiliki 4 Sentinel (bisa null/qw) dan masing-masing bosnya (G3) sudah playset, masing-masing 4 biji.

Berhubung kita sekarang sedang membuat deck budget, maka Sentinel yang kita gunakan adalah Quintet Wall. Kalau misalkan ada dana lebih, barulah silakan menggunakan null untuk menggantikannya. Yang penting, bisa jadi deck kompetitif.

Apa itu Deck Kompetitif?

Tiap orang mungkin punya definisi yang beda, tapi untuk bahasan ini, kita tentukan saja bahwa artinya deck kompetitif adalah deck yang up to date dan bisa cukup kuat melawan deck-deck lain di turnamen, setidaknya nggak kalah konyol deh.

Berhubung di Vanguard power creepnya naik terus, maka deck kompetitif biasanya adalah deck di ekspansi terakhir. Pada saat artikel ini dibuat, set ekspansi terbaru adalah BT16 ver E (yang BT17 ver E belum rilis), sehingga mari kita gunakan kartu-kartu dari set tersebut!

Deck Budget #3: Spike Brothers!


Spike Brothers selama ini sudah terkenal murah dan bisa meledak! Apakah Spike Brothers kali ini bisa kompetitif? Entahlah, jujur saja gue sendiri belum mencoba deck ini karena sulitnya mencari critical trigger. Akan tetapi kalau gue akan membuat decknya, gue akan buat seperti di bawah ini, menggunakan seminimal mungkin kartu lama.

Sebagai Ace Monsters pertama, kita akan pakai Emerald Blaze. Dibanding rekannya, Emerald Blaze lebih permanen efeknya, jadi carilah kartu yang bisa stay di field kamu atau bisa cari temennya kayak Frozen Ogle. Berhubung dia pakai Counterblast banyak banget, kamu bisa coba cari si gajah Jumbo the Stungun untuk unflip dan pakai efeknya lagi nanti.

Untuk nomer dua, pakailah Bloody Ogle yang jauh lebih mematikan. Efeknya mungkin hanya memanggil satu saja, namun kamu bisa memanggil Frozen Ogle berkali-kali dengan Power 14.000 sampai Counterblast-mu habis dan diakhiri oleh Silver Blaze dengan power 24.000. Sebagai finisher, Bloody Ogle lebih jago dibanding Silver Blaze, namun kamu harus pas timingnya agar lawan langsung keok setelahnya, yaitu ketika lawan damage 4 atau 5.

Untuk mengisi Grade 2, sudah jelas 4 Silver Blaze dan 4 Frozen Ogle. Slot 3 sisanya bisa kamu isi dengan Jumbo the Stungun atau Prized, Mirage Phanter kalau mau yang kuat. Di Grade 1, gunakan 4 Quintet agar murah dan 4 Machine Gun Gloria. Sisa 6 slot sepertinya harus kamu isi dengan kartu lama. Pilihan terbaik adalah Reckless Express, namun kartu itu sulit dicari. Pilihan lain adalah 4 Vanilla 8.000 yang lebih mudah dan juga cocok dipasangkan dengan Jumbo. Berikut decklist lengkapnya.


Grade 3
4 Emerald Blaze
4 Bloody Ogle

Grade 2
4 Silver Blaze
4 Frozen Ogle
3 Jumbo the Stungun

Grade 1
4 Baron Amadeus
4 Machine Gun Gloria
4 Wonder Boy
2 Oasis Boy

Grade 0
8 Critical Spike Bro
4 Draw Spike Bro
4 Heal Spike Bro
1 Cyclone Johnny

Berapa budget untuk membuat deck ini?
Emerald Blaze = 20-30 x 4 = 80-120
Bloody Ogle = 20-30 x 4 = 80-120
Baron Amadeus = 20 x 4 = 80
12 Rare = 7.5 x 12 = 90
8 Critical Trigger & 4 Wonder Boy = 5 x 12 = 60 (dari set lama, jadi pasti susah cari)
Total = 390-470

Kalau kamu mau upgrade, harga null Spike Brothers sekitar 40-50 dan harga Reckless Express sekitar 30-70.

Deck Budget #4: Seekers!


Yes, seeker adalah deck terkuat saat ini. Kedua finalis World Championship menggunakan deck seeker sebagai alat untuk mencapai prestasi. Apakah deck seeker bisa dibuat deck budgetnya? Yuk kita lihat saja di bawah ini.

Ace Monster kita adalah kartu yang murah meriah karena underrated, Seeker, Purgation Breath Dragon. Power konstan di 23.000 akan sangat membantu kamu menembus pertahanan lawan. Belum kalau ditambah Lucius menjadi 31.000. Selain itu kemampuannya mencari Seeker lain juga bisa sangat efisien dalam waktu panjang.

Untuk Ace kedua, kita tidak bisa menggunakan Wingal karena akan sangat mahal membuka 4 Trial Deck Seeker. Kita juga tidak akan memakai Egbert karena matenya sulit dicari yang jual satuan. Kita akan menggunakan kartu bonusnya saja, yaitu Seeker, Light Saver Dragon. Ia mampu mencari kartu Seeker ketika serangannya hit, bisa untuk mengisi bisa untuk serangan keempat. Dan hebatnya efek ini bisa dipakai bahkan sebelum dia Legion. Gunakan untuk mencari Gildas jika kamu belum Legion dan mencari Cherin atau Isbuzzard kalau sudah Legion. Kemampuan finishingnya pun keren banget digunakan ketika lawan damage 4 atau 5.

Mate pasti kita pakai 4 Light Blaze dan 3 Cherin. Alasannya karena efek Cherin hanya berguna di akhir permainan. Kemudian kita gunakan 4 Gildas untuk ngeplus lebih banyak. Berhubung Purgation Breath meminta Counterblast Seeker, maka di Grade 1 kita harus memakai full Seeker. Quintet kita pakai 4, Isbuzzard juga 4. Sebenarnya yang keren adalah Octavius, sayang di EN belum rilis. Begini decklist lengkapnya.


Grade 3
4 Seeker, Purgation Breath Dragon
4 Seeker, Light Saver Dragon

Grade 2
4 Seeker, Light Blaze Dragon
4 Great Crossbow Seeker, Gildas
3 Brave Stride Seeker, Cherin

Grade 1
4 Seeker, Plume Wall Angel
4 Flail Seeker, Isbuzzard
4 Good Faith Seeker, Cynric
2 Heaven Arrow Seeker, Lunate

Grade 0
8 Critical Seeker
4 Draw Seeker
4 Heal Seeker
1 Composed Seeker, Lucius

Berapa budget untuk membuat deck ini?
Purgation Breath = 20-25 x4 = 80-100
Light Saver & Mate = 20-30 x4 = 80-120
Plume Wall = 30 x4 = 120
11 Rare = 10 x 11 = 110
Total = 390-450

Kalau kamu mau upgrade deck ini, null harganya berkisar 70-90 ribu rupiah.

Sementara ini cukup ya bahas 4 deck budget. Nanti kita bahas lagi deh beberapa di Part 3. Kalau gue nggak males ya.

Oke segitu dulu,
Vandy

6 komentar:

Gan agan jual deck di atas nggak?

Kalo bisa dikabarin secepatnya yagh soalnya gue termasuk pecinta deck murah

minta pin bb kalo decknya dijual

Gan demonya dijual gk?

Gan demonya dijual gk?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More