Senin, 04 Agustus 2014

Gandakan Kemenangan dengan Murakumo Hyakki Reverse!

Hi guys,

Kemarin setelah mengobok-obok koleksi kartu lama gue di rumah, gue menemukan beberapa kartu Murakumo dari BT05 & BT09. Mengingat gue punya beberapa Murakumo baru dari BT14, gue pun mencoba mencari sisa part dari decknya. Alhasil, sekarang gue pun punya deck Murakumo Hyakki yang setelah dicoba, bisa jago banget. Penasaran seperti apa? Yuk kita bahas.

Apa sih spesialnya Murakumo? Klan ini memang tidak mainstream sehingga banyak yang tidak kenal. Akan tetapi kekuatan dan kemampuannya ngeplus itu nyata. Mereka bisa mengklon diri sendiri sehingga setidaknya turn itu kamu punya tambahan pasukan untuk menghantam lawan. Sedangkan Hyakki sendiri bisa mencapai 31.000 Power PER KOLOM. Sungguh luar binasa bukan?

Sayangnya pilihan di deck Murakumo terbatas. Banyak Grade 1 dan Grade 2 lemah, Power hanya 8.000 dan 6.000. Efek pun bleh. Akhirnya kita terpaksa pakai apa yang ada.

Grade 3

Covert Demonic Dragon, Hyakki Vogue "Яeverse" Vanguard

Di Grade 3 tentu saja kita akan pakai kartu Ace kita, 4 Hyakki Vogue Reverse. Untuk membantu kita mendapatkan Hyakki di field, kita tentu saja akan pakai juga 4 Breakride kita, Covert Demonic Dragon, Kagura Bloome. Jika berhasil bercombo breakride ke Hyakki, maka kita akan mendapatkan langsung 4 kopi Hyakki untuk dipakai. Sedangkan jika tidak, kita terpaksa mencari Hyakki via efek on-ride-nya dan efek Kokuenmaru.

Ngomong-ngomong, Breakride kita, yaitu Kagura Bloome juga cocok dengan kartu lama yang punya defense ilusi, Fantasy Petal Storm, Shirayuki. Dengan breakride Shirayuki di atas Kagura Bloome, kamu akan dapat dua (semacam) Sentinel tambahan.

Grade 2

Stealth Beast, White Mane Vanguard

Sewaktu mencari kartu apa yang bagus di Grade 2, gue langsung berpikir, Clan sampah macam apa ini. Kartu dengan Power 9.000 yang agak mendingan masa cuma unflipper? Itu pun deck ini tidak Counterblast-heavy.

Akhirnya gue menemukan beberapa kandidat. Pertama adalah attacker 11.000, si Chain Geek. Ya lumayan lah. Kedua adalah si unflipper, White Mane. Ketiga adalah Vanilla 10.000, daripada nggak ada. Kemudian si Grenjin yang bisa nongolin temen sama Self-Damager buat maso dikit. Berhubung gue mau coba pakai playstyle tabok-tabokan di awal sehingga nanti di akhir bisa diberesin sama Hyakki dan para kagebunshin-nya, gue prefer masukkin Grenjin. Sedangkan Chain Geek dipakai hanya untuk nabok sendirian saat tidak ada booster dan untuk nabok Crossride.

Grade 1

Stealth Fiend, Oboro Cart Vanguard

Untuk Line-Up Grade 1 jauh lebih mudah, karena kita akan memilih kartu-kartu ber-efek bagus dan mendukung meski basisnya 6.000. Maklum, yang base 7.000 nggak ada yang bagus. Pertama-tama, staple kita 4 Sentinel. Gue pribadi pilih 2 Null 2 Quintet karena di deck ini Counterblast cukup jarang terpakai. Selain itu Hyakki sebagai Grade 3 biasanya akan disummon dan dipakai menyerang, tidak nyangkut di hand untuk dibuang seperti biasa.

Kemudian, kita akan pakai Promo Unlocker Murakumo kita, Metamorfox. Dengan kartu ini kita bisa melakukan kombo keren. Lalu Oboro Cart atau Million Rat sehingga kita bisa punya lebih banyak kartu untuk dilock. Terakhir, gue pilih untuk memakai Vanilla saja daripada pemindah tempat (Sukerock) atau yang lain. Lumayan buat gebuk Crossride.

Grade 0

Stealth Rogue of Body Replacement, Kokuenmaru Vanguard

Disini sepertinya standar saja, 8 Critical 4 Draw 4 Heal. Sedangkan starter gue akan pakai Kokuenmaru sang pencari Grade 3. Sebenarnya pengen pakai 2 Kokuenmaru, tapi mesti gue tes terlebih dahulu. Untuk kartu yang diganti sepertinya salah satu dari Grade 2.

Decklist

Grade 3
4 Covert Demonic Dragon, Hyakki Vogue "Яeverse"
4 Covert Demonic Dragon, Kagura Bloome

Grade 2
4 Stealth Beast, White Mane
4 Stealth Beast, Chain Geek
3 Demonic Hair Stealth Rogue, Grenjin

Grade 1
2 Stealth Beast, Leaves Mirage (PG)
2 Silver Snow, Sasame (QW)
4 Stealth Beast, Metamorfox
4 Stealth Fiend, Oboro Cart 
2 Stealth Rogue of Silence, Shijimamaru

Grade 0
4 Dirk Stealth Rogue, Yaiba (Critical)
4 Stealth Beast, Cat Devil (Critical)
4 Stealth Beast, Cat Rogue (Draw)
4 Stealth Fiend, Yukihime (Heal)
1 Stealth Rogue of Body Replacement, Kokuenmaru (Starter)

Playstyle Tips

Stealth Beast, Metamorfox Vanguard

1.  Keep the Hyakkis
Jangan Call para Hyakki sebelum Limit Break. Apalagi kalau kamu lawan Narukami, Kagero atau Ashlei Reverse. Simpan semua di hand dan turunkan untuk serangan terakhir!

2. Lock Combo
Tahukah kamu kalau kamu pakai efek Oboro Cart atau Million Rat untuk memanggil kagebunshin, lalu kamu lock kagebunshin tersebut, maka dia tidak akan kembali ke deck? Gunakan pengetahuan ini untuk mendapat plus!

3. Unlock Combo
Gunakan ini ketika lawan damage 5 dan dia pasti ketar-ketir. Caranya, panggil 2 Hyakki ke depan. Lock 2 belakang kamu untuk +10.000 ke semua Hyakki. Kemudian, Call Metamorfox untuk Unlock 1. Relock yang barusan di-Unlock bersama Metamorfox untuk tambahan bonus +10.000 ke semua Hyakki! Bayangkan, Vanguard dan dua Rear-Guard semua ber-Power 31.000! Tanpa Trigger saja lawan mesti buang 25.000 Shield per serangan.

4. Use Quintet Later
Pakailah Quintet hanya di akhir game setelah semua Hyakki keluar dari Deck. Entah karena dicari, masuk Grave atau masuk Damage Zone. Ini dilakukan agar tidak ada Hyakki yang dibuang secara tidak sengaja oleh efek Quintet Wall. Maklum, belum ada Legion untuk recycle.

5. Self-damage?
Ada pertanyaan, kenapa nggak pakai Self-damager? Kalau self damager nggak dipakai karena beberapa alasan. Pertama, dia nggak bisa trigger Breakride. Kedua, kalaupun dipakai di damage 3 sewaktu Vanguardnya Hyakki, maka giliran berikutnya lawan gak akan serang Vanguard kamu, serangnya pasti para Hyakki. Alhasil di giliran kamu berikutnya, Hyakki RG kamu sudah babak belur digebukin, tapi kamu nggak bisa aktifin Limit Break lagi. Inget, Hyakki cuma 4 biji lho, nggak bisa di-recycle.

6. Stand instead of Critical
Ada juga yang bertanya, kenapa nggak pakai Stand? Kan keren 36.000 berdiri lagi. Banyak alasannya. Pertama, Stand itu gak guna sebelum Limit Break. Kedua, Critical bisa lebih cepat bikin lawan ke damage 5, dimana deck ini jadi jago abis. Ketiga, Critical bikin lawan harus guard Vanguard kamu sewaktu mereka sudah di damage 4. Dan begitu kamu beneran check Critical, lawan harus guard Rear-Guard kamu yang Powernya minimal 26.000. Sakit.

7. Formation? What Formation?
Begitu mencapai Limit Break, maka kamu sudah tidak butuh formasi lagi. Semua kartu di belakang akan di Lock kecuali satu booster, atau kalau kamu cuma punya 1 Hyakki RG lock saja empat RG sisanya. Isi daerah yang kosong dengan Trigger atau Grade 2 atau Grade 3 untuk di-Lock. Sah!

8. Protect the Hyakkis at All Cost!
Tidak jarang kok di deck ini melindungi Hyakki di pinggir pakai Perfect Guard atau Quintet Wall. Demi mereka masih eksis untuk mengobrak-abrik lawan. Oleh karena itu, simpan kartu-kartu Guard kamu di awal untuk melindungi mereka.

Jadi gimana guys? Siap mengecoh lawan dan menghantamnya keras dari belakang dengan ilusi Murakumo?

PS. Gue jual decknya lho~ Klik ini: Jual Deck Murakumo ENG MAX


Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More