Kamis, 07 Februari 2013

Florsheim Tips : New Magic Number

Hi guys, 

Setelah sukses mencuri hati pembaca dengan artikel Spend Less Gain More kemarin, kali ini Felix akan bercerita mengenai metagame setelah BT05 dirilis dan cara mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Mari kita simak bersama!

Halo, pengikut setia VG Florsheim! Hari ini saya akan menyediakan sebuah artikel yang cukup simpel, cuma tetap harus diberitahu kepada semua Cardfighter terutama yang berkompetisi di meta VG-EN.

Kita tahu bahwa sekitar 20an Febuari, VG-EN BT05 akan keluar. Dan kartu-kartu Ace nya adalah Majesty Lord Blaster, Dragonic Overlord The End, dan Phantom Blaster Overlord. Di artikel ini, saya tidak akan membahas tentang ketiga kartu ini, tetapi saya akan membahas bagaimana caranya untuk melawan deck-deck yang akan menjadi tier 1 setelah BT05 keluar.

Crossride yang menyebalkan untuk dilawan
Seperti yang kita tahu, Crossride adalah unit yang sangat menyebalkan. Dengan efek-efeknya yang cukup menekan, apalagi ditambah base power nya yang tinggi yaitu 13k (kecuali MLB 12k). Nah coba anda pikir, kalau pas di meta sebelum BT05, Magic Number yang anda ingin raih adalah 16k ke atas (untuk 1 kartu guard) sampai dengan 21k (2 kartu guard -> 15k guard). Nah jikalau anda tidak bisa meraih 16k, kan repot saat melawan 11k base karena musuh cuma guard 5k untuk 1 kolom tersebut (dan 10k untuk kolom itu juga kalau ada trigger). Ga mau kan Anda terjebak di situasi seperti itu?

Nah saya ada tips-tips sekarang. Karena base meta BT05 akan menjadi 13k, maka attack yang ingin anda raih adalah 18k minimal, supaya musuh harus guard 10k untuk kolom itu. Bagaimana caranya supaya anda bisa membuat kolom 18k dengan mudah? Semuanya tergantung kepada rasio grade anda dan seberapa pintarnya anda membuat kolom.

Berikut beberapa tips:

1. Usahakan untuk memaksimalkan jumlah 10k attacker-mu di grade 2 line up. Contohnya, Kagero dan Royal Paladin punya dua tipe 10k attacker. Masukkanlah lebih dari 4, contohnya 6. dan sisanya kartu-kartu toolbox seperti Blaster Blade dan Akane, atau untuk Kagero, Berserk Dragon.

High Power Front Row
2. Usahakan untuk memaksimalkan jumlah 8k vanilla di grade 1 line up anda juga. Dan kalau bisa, sisakan tempatnya untuk 7k base, karena kalau mengeboost 11k grade 2 atau grade 3, maka anda akan mencapai 18k dengan mudah.

3. Usahakan untuk memakai kartu yg mempunyai attack lebih dari 10k. Contoh nya : Burning Horn Dragon untuk Kagero. Karena attacknya Burning Horn Dragon 12k, maka anda tidak usah mengeboost Burning Horn dengan 8k vanilla, pakailah 7k G1 untuk boost Burning Horn Dragon. Jadi anda bisa menyimpan 8k booster anda untuk 10k attacker anda dan anda akan mencapai 18k juga.

Buatlah Power Line 18.000
4. Usahakan untuk menganalisa deck lawan. Apakah lawan anda akan memakai Crossride? Jika iya, siap-siap lah untuk membuat kolom 18k, jika TIDAK, ya mainlah seperti biasa. Dan kalau anda memakai Burning Horn Dragon atau yang punya attack 12k, boost lah 12k itu dengan vanilla 8k jadi bisa mencapai 20k, karena 20k adalah Magic Number untuk melawan 10k VG.
Contohnya :
- Anda melawan Oracle Think Tank, yang starternya LuLu, berarti mereka PASTI memakai 10k base VG untuk G3nya (CEO, Coco, Sakuya, Apollon, Souffle -> possible G3). Mereka tidak mungkin memakai Full Moon karena tidak ada Ichibyoshi. Nah saat inilah, buat strategimu untuk melawan 10k base VG yaitu 15k dan 20k magic number.
- Anda melawan Kagero, yang starternya Conroe. Wah kalau begini ada beberapa tipe yang mungkin anda hadapi. DOTE, Goku, Waterfowl, Lawkeeper? Nah kalau begini, anda siap-siaplah untuk membuat strategi melawan 13k supaya aman, nah jika mereka ride Lawkeeper atau Goku, barulah ganti strategi mu. Karena 18k JUGA termasuk Magic Number untuk melawan 10k VG, sedangkan 15k BUKAN Magic Number untuk melawan 13k VG.

Artikel ini memang sangatlah simpel, karena memang "common knowledge", cuma saya tetap menulis artikelnya untuk mengingatkan pemain dan memberikan tips-tips untuk melawan meta BT05 secara efisien. Ingat, deck building Anda untuk melawan 13k VG sangatlah penting. Seberapa mudahnya anda mencapai 18k, itu tergantung di seberapa banyaknya kartu-kartu yg base attack nya besar, dan seberapa pintarnya anda membuat kolom Rear Guard. Good luck~!

Salam,

Iosmk

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More