Rabu, 02 April 2014

Florsheim Info : Jonathan's Asian Championship Qualifier Report

Hi guys!

Setelah sekian lama nggak ada yang namanya tournament report di blog Vanguard, kali ini kita kedatangan tamu spesial! Yap tidak lain tidak bukan adalah Jonathan Haptism dari Clinic yang kemarin berhasil mendapat posisi kedua di Asian Championship Qualifier! Oke, mari kita simak yuk kisahnya.

Halo. Perkenalan dulu ya, nama gw Jonathan. Gw dari Jogjakarta dan sekarang lagi kuliah di Surabaya. Kalau penasaran yang mana orangnya bisa cari Facebook gw Jonathan Haptism. Cukup perkenalannya, kali ini gw coba menyumbang artikel ke Florsheim. Di sini gw bakal ngasih report gw selama VG Asia Championship Indonesia Qualifier 2014.

Sebelumnya sori kalo ada kesalahan dalam report, maklum memori gw terbatas. Lawan-lawan gw yang inget detail game-nya dan ada kesalahan tolong kasih tau ya, buat catatan pribadi juga~

Asian Championship Qualifier Tournament kemarin dihadiri oleh 49 peserta. Kami bertanding 5 round dengan Top Cut 8.

Deck yang digunakan adalah Revenger Raging Form Dragon.

Kenapa gw milih pake Revenger? Karena adanya deck itu doang. Sebenernya ada banyak opsi untuk main deck lain, tapi gw putuskan pake deck sendiri karena lebih biasa pakainya.

Lanjut ke report...

Match 1 vs Genesis' Omniscient Regalia, Minerva


Hmm, match pertama langsung ketemu 13.000 Standing Vanguard yang berat kalo dilawan pake Revenger (personal opinion).

The match begin, diawali dengan damage pertama gw Draw Trigger, lanjut ride ke Grade 2, serang cek Heal, damage balik 0, turn end. Dipukul Vanguard lawan, no guard, dapet Draw lagi. Langsung gain control dari early game karena advantage Draw Trigger yang bikin hand banyak.

Advantage udah gede, ditambah Mordred udah di Vanguard, satu Mordred lagi di tangan plus dua Raging dan lawan yang gak breakride. Control pace sampe late game sangat terjaga, terutama karena Draw Trigger yang berserakan di damage, finish with Raging Form Dragon breakride, plain and simple

WIN 1-0

Match 2 vs Kagero's Dragonic Nouvelle Vague


Awal game berjalan agak lambat, sempet main satu line sampe ride Grade 3 karena gak punya attacker di tangan. Eh, malah RFD nyemplung damage.

Mid game saat damage gw 3 dan dia 4, dia breakride Nouvelle diatas Dragonic Overlord. Handnya tambah tebel, dan ngecek Critical-Draw di sini. Pace game yang dijaga dari awal berantakan karena hand yang bisa buat nyerang terpaksa buat guard Nouvelle yang berdiri dengan 2 Critical supaya gak mati di turn itu juga. Sayang masih tetep kejebolan karena dia cek Critical lagi dan terpaksa serangan Rear Guardnya gw masukin. Jadi turn ini selesai dan damage gw udah 5.

Breakride into Raging Form Dragon untuk ngejar advantage, dan dia declare no guard di damage 4. Sayang ceknya kosong. Handsize sisa 4, 1 Grade 3, 2 gocengan, 1 cebanan shield sehingga next turn dibunuh Nouvelle dengan indah.

LOSE 1-1

Match 3 vs Gold Paladin's Gancelot Zenith 


Not much to say. Rush di awal dan bikin line 19.000 pake double Masquerade buat mukul Phallon plus Critical Trigger yang bikin lawan damage 4 seketika, eh lawan stuck di phallon untuk seturn. Setelah itu dia sempet ride Zenith dan ngecek Heal Trigger, tapi gak bisa ngejar damage dari rush awal karena dia sempat misgrade seturn. Next turn superior persona ride Raging Form Dragon for the game.

WIN 2-1

Match 4 vs Shadow Paladin's Raging Form Dragon


Dia buildnya agak aneh sih, bawa Self-control Revenger, Rakia yang Grade 1, kalo keluar Grade 0 +3.000 power dan bawa Crisis Revenger, Mana juga. Jadinya Line dia gak kuat mukul, kebanyakan Mana. Yaudah, hand kejaga karena line yang dipanggil Mana cuma 15.000 (5.000 for guard karena Vanguardku 11.000). Gak takut Persona Raging Form Dragon lawan karena hand tebel dan isinya dua null. Akhirnya lawan emang gak dapet RFD buat persona. Seperti biasa, superior persona ride for the game.

WIN 3-1

Match 5 vs Shadow Paladin's Raging Form Dragon (Juan)


Pertandingan dimulai, hand Juan cukup jelek dan hampir misgrade. Akan tetapi Drive Check saat Grade 1 mendapatkan Grade 2 mencegah Juan dari misgrade.

Masuk Grade 3 Juan melakukan move aneh. Ride RFD, Call RFD, dan masih superior persona ride. Langsung kepikiran, “Oh, first handnya 4 RFD... ” Karena hand Juan yang penuh Grade 3, next turn bales dengan superior persona RFD sendiri, diguard 1 trigger, check Critical for the game.

Setelah pairing 5 round, Top 8 dimulai. Standing diumumkan... dan gw PERINGKAT 5!! Which means, lanjut Top 8!
WIN 4-1

Top 8 vs Shadow Paladin's Raging Form Dragon (Denny Susanto)


ANOTHER RFD MIRROR MATCH? Astaga. Gw sudah menyentuh titik bosen lawan Revenger di tournament ini. Tapi gw tetep stay cool dan pede karena hand awal cukup bagus, isinya Masquerade Grade 1, Blaster Dark Revenger, dua RFD, dan Tartu.

Lawan play first, ride Lancer (searcher mordred). Judgebau dia mundur, Call Lancer buang RFD untuk ambil Mordred yang berhasil membuat gw bertanya-tanya “WTF?” dan seneng karena berarti RFD lawan tinggal 3.

Lanjut turn sendiri, ride Masquerade Grade 1, kedua player sama-sama no trigger baik di check maupun damage. Lanjut Grade 2, lawan bikin 2 line dan gw no guard semua serangan untuk mendapat 2 damage awal di game ini, no trigger.

Turn gw lagi, draw, ride Masquerade Grade 2. Call Tartu, Counterblast untuk superior call Dorint. Lanjut Call Dorint plus BDR di row satu nya untuk unflip. Check Critical di drive check tapi lawan heal di damage 4 balik ke 3. Satu line tanpa powerku mukul Rear-Guard dan satu line with power di guard 10.000. Turn end.

Lawan ride Mordred dan serangannya masuk. Judgebau skill untuk manggil 1 Dorint dan 1 Lancer lagi. Agak lupa gimana drive checknya tapi damage gw di sini jadi 3. Next turn gw cuma ride RFD dan pukul-pukul biasa. Kemudian, lawan sempat break ride Mordred to Mordred tapi checknya kosong dan next turnnya breakride dari Mordred ke RFD tapi gagal membunuh gw karena handsize yang cukup tebal berkat unit advantage yang dibantu Tartu di early game.

Next turn gw memutuskan go for the finish, call BDR di depan Dorint untuk unflip lalu jedor intercept lawan. RFD superior persona ride, dan lawan heal trigger di damage 6! No problem, advantage gw terlalu besar untuk kalah gara-gara heal trigger.

Keadaan masih aman terkendali, lagian musuh gw handsizenya cuma sisa 3 dan gak ada attacker di front row-nya. Next turn dia cuma majuin 1 Dorint dan 1 Masquerade Grade 1 di backrownya ke front row. RFD dia mukul no trigger, Masquerade Grade 1 nya cuma mukul BDR yang ada di Rear-Guard dan Dorintnya gak kuat untuk mukul apa-apa. Next turn gw turunin semua attacker dan booster yang ada di hand untuk sekali lagi mengincar finish. Rear-Guard samping serang, RFD serang Counterblast 1 for 21.000 magic number, no guard, and game.

ADVANCE TO SEMIFINAL

Semifinal vs Kagero's Dragonic Nouvelle Vague... Again


Nah ini dia! Revenge match yang ditunggu, melawan orang yang ngalahin gw di Swiss Round. BTW dia sweep 5-0 di Swiss Round. A really good and notable player. Jika berhasil mengalahkannya, maka gw adalah seorang Revenger sejati.

Diawali dengan first hand sampah. Setelah di re-draw tambah sampah. Isinya Masquerade Grade 1, Tartu, dua Draw Trigger, Heal Trigger.

SHINING DRAW! Dapat heal trigger kedua. Seribu umpatan pun terucap, sejuta kata “mampus” terbesit di pikiran, benar sekali, di first hand gw ada 4 trigger dan lawan gw main Nouvelle, but the show must go on!

Sempat hopeless karena di-Critical di serangan pertama (gw masih Grade 1). Ketinggalan damage di early game. Damage dia 1, gw 3, draw trigger di damage gak banyak menolong. Malah ngedraw critical, dan Mordred nyemplung damage.

Stand and another “SHINING DRAW!!” untuk menarik another Draw Trigger, sejuta umpatan terucap seketika. But don’t give up hope they said, ride Tartu, gebuk dan check RFD dilanjutkan rasa terimakasih kepada yang Maha Kuasa, turn end.

Lawan ride Dauntless Drive Dragon, Red Pulse masuk, get Nouvelle. DAMN! DDD pukul, guard 10.000 untuk two trigger pass karena DDD-nya unboosted.  Dia check Critical oper ke samping. Gw guard 15.000 karena gak mau mati cepet, dan guard 5.000 lagi untuk menahan serangan formasi L-nya. Gw berusaha semaksimal mungkin jaga damage karena gak ada Sentinel di tangan. Kalah damage dan handsize hampir membuat gw putus asa.

Draw, get Perfect Guard, Sentinel yang ditunggu-tunggu akhirnya naik ke tangan. Ride RFD sebagai “last hope” dari game ini, berharap dia bisa menjadi game changer yang dibutuhkan. Call Dorint & Blaster Dark Revenger untuk jedor attacker dan menghilangkan intercept. RFD serang check Heal-Critical. Damage langsung berbalik menjadi gw 2 dan dia 3. BDR dengan 21.000 powerline (ketambahan trigger) serang untuk memberikan lawan damage ke-4 nya.

Takut kena Breakride Nouvelle, ternyata lawan Breakride DDD diatas DDD. Guard 20.000 for two trigger pass. Lawan check Critical -all to Vanguard- berdiri, lempar null untuk jaga damage, no trigger. Guard 10.000 untuk sisa line lainnya. Gw masih berusaha untuk menjaga damage yang harus dibayar dengan handsize gw yang cuma sisa dua.

Lanjut turn sendiri, draw RFD kedua, cuma nambah Masquerade Grade 2 di line 1 nya karena hand yang minimalis akibat jaga damage. RFD check Draw, oper bonus power ke BDR, Masquerade hajar attacker dan BDR with 21.000 power pukul DDD untuk damage ke 5-nya.

Lawan breakride into Nouvelle Vague, yang sudah gw perkirakan, lalu turun attacker dan booster untuk bikin tiga line mematikan yang bertujuan mengakhiri game di turn itu. Berdoa lawan gak cek Critical karena kalo sampe cek Critical di cek pertama, gw langsung sekup since dari awal berencana no guard semua serangan Nouvelle. Dari quadra drive cek, dia cuma cek Heal, trigger gw di damage gak jalan, guard line kecil nya dengan intercept BDR plus Draw Trigger dari tangan dan no guard line 21.000 gara-gara Heal trigger yang dioper samping. Akhirnya lanjut turn gw lagi dengan damage 5.

Draw, turun Masquerade Grade 2 di depan Dorint dan Masquerade Grade 1 di belakang Masquerade Grade 2 yang sudah turun di field dari tadi untuk bikin all magic number line (RFD bisa Counterblast 1 untuk jadi 19.000 di boost claudas). Battle phase dan diawali dengan serangan Rear-Guard yang diblok 10.000 shield, lanjut RFD, twin drive check Masquerade Grade 1 dan Heal Trigger! Balik damage 4, untuk menciptakan ruang bernafas next turn. Superior persona ride dan Counterblast 1 untuk 24.000 yang di blok Perfect Guard. Check Critical Trigger, oper Masquerade diguard 15.000 dan handsize lawan terkuras banyak turn ini. Kembali ke stalemate damage sama-sama 4.

Nouvelle lawan pukul, guard 1 intercept dan 2 Grade 1 dari tangan untuk two trigger pass. Lawan cek kosong dan 1 Grade 3. Handsize lawan cuma 4, handsize gw 3, masukin satu serangan dan blok satu serangan lainnya untuk melanjutkan ke turn gw sendiri.

Draw, turun 2 Critical Trigger yang either way gak bisa dibuat ngeguard Nouvelle next turn dan Masquerade Grade 2 di depan Critical Trigger, handsize gw 0. Bener-bener all or nothing di turn ini. Masquerade diboost Critical (17.000 line) hajar burnout di RG lawan. RFD pukul, another Counterblast 1 untuk +3.000 menjadi 19.000 dan dia no guard. Check dorint, second check... CRITICAL TRIGGER for the game and miraculous win!!

ADVANCE TO FINAL

Final vs Genesis' Omniscient Regalia, Minerva (Andre Moses)


Not much to say, serasa nabi, bahkan lebih parah dari nabi, dia seakan BUDDHA!

Lawan check pertama kosong, Grade 2 check Critical, lalu waktu masuk Grade 3...

Turn pertama lawan setelah Grade 3 : Critical, Heal
Turn kedua lawan setelah Grade 3 : Critical, Heal
Turn ketiga lawan setelah Grade 3: Critical, Heal
Turn keempat lawan setelah Grade 3 : Critical, Critical

Game... sayang sekali finalnya harus berjalan seperti itu. Tapi ya overall puas dengan tournament dan pengalaman yang didapat.

Decklist Revenger


Inilah decklist yang gw pakai.

4x Revenger, Raging Form Dragon
3x Illusionary Revenger, Mordred Phantom
1x Revenger, Dragruler Phantom

4x Blaster Dark Revenger
4x Nullity Revenger, Masquerade
3x Dark Cloak Revenger, Tartu

4x Barrier Troop Revenger, Dorint
4x Transient Revenger, Masquerade
4x Revenger of Darkness, Mac Lir
2x Revenger, Dark Bond Trumpeter

6x Draw Trigger
6x Critical Trigger
4x Heal Trigger
1x Frontline Revenger, Claudas

Final result : RUNNER-UP Vanguard Asian Championship Indonesian Qualifier


Thanks for reading guys!
Jonathan Haptism

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More