Kamis, 07 November 2013

Florsheim Tips : How to be Better at Vanguard


Pemain Vanguard sudah sangat membludak, mulai dari pemain cilik alias dedek-dedek random, hingga oom-oom random berkumis panjang dan berjambang lebat. Akan tetapi, kalau kamu mau jeli, banyak dari para Cardfighter yang bermain seadanya dan melakukan banyak misplay atau aksi yang kurang efisien.

Pada akhirnya, banyak dari dedek-dedek random yang memang bermain untuk kesenangan belaka dihancurkan harapan menangnya oleh para oom-oom random yang bermain untuk menjadi juara. Mungkin kamu salah satunya.

Oleh karena itu, gue share sedikit soal cara menjadi lebih baik, lebih kuat, dan lebih berprestasi dalam Vanguard. Simak!

1. Tetap dengan satu deck.


Mungkin kamu yang sudah jago akan merasa, "SALAH INI! HARUSNYA JUSTRU COBAIN BANYAK DECK BIAR TAU SEMUANYA!!". Iya guys, iya. Itu juga ada benarnya, KALAU kamu sudah jago.

Dengan tetap pada satu deck, kamu akan hapal semua gerakan dan triknya. Oleh karena itu kamu bisa fokus pada "bagaimana bermain Vanguard dengan lebih baik" secara lebih fundamental. Kalau kamu pindah-pindah deck, kamu akan lebih terdistraksi oleh "bagaimana memainkan deck ini" dibandingkan "bagaimana bermain Vanguard dengan lebih baik". Ini juga mengapa gue menyarankan untuk pakai deck yang sederhana dan tidak banyak trik di awal karir Vanguard kamu.

Bagaimana bermain Vanguard dengan lebih baik meliputi namun tidak terbatas pada:
  • Menentukan dan membentuk Winning Image
  • Membentuk Power Line
  • Menentukan urutan serangan
  • Menentukan target bonus Trigger
  • Menentukan subete atau tidak (1st Trigger to Vanguard when Opp doing 2-Trigger Pass)
  • Menentukan Unit mana yang diserang
  • Menentukan Unit mana yang di-Call dan di-Ride
  • Menge-Guard secara efisien
  • Memprediksi kartu yang didraw dan di-Drive Check
  • Menghafalkan kartu yang di-Drive Check lawan
  • Memprediksi kartu di hand lawan dari unit yang di-Call dan dipakai Guard
  • Memprediksi kartu di hand lawan dari cara bermainnya
  • Mencocokkan cara bermain kamu dengan kelemahan deck lawan
  • Dan sebagainya
Hal-hal di atas akan semakin mudah untuk luput kalau kamu masih belajar cara bermain deck kamu sendiri, bahkan lebih sulit lagi kalau ada yang belum hafal efek unit-unitnya. Intinya, kenali deck kamu dulu sampai ngelotok. Kalau kamu sudah cukup mahir, barulah silakan coba  pakai deck-deck lain untuk membuka wawasan kamu.

2. Melawan banyak tipe deck.


Setiap clan, setiap archetype, bahkan setiap Unit Grade 3 punya cara main yang berbeda-beda. Dengan cara main mereka, hampir selalu ada celah yang bisa kamu eksploitasi dengan salah satu variasi cara bermain deck kamu. Setidaknya ada cara main yang membuat kamu lebih susah kalah. Oleh karena itu, sebelum sampai tahap ini, kamu harus tahu dulu variasi-variasi cara bermain yang bisa kamu lakukan dengan deck kamu seperti di tahap 1.

Contoh paling mudah, cara main melawan deck yang Vanguardnya ber-Power 10.000 pasti berbeda dengan cara main melawan deck yang Vanguardnya ber-Power 11.000, apalagi yang bisa Crossride. Belum lagi kalau lawan punya kemampuan retire seperti para Seal Dragon atau kemampuan membesarkan unit gila-gilaan seperti Zerachiel. Cara dan urutan kamu Call Unit saja bisa berbeda jauh.

Salah satu cara mempelajari cara bermain deck lain adalah mencoba sendiri. Pinjamlah deck teman-teman kamu sesekali. Coba bermain dengan mereka untuk mengetahui cara main dan juga kelemahannya.

3. Bermainlah yang banyak.


Tahapan yang asyik bukan? Bermainlah sebanyak mungkin, dengan melawan tipe deck seberbeda mungkin. Makin jago lawannya makin bagus, asalkan gapnya tidak terlalu jauh sehingga masih ada yang bisa kamu pelajari dari permainan tersebut.

Mainnya pun jangan asal main, cobalah untuk melihat beberapa keputusan-keputusan yang sudah diambil lalu introspeksi. Bisakah kamu menang kalau keputusan tersebut berbeda?

Kalau bisa, jangan lupa untuk meminta feedback dari orang lain. Lawan main dan juga para penonton. Mereka terkadang punya pandangan yang berbeda atas pilihan-pilihan kamu sewaktu bermain. Dengarkan dan pertimbangkan meski saran mereka terdengar konyol pada awalnya. Bisa jadi ternyata mereka benar. Well, kemungkinan besar sih iya, apalagi saran dari orang yang memang jago mainnya.

Kemudian Review kembali jalannya permainan lalu ambil hikmahnya. Apa yang bisa membuat kamu bangkit setelah terperosok, play kamu atau misplay lawan kamu? Apa Power Line yang sudah kamu bentuk ternyata efektif atau malah membuat kamu kehilangan banyak kesempatan? Apakah "judi" kamu berhasil?

Banyak hal yang bisa kamu pelajari dari bermain. Selain itu, jangan lupa bersenang-senang ya!

4. Jadilah beruntung.


Iya iyalah keberuntungan itu penting di Vanguard. Banyak berdoa dan beribadah. Atau apapun yang bisa kamu merasa lebih beruntung. Sebuah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa luck memegang peranan yang cukup besar dalam permainan Vanguard.

Kalau kamu lahir dengan keberuntungan di atas normal, good for you. Vanguard bisa jadi permainan favorit kamu. Kalau tidak? Kamu terpaksa bergantung pada kemampuan kamu membuat deck dan mengambil keputusan.

Apakah itu berarti yang bergantung pada skill akan kalah pada yang memiliki luck? Belum tentu, karena kamu bisa "mengalahkan" keberuntungan menggunakan pengambilan keputusan yang tepat. Hanya saja kalau kemampuan kamu dan lawan relatif sama, yaa tentu yang lucknya lebih tinggi yang menang.

Dengan beberapa kisi-kisi ini, semoga kamu bisa menjadi pemain Vanguard yang lebih baik lagi dan menemukan jalan Cardfight-mu sendiri. Dan jangan lupa, it's just a game, nggak perlu sampai murka hanya karena kalah atau berbeda pendapat. Good luck!

Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More