Kamis, 31 Juli 2014

Florsheim Tips : Gold Paladin's Liberator of Bonds, Gancelot Zenith

Hi guys!

Jadi setelah lama tidak laku, gue akhirnya meng-upgrade deck Liberator MAX gue dengan Gancelot Zenith begitu BT14 rilis. Sebenarnya mau dijual lagi sih (kalau minat, hubungi gue aja hehe). Nah gue sudah mencoba beberapa game menggunakan Zenith, dan sudah lawan deck berlegion pula.

Hasilnya? Zenith ternyata jago! Jauh berbeda dengan si Alfred meja yang cuma bisa kuat sendirian, si Zenith bisa kuat rame-rame. Yang bikin deck ini kuat adalah kemampuan untuk bikin serangan keempat yang gede, bisa mencapai 32.000 Power! Dan tentu saja, dia CROSSRIDE!

Liberator of Bonds, Gancelot Zenith Cardfight Vanguard
*kedip sebelah mata* *Gancelot Genith*

Jadi unit apa saja yang dipakai?

Di Grade 3, jelas yang kita pakai adalah kedua Gancelot, yakni Gancelot breakride dan Gancelot Zenith. Selain kedua itu, kamu juga bisa memakai Garmore Liberator untuk membuat field penuh sebelum reride ke Zenith.

Lanjut ke Grade 2, Phallon sebagai attacker 12.000 wajib dimasukkan playset. Selain Phallon, yang wajib juga adalah Escrad karena dengan Power yang besar (kalau kamu kasih bonus Power dari Gancelot breakride atau kamu cukup beruntung mengeluarkannya dari Zenith), dia akan bikin lawan sakit kepala oleh pressurenya. Membiarkan serangan masuk dan kamu mengeluarkan unit gratis; atau harus guard banyak sekali. Untuk sisanya, kamu bisa pakai Blaster Blade Liberator, cuma di deck ini kurang bagus karena dia pakai Counterblast 2, membuat efeknya paling hanya dipakai sekali. Sedangkan alternatif lain adalah Reinet. Yep, tugasnya mirip seperti Escrad, namun bedanya kartu yang ia dapatkan pergi ke hand dan bisa kamu buang untuk Perfect Guard.

Kemudian di Grade 1, 4 Sentinel adalah wajib. Untuk deck Liberator, gue suka pakai 3 Perfect Guard dan 1 Quintet Wall. Alasannya adalah Counterblast 1 di deck ini lumayan gampang, dan hand advantagenya deck ini agak seret, sehingga kalau harus pakai 4 Perfect Guard takutnya hand cepat habis. Kedua adalah Bruno yang wajib 4. Dengan efek Zenith, Bruno akan berubah menjadi booster 10.000. Beri Phallon atau Grade 3 di depannya maka lawan harus guard 15.000 atau lebih. Setelah Bruno dan Sentinel, kamu bisa gunakan Marron serta Josephus. Josephus itu ngarep sih, tapi daripada nggak ada? Kalau Marron, berhubung kamu seringkali tidak tahu Unit apa yang akan kamu panggil dari efek Zenith, memperbanyak penyerang akan meningkatkan probabilitas keluar. Yang pasti, Marron akan sangat keren di Power 20.000 sebelum diboost.

Terakhir, Grade 0, susunan Trigger standar. 8 Critical untuk memberikan pressure dari Power yang besar. 4 Draw untuk memberikan advantage. 4 Heal agar selamat sampai tujuan. Sedangkan starter, ada dua pilihan bagus. Spring Breeze Messenger, terutama kalau deck kamu pakai 4 Josephus. Atau Cron untuk mencari Grade 3.

Decklist

Solitary Liberator, Gancelot Cardfight Vanguard
Sebelum jadi Genith

Oke, ini adalah deck yang gue pakai.

Grade 3
4 Liberator of Bonds, Gancelot Zenith
3 Solitary Liberator, Gancelot

Grade 2
4 Liberator of Royalty, Phallon
4 Liberator of the Flute, Escrad
2 Blaster Blade Liberator
2 Shine Spear Liberator, Reinet

Grade 1
4 May Rain Liberator, Bruno
4 Little Liberator, Marron
3 Halo Liberator, Mark (PG)
1 Sword Formation Liberator, Igraine (QW)
2 Fast Chase Liberator, Josephus

Grade 0
4 Liberator of Hope, Epona (Critical)
4 Strike Liberator (Critical)
4 Armed Liberator, Gwydion (Draw)
4 Elixir Liberator (Heal)
1 Little Fighter, Cron (Starting Vanguard)

Kenapa hanya pakai 7 Grade 3?
Alasannya karena Gancelot Zenith tidak bisa menukar Grade 3 ke bawah deck untuk efeknya. Selain itu Gancelot breakride over Gancelot breakride itu merupakan play yang buruk karena minus, kecuali lawan sudah sekarat. Oleh karena itu gue hanya pakai 3 Gancelot breakride.

Kenapa Grade 3 cuma 7 malah pakai Cron dan Reinet, kan sering gagal?
Justru karena cuma 7 makanya dicari pake Cron dan Reinet. Gagal itu biasa, kawan. Kalau kata oom Marteg, "Kegagalan adalah syarat dari kesuksesan. Itu." #eaaa

Playstyle Tips


Wolf Fang Liberator, Garmore Cardfight Vanguard
Marah pacarnya di-Genith-in

1. Exchange Useless Units.
Ada dua jenis useless unit. Yang pertama adalah yang sudah menyerang. Ya iyalah ya. Ngapain juga tukar unit yang masih berdiri, kecuali memang sudah tidak berguna? Jadi untuk pertama adalah sebisa mungkin unit yang mau ditukar menyerang sendirian tanpa boost. Kalau ternyata tidak ada yang bisa ditabok, ya baru pakai boost. Kalau masih bisa nyerang, ya mending serang sendiri. Sedangkan yang kedua adalah Trigger atau Grade 1 lemah yang nyangkut di field. Ini juga sebaiknya kamu pertimbangkan untuk tukar pakai Zenith.

2. Bruno Backrows.
Bruno jadi unit kunci di formasi kamu. Di belakang Vanguard, dia akan jadi booster 10k, bagus untuk memaksa lawan pakai Sentinel atau Guard 20.000 untuk Two-Trigger Pass. Kalau kamu memasang Bruno di belakang unit yang mau ditukar oleh Zenith, seringkali jadi kurang efektif. Soalnya kamu nggak tau apa yang bakal keluar dari deck. Misalkan ternyata keluar Trigger, giliran berikutnya kan kamu terpaksa boost Trigger itu pakai Bruno kecil (7.000) biar bisa menyerang. Oleh karena itu tempat ideal Bruno adalah di belakang Grade 3/Phallon (bikin Power Line 21.000-22.000), atau di belakang Rear-Guard yang tidak ditukar. Semua demi damage maksimal.

3. RUSH and PUSH to the edge! 
Paksa lawan bertarung di damage empat dan lima. Ini agak berbahaya karena bisa menjadi pedang bermata dua. Ini akan menguntungkan kamu karena Power Line kamu akan sangat besar sehingga lawan yang sudah terdesak ke Limit Break harus mengeguard hingga empat serangan kamu gila-gilaan. Apalagi jika ada ancaman Critical tambahan dari Trigger. Bayangkan kalau lawan masih damage dua atau tiga, mau Power Line kamu segede gaban, tetep aja diterima cuma jadi satu damage. Namun ada kelemahannya, yaitu lawan bisa saja menarget unit-unit penyerang kamu. Berhubung handnya deck Zenith agak seret, kamu bakal kesulitan untuk mengisi formasi kamu lagi.

4. Devastating Crossbreakride
Meski breakride Gancelot itu minus, tapi di saat yang tepat Crossbreakride ke Zenith bisa sangat mengerikan. Bayangkan, serangan pertama harus guard 10.000, lalu Zenith menyerang dengan Power 33.000 diboost Bruno. Lalu serangan ketiga lawan harus guard 20.000-25.000 karena depan belakang dikasih bonus 5.000. Dan serangan terakhir, kalau kamu beruntung bisa mencapai 36.000 Power ke atas. Itu Trigger belum dihitung lho. Bisa habis semua hand lawan kalau dia sudah mencapai damage 4 atau 5 saat kamu Crossbreakride.

5. Stand Trigger?
Sewaktu membuat deck Zenith, ada seorang senior yang menyarankan gue memakai Stand Trigger. Alasannya adalah kamu bisa menyerang full power dengan satu kolom. Sehingga kalau check Stand, kamu bisa berdirikan lagi boosternya. Gue sih nggak suka sama Stand di deck ini, cuma yaa, silakan kalau mau coba saran dari senior tersebut.

6. Wolf Fang Liberator, Garmore
Seperti yang sudah gue bilang, deck ini hand-nya seret. Breakride pun minus. Otomatis kalau kamu mau ngeplus banyak, kamu terpaksa bawa Garmore untuk bisa plus tiga atau lebih. Gue sendiri sih kurang suka, soalnya itu berarti gue mesti terima damage hingga 4 dulu baru menyerang full power. Gue lebih suka rush dari Grade 2 sehingga Zenith nanti bisa menyelesaikan pertarungan dengan cepat.

7. Pray for Luck.
Seperti biasa, main Liberator (dan Vanguard secara keseluruhan) butuh banyak keberuntungan. Berdoalah atau sebutlah basmalah sebelum ngintip buat efek Zenith, hehe.

Oke segitu dulu,
Vandy

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More