Senin, 24 Maret 2014

Florsheim Tips : Genesis' Goddess of Good Luck, Fortuna

Hi guys!

Gara-gara kemarin iseng ikut lelang Genesis, akhirnya gue dapat deck Genesis dan bisa gue coba sendiri kemampuannya. Setelah gue ulik-ulik sedikit pakai kartu-kartu BT10 dan BT11, gue jadi punya beberapa build yang bisa gue share ke kalian.

Genesis merupakan clan terbaru setelah Misaki membuang deck Oracle Think Tanknya. Unit di Clan ini seakan terbagi dua, Unit Vanguard dan Unit Rear-Guard. Unit Vanguard kebanyakan efeknya berpusat pada Soulblasting sedangan Unit Rear-Guard lebih fokus pada Soulcharging. Tidak main-main, baik Soulblast maupun Soulcharge-nya kebanyakan ada pada angka tiga. Sangat nggak santai. Dengan ini, mau tidak mau kamu akan selalu dibayangi dilema antara mengaktifkan efek atau mati deck out.

Daripada ngoceh lebih lanjut, yuk bahas satu-satu kartu pentingnya!

GRADE 3
Goddess of Good Luck, Fortuna


Ace card kita di deck Genesis! Jika dibandingkan dengan Grade 3 lain, yaitu Iwanagahime dan Artemis, dia lah yang paling jago. Iya, efeknya begitu doang. Ngeplus juga kagak. Tapi dia yang paling jago. Kasihan ye Genesis.

Seperti yang kita ketahui bersama, yang namanya Trigger itu memegang peranan penting dalam permainan Vanguard, maka Fortuna yang bisa "mencari" Trigger akan jadi keren. Begitukah?

Sayangnya Anda salah. Cara penggunaan Fortuna bukan seperti itu! Cara yang paling tepat dalam menggunakan Fortuna ada dua, pertama untuk Subete (tembusin) dan yang kedua adalah untuk bikin serangan keempat atau bahkan kelima.

Untuk Subete saya rasa tidak perlu diajarkan lagi, tinggal tunggu lawan mengeluarkan guard Two-Trigger Pass, lalu gunakan efek Fortuna untuk mencari Trigger. Kalau kamu cukup beruntung, kamu bisa langsung menang saat itu juga! Ini juga akan memberikan dilema mental pada lawan kamu kalau mereka mencoba untuk melakukan Two-Trigger Pass. Pada akhirnya lawan yang bermain aman akan membuat guard No Pass dan itu berarti kamu sudah "untung" 5.000 tanpa mengeluarkan cost apapun. Sedangkan untuk membuat serangan tambahan, akan saya bahas di tips di bawah.

Oracle Queen, Himiko


Breakride kita. Efeknya nggak terlalu fantastis. Cuma nambahin +5.000 dua kali untuk Rear-Guard dan bisa bikin Vanguard Soulblast untuk draw. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk bikin serangan tambahan. Biasa saja memang, tapi dia penting. Kenapa penting, karena efeknya yang paling berguna justru adalah efek keduanya, yakni Soulcharge.

Eternal Goddess, Iwanagahime


Berat di ongkos dan persiapan untuk efek yang... biasa saja. Gunakan hanya sebagai Vanguard sampingan. Jangan juga berharap kamu bisa memakai efek pertamanya dua kali, yang ada kamu bakal deck out duluan.

Myth Guard, Anything


Sampah.. jangan dipakai. Anyway gue jadi penasaran kalau ada yang bikin deck pakai semua Myth Guard (La Superba, Antares, Orion, Sirius -dan nanti Formalhaut, Deneb, dan Achernar) bakal jadi apa, hahaha.

GRADE 2
Witch of Ravens, Chamomile


Bagian terpenting dari kombo serangan tambahan. Selain digunakan untuk kombo, dia juga digunakan untuk ngeplus (yang susah dilakukan di Genesis). Yang penting pastikan kamu punya damage yang terbuka sewaktu Soulblast dia. Dan kalau dia ada di hand, pastikan kamu mengeride dia untuk Grade 2 kamu.

Battle Maiden, Sahohime


Efeknya penting untuk kamu bisa mengaktifkan efek-efek para Vanguard nantinya. Pastikan dia diboost dengan benar, agar serangannya bisa masuk. Dan kalau bisa, dia sebaiknya menyerang setelah Vanguard menyerang agar bisa diberi bonus power dari trigger. Kalau kamu tidak punya Chamomile saat akan naik ke Grade 2, ride-lah dia agar kamu bisa menggunakan efeknya.

Broom Witch, Callaway


Kalau kamu bermain Genesis, kamu akan tahu kalau deck ini sepi penggunaan Counterblast. Oleh karena itu jangan sampai damage kamu terbuka sia-sia, gunakan efek Callaway untuk ngeplus, atau setidaknya untuk memaksa lawan guard 15.000 dengan bantuan trigger. Dan jangan lupa, dia kalau nabok pinggir dan hit, efeknya tertrigger lho. Akan ada banyak skenario dia nabok pinggir soalnya.

GRADE 1
Goddess of Self-sacrifice, Kushinada


Ya iya lah ya. Bawa empat gak pakai lama di metagame penuh Breakride macam sekarang.

Witch of Frogs, Melissa


Kartu ngeplus lagi! Usahakan untuk ride pakai dia kalau ada di hand. Dan kalau mau Soulcharge, jangan lupa untuk berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing agar yang ter-Soulcharge adalah Melissa dan Chamomile.

Witch of Cats, Cumin


Lumayan buat Soulcharge 1 secara pasti. Gunakanlah terutama di saat feeling kamu mengatakan bahwa top deck kamu bukan trigger.

Battle Maiden, Tatsutahime


Simply better than the rest. Costnya agak berat, tapi lumayanlah, bisa kepakai sesekali. Kalau nggak demen sama Tatsutahime dan bawa Grade 2 8.000 atau 10.000, kamu bisa bawa Vanilla 8.000.

Grade 0
Starter Vanguard


Cinnamon dan Tamayorihime sebenarnya sama. Efeknya sama-sama hanya akan dipakai sekali dan sama-sama menambah Soul sebesar 3. Bedanya yang satu akan ikut masuk ke Soul dan yang lainnya tidak masuk ke Soul tapi perlu Counterblast 2. Di deck yang membawa Iwanagahime mungkin bisa lah membawa Tamayorihime demi mencoba aktivasi kedua sehingga bisa Soulcharge 6, tapi di deck Fortuna hal ini tidak diperlukan.

Gue sendiri lebih suka Cinnamon karena Counterblast awal-awal lebih baik digunakan untuk Callaway, Chamomile dan Melissa. Selain dua itu, kamu juga bisa pakai Vivid Rabbit sebagai searcher G3 sehingga kamu cukup pakai 7 Unit G3.

Triggers


Seperti biasa, kalau bingung ya ambil formasi standard 8 Critical - 4 Draw - 4 Heal. Yang paling penting adalah Kukurihime, karena di saat terdesak dan sangat butuh Soulcharge, dia bisa menyelamatkanmu dengan masuk ke Soul.

DECKLIST
Pure Fortuna

Grade 3
4x Goddess of Good Luck, Fortuna
4x Oracle Queen, Himiko

Grade 2
4x Witch of Ravens, Chamomile
4x Broom Witch, Callaway
3x Battle Maiden, Sahohime

Grade 1
4x Goddess of Self-sacrifice, Kushinada
4x Witch of Frogs, Melissa
4x Battle Maiden, Tatsutahime2x Witch of Cats, Cumin

Grade 0
4x Battle Maiden, Kukurihime (Critical)
4x Cyber Tiger (Critical)
4x Bandit Danny (Draw)
4x Witch of Big Pots, Laurier (Heal)
1x Witch of Prohibited Books, Cinnamon

Hybrid Fortuna-Iwanagahime

Grade 3
3x Goddess of Good Luck, Fortuna
3x Oracle Queen, Himiko
2x Eternal Goddess, Iwanagahime

Grade 2
4x Witch of Ravens, Chamomile
4x Battle Maiden, Sahohime
3x Broom Witch, Callaway

Grade 1
4x Goddess of Self-sacrifice, Kushinada
4x Witch of Frogs, Melissa
4x Witch of Cats, Cumin
2x Battle Maiden, Tatsutahime

Grade 0
4x Battle Maiden, Kukurihime (Critical)
4x Cyber Tiger (Critical)
4x Bandit Danny (Draw)
4x Witch of Big Pots, Laurier (Heal)
1x Battle Maiden, Tamayorihime

Perbedaan dari kedua build di atas hanyalah jumlah Sahohime, Tatsutahime dan starter Tamayorihime/Cinnamon. Kalau sudah pakai Tamayorihime, maka jumlah Tatsutahime mesti dikurangi. Build dengan Iwanagahime akan lebih ingin mencapai 9 Soul secepat mungkin. 3 Soul untuk efek Himiko dan 6 Soul untuk efeknya sendiri. Oleh karena itu, ditambahlah Sahohime dan Tatsutahime.

PLAYSTYLE TIPS
1. Kombo Tambahan Serangan
Anggap field kamu penuh dan punya Chamomile di Soul, maka untuk serangan pertama kamu, kamu bisa menyerang dengan satu unit tanpa diboost kecuali kamu punya Melissa juga di Soul (sebisa mungkin Grade 3 agar tidak rugi). Kemudian Fortuna atau Grade 3 setelah Breakride menyerang, aktifkan efeknya untuk Soulblast 3, salah satunya Chamomile (dan mungkin Melissa juga). Chamomile pakai efek untuk Call dan menggantikan Unit yang sudah menyerang tadi. Voila! Kamu akan dapat tambahan satu serangan!

2. Sembilan Nyawa
Sembilan adalah jumlah yang paling pas sebagai isi Soul kamu sepanjang permainan, bisa dari efek maupun dari Soulcharge. Sebaiknya tidak lebih. Sembilan Soul digunakan tiga untuk efek Himiko, dan enam sisanya untuk satu kali Iwanagahime atau dua kali Fortuna.

Biasanya dari ride sudah tiga Soul (Grade 1, Grade 2 dan Grade 3 Breakride) lalu dari Starter ada tiga Soul lagi, dan sisa tiga Soul bisa dari efek kartu lain semacam Himiko, Cumin atau Sahohime dan sebagainya. Jika sudah mencapai sembilan, sebaiknya stop menambah lagi. Misalkan kamu memaksa dan Soulcharge terlalu banyak maka dikhawatirkan kamu akan kalah deck out, terutama dalam endurance battle. Ini terjadi terlalu sering dalam tes gue.

3. Ride Chamomile dan Melissa
Sudah gue nyatakan di card review masing-masing sih, tapi gue tekankan lagi, ride lah Melissa dan Chamomile. Plus mereka di akhir nanti akan melebihi nikmatnya maksa Soulcharge di awal pakai Sahohime. Kecuali kalau kamu sedang di-rush dan akan langsung mengeride Iwanagahime untuk memakai efek secepat mungkin.

4. Berikan Pressure 15.000
Baik Sahohime, Callaway, Tatsutahime dan Tayorihime semua efeknya akan jalan ketika serangan kamu hit. Oleh karena itu, pakailah mereka untuk menyerang setelah Vanguard menyerang. Jika kamu dapat trigger, utamakan untuk melempar bonus powernya pada unit-unit ini demi memberi pressure pada lawan. Kalau kena syukur, efeknya jalan. Kalau nggak kena, lawan sudah rugi guard 15.000 alias minimal dua kartu.

Nah itu saja tips gue bagi kalian yang mau bermain Genesis dengan Fortuna sebagai Ace Card. Sudah agak telat sebenarnya, Genesis ada di BT10 dan BT11 sedangkan BT12 sudah rilis. Tapi tidak apa bukan? Better late than never.


Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More