Kamis, 03 Januari 2013

Florsheim Tips : BT04 Playstyle Guide Part One

Hi guys,

Ternyata kami telah meremehkan kekuatan para Cardfighters Indonesia dengan memberikan handicap pada polling di fanpage, karena buktinya mereka mampu mengungguli jumlah request dari para Duelist, meski tipis. Oleh karena itu, artikel ini untuk kalian semua. Kalian pantas mendapatkannya guys!

Sepertinya tidak perlu ada handicap lagi ya next time :)
Kali ini kami akan membahas Booster Set 4 yang sudah cukup lama rilis dan kami yakin kamu sudah punya satu atau lebih deck-deck yang ada dalam BT04 ini. Nah, untuk itu kami akan memberikan panduan playstyle masing-masing archetype dalam BT04 agar kamu bisa memainkannya secara maksimal. 

Guidelines ini hanya saran, sesuaikanlah dengan tujuan serta winning image deck kamu, dan yang tidak kalah penting juga, sesuaikan dengan kecenderungan cara bermain kamu untuk menciptakan playstyle yang paling cocok bagi kamu.

Artikel ini merupakan keroyokan banyak orang, dengan gaya penceritaan yang juga berbeda-beda. Oleh karena itu misalkan ada pertanyaan, langsung komentar di bawah ya!

Stern Blaukluger Playstyle by Teddy

Strike Freedom!
Bagi pemain lama VG, pastinya sudah kenal dan mengetahui kehebatan dari unit bernama Dragonic Overlord The End (pemain JPN) ato Spectral Duke Dragon (both JPN and EN). Nah, Stern Blaukruger ini kakek buyut mereka (muncul lebih dulu untuk yang JPN).

Keunikan dari unit-unit ini adalah kemampuan mereka untuk Stand kembali saat menjadi VG (syarat dan ketentuan berlaku), yang sangat berguna dalam hal menambah/menukar kartu tangan sekaligus mencari Trigger.

Dikarenakan oleh cost-nya yang membuang 2 tangan, kebanyakan pemain Stern menggunakan kombinasi dari Draw Trigger dan Critical Tigger, BUKAN Stand Trigger seperti kebanyakan build Nova Grappler lainnya. Kalau mau bawa Stand sih boleh-boleh saja, tetapi Draw Trigger lumayan esensial disini atau bahkan beberapa orang lebih suka full 12 Critical.

Alasan kenapa Critical, karena Critical ditambahkan untuk 1 turn itu, sehingga saat Stand kembali, Critical Trigger yang didapat sebelumnya masih melekat pada unit dan memberikan pressure yang lebih indah dari sebelumnya berkat ability dari Stern juga men-Stand Unit yang ada di belakangnya serta masih ada tambahan Power dari Trigger.

Nah, selain Stern, ada satu lagi yang juga dimunculkan pada BT04 ini, yaitu kakek buyut dari Burning Horn Dragon yang dikenal dengan Eisenkuger/Eisenkugel/what-ever. Ability sama, bisa membuat dirinya menjadi 12.000 saat menyerang, tetapi memiliki base power 10.000. Dengan ini, cukup gampang untuk membuat powerline 20.000 yang cukup mematikan saat berhadapan dengan VG lawan yang cuma 10.000 ke bawah. Kemudian gunakanlah pasangan Death Army Lady dan Death Army Guy untuk tetap bisa Stand tanpa perlu Stand Trigger di dalam deck.


Kekurangannya hanya kalo VG Anda bukan Blaukruger atau Stern Blaukruger, maka dia akan merasa pundung dan powernya berkurang 5.000. Untuk powerline 21.000, Anda masih dapat mengandalkan Death Metal Droid (setelah Trial Deck Nova Grappler dirilis), hanya saja perlu diperhitungkan Counterblast-nya berhubung Strike Freedom (Stern) membutuhkan Counterblast 2 untuk memberikan pressure ke lawan.

Satu tips lagi, saat lawan mengeguard dengan Two Trigger Pass dan kamu check Trigger di Drive Check pertama kamu, berikan bonusnya pada Stern Blauklueger karena jika kamu mendapat Trigger kedua, Stern Blaukluger akan Stand kembali dengan Power yang jauh lebih menakutkan, bahkan bisa langsung menang kalau kamu masih punya hand dan Counterblast ekstra.

Teddy

Amber Dragon, Eclipse Playstyle by Vandy

Meledak Semua!
Skill dari Amber Dragon, Eclipse memang sangat mengerikan, membunuh DUA Rear-Guard lawanmu tanpa batasan Grade, tapi jangan harap kamu bisa benar-benar melakukannya karena musuh PASTI akan mengeguardnya.

Lalu apakah Amber Dragon sampah? Mungkin sih... Tapi belum tentu! Caranya adalah gunakan Amber Dragon sebagai penghasil pressure! Pakailah efek Eclipse secepat mungkin kamu bisa, begitu ada 2 Counterblast dan lawan punya setidaknya 2 Rear-Guard, langsung pasang Booster di belakang Eclipse dan aktifkan efeknya! Begitu pula untuk aktivasi kedua dan ketiganya.

Lawan pasti blingsatan mengeguard Eclipse, berapapun yang diperlukan. Jika lawan mengeluarkan two trigger pass untuk Guard dan kamu check trigger di drive check pertama, jangan ragu-ragu untuk berikan bonus Powernya ke Vanguard karena jika kamu berhasil drive check trigger kedua, kemenangan bisa dipastikan untuk kamu.

Berbeda dengan build Kagero biasa yang mengontrol RG dengan Berserk Dragon dan Kimnara, build Eclipse akan lebih diuntungkan untuk melakukan kontrol RG dengan serangan, bisa ke Vanguard oleh Eclipse, Heatnail Salamander, dan Flame Seed Salamander, atau serangan ke Rear Guard seperti biasa, sehingga Stand Trigger menarik untuk digunakan.


Berhubung pressure di deck ini cukup tinggi berkat Eclipse, Heatnail, Flame Seed dan (nanti) Bellicosity, Stand Trigger akan semakin berguna agar lawan semakin kehabisan kartu dan terpaksa ambil damage dari serangan-serangan kecil atau malah pasrah pada serangan Eclipse dan Heatnail. Apalagi dengan Stand, kamu bisa menghabisi RG depan lawan terlebih dahulu menggunakan RG kamu, kemudian baru Eclipse menyerang VG menggunakan Raopia sebagai booster 10.000, semakin merugikan lawan baik diguard ataupun tidak.

Selain itu ada satu lagi kelebihan Amber Dragons, yaitu Power dari Amber Dragon, Dusk yang cukup besar, dapat mencapai 20.000 apabila dibackup Bahr. Hal ini membuat Amber Dragon dapat bertahan dan tetap memberikan pressure ke lawan meski terpaksa missride.

Karena lawan dipaksa guard cukup banyak di awal, atau guard dengan Sentinel, otomatis pressurenya ke kamu di giliran berikutnya akan lebih melunak. Kikis advantagenya terus, jika serangan tidak masuk, kamu untung karena lawan menghabiskan kartu untuk Guard, sedangkan jika masuk, lawan tidak hanya terkena damage tetapi kamu juga diuntungkan oleh on-hit skill. Gunakan momentum ini untuk menghabisi lawan!

Oke segitu dulu,
Vandy

Evil Armor General, Giraffa Playstyle by Gilang

Destroooy!!
Megacolony, kumpulan serangga-serangga yang gw yakin banyak yang gak suka di dunia asli entah itu cowok, entah itu cewek, tapi di sini Megacolony adalah segerombolan mafia berbentuk serangga yang mengganggu ketentraman planet Cray! Tapi sebenarnya Megacolony itu clan yang seperti apa sih dan bagaimana sih cara mainnya? Ok simak artikel berikut.

Megacolony pertama kali muncul di BT01 kemudian BT02, BT04, dan EB01 serta EB03. Pertamakali muncul Megacolony dipenuhi oleh kartu-kartu berability “...choose one of your opponent's rear-guards, and the chosen unit cannot [Stand] during your opponent's next stand phase...” yang kemudian mendapatkan tambahan playstyle baru dalam bentuk Machining, tapi mari kita tinggalkan dulu Machining dan lihat sekilas Giraffa yang muncul di BT04 yang baru-baru ini rilis versi englishnya.

Deck Giraffa sebenarnya tidak terlalu kuat jika dibandingkan dengan deck-deck lainnya tetapi menurut gw deck ini sangat unik dan menyenangkan untuk dimainkan. Ketika G1 player gak perlu melakukan banyak hal, yang player perlu lakukan di G1 adalah menerima serangan musuh untuk mengumpulkan CB dan di saat bersamaan ngerush musuh biar damage player sendiri gak ketinggalan terlalu jauh dari musuh.

Begitu naik ke G2 atau G3 player baru mulai bermain dengan cara merestraint RG musuh yang ada, kemudian apabila terdapat RG lainnya player dapat menyerang RG yang satunya lagi sementara VG dengan anggapan Giraffa berhasil chain ride ke Giraffa G2 dan kemudian G3 menyerang VG. Di sini biasanya lawan pasti akan kehilangan 1 kartu di field entah karena dia menggunakan intercept dengan unit yang kena restraint atau membiarkan RG dia mati, kemudian ketika Giraffa G2 atau G3 menyerang, lawan biasanya akan ngeguard untuk menghindari RG-nya yang lain terkena restraint apabila masih ada atau karena adanya ketakutan ability Giraffa G3 jalan dan memaksa lawan menurunkan boost yang baru.

Ya! Dengan kata lain playstyle Giraffa menurut gw adalah untuk mengurangi tekanan serangan dari musuh dan membuat musuh perlahan-lahan kehilangan guardnya atau memilih untuk menyerang dengan kartu-kartu seadanya yang membuat player lebih mudah melakukan guard atau menyerang musuh nantinya!


Tambahan lagi, kamu bisa juga bermain lebih agresif menggunakan pressure dari Giraffa Grade 3, Megacolony Battler B dan juga Water Gang, Maiden of Libra-nya Megacolony. Namun jika kamu memilih untuk menempuh rute ini, kamu terpaksa tidak menggunakan Unit yang merestraint dengan Counterblast 2 seperti Lady Bomb dan Karma Queen karena semua Counterblast sebaiknya digunakan oleh Giraffa Grade 3, Water Gang, dan Megacolony Battler B.

Jadi bagaimana menurut kalian? Walaupun deck Giraffa bukanlah deck yang terkuat di BT04 dan overall lebih lemah dibanding Shadow Palladin tapi Giraffa adalah deck super unik yang dapat membuat musuh kewalahan, berapakah dari kalian yang akan main Giraffa nanti?

Gilang

Untuk kamu para pengguna beberapa archetype dalam BT04 yang belum dibahas, tenang saja, di part kedua kami akan bahas tuntas sisanya! 

Well, asalkan yang ini komentarnya cukup banyak sih...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More