Selasa, 29 Januari 2013

Florsheim Tips : Granblue's Ledakan Curahan Hati!!


Hi guys,

Granblue mungkin merupakan salah satu Clan yang underrated, namun dengan deckbuilding dan cara bermain yang benar, mereka bisa menjadi deck yang sangat fun dimainkan lho. Berikut ulasan dari Arlan mengenai salah satu kemampuan yang paling menyenangkan dari Clan Granblue.

Saya akan menyumbangkan sedikit artikel yang mungkin berguna bagi Cardfighter sekalian. Terutama bagi mereka yang ingin mencoba Winning Image yang ‘sedikit’ berbeda atau tidak umum. Jadi maklum saja ya bila petuah saya ini mungkin terdengar ‘retard’ buat banyak orang... But trust me, it work.. Somehow.


Dalam Guide kali ini, saya akan membahas tentang Deck “MEGA BLAST!”. Ya, Mega Blast. Buat yang belom tau, Mega Blast adalah sebutan untuk skill beberapa kartu Grade 3 yang memiliki syarat aktifasi ekstrim berupa “Soul Blast 8 dan Counter Blast 5”. Syarat yang rada... ‘No Thank You’ dikebanyakan deck karena syarat Soul Blast 8-nya, walaupun unit-unit tersebut memiliki Skill untuk Soul Charge diawal turn. Mengaktifkan Mega Blast terbukti susah dan perlu dedikasi kecuali untuk deck yang bisa mengisi Soul dengan cepat dan kartu-kartu Mega Blast tersebut biasanya hanya dipakai untuk Soul Charge-nya dan efek sampingannya saja. Tapi oleh sebab itu, Mega Blast memiliki efek yang setimpal dan biasanya hampir menyegel kemenangan bila sampai terjadi (Ingat! Hampir! Bukan pasti menang!) dengan efek yang seperti memberikan advantage gila, memusnahkan banyak kartu lawan, dan lainnya.

Lantas... Deck Megablast apakah yang akan saya bahas? Yang jelas bukan Palemoon atau Dark Irregular yang soul-chargenya emang rada setan sehingga Mega Blast-nya berasa biasa aja bila terjadi. Jadi... deck yang saya pilih adalah... GRANBLUE!!! Ya! Granblue! Kenapa Granblue? Karena saya pake Granblue dan doyan pakenya.

Mega Blast Granblue berarti... SANG KAPTEN CUMI-CUMI!


Mari kita bahas step by step... Pertama-tama, line-up unitnya.

Grade 0:
4 Guiding Zombie
4 Rough Sea Banshee
4 Knight Spirit
4 Chappie/Dr. Rogue
4 Stand Trigger


Okey, line-up Grade 0-nya seperti biasa... Err... Enggak juga sih. 4 Guiding Zombie-nya itu loh. Banyak yang mungkin sudah “WTF” ngeliatnya. Kenapa Guiding Zombie? Karena tidak seperti Nightkid, dia tidak makan CB dan tinggal masuk ke-soul. Dan just in case, dia juga bisa jadi Shield 10K atau Boost 5K (Ini penting btw). Bawa 4 demi mengisi soul sekaligus Drop Zone untuk persiapan Mega Blast Basskirk. Rough Sea Banshee self-explanatory. Bisa isi soul tanpa hilang advantage itu terlalu bagus untuk dilewatkan dideck ini. Heal Trigger self-explanatory, dan Knight Spirit itu... Bisa buat Superior Ride. Stand Trigger itu karena... Preferrence sih, karena bisa buat ‘ngusilin’ Rear Guard lawan (deck ini mainnya late game. Jadi ngincar advantage dibanding damage itu lebih penting) Kalau mau diganti Critical lagi juga boleh... Draw Trigger... Boleh aja sih, tapi pengalaman sih jadinya lebih sering deckout.

Grade 1:
4 Dandy Romario
4 Samurai Spirit
2 Evil Shade/King Seahorse
3 Gust Jinn


Grade 1-nya cukup standar. Vanilla ya biasa lah. Samurai Spirit itu buat Superior Ride (Ingat, deck ini ngincar Mega Blast. Jadi efek resurrect-nya Samurai Spirit jangan dipake) Evil Shade dan Seahorse buat Grave-pilling. Pilih yang anda suka saja. Gust Jinn... Null itu penting. Anda gak akan mau jatuh bangkrut karena tiba2 diserang one-shot attack yg powernya lebih dari 25K (Ezel, PBD, PBO, etc)

Grade 2:
4 Commodore Blueblood
3 Skeleton Swordman/Greed Shade
4 Ruin Shade


Blueblood... Vanilla ya biasa lah. Skeleton Swordman... Nah ini choice yg agak tricky, tapi setelah test ternyata dia itu jago disini karena... Butuh Survivability demi Mega-blast. Shield 10K atau pancingan serangan RG lawan, either way it can repel attack. Ruin Shade... Grave-piller dan bisa jadi beater 11K. Self-explanatory (Jangan terlalu over pake skill-nya. Kalo dirasa gak perlu pake skill, ya jangan dipake. Deck Out gak tanggung jawab) Bila anda lebih suka offense dibanding defense, Greed Shade bisa dipakai juga karena deck ini hand-nya cukup terjaga dan dia bisa jadi 11K attacker.

Grade 3:
4 Demonic Sea Emperor, Basskirk
2 Spirit Exceed


Untuk Grade 3-nya... Si-cumi-cumi ya jelas dibawa. Bawa 3 Basskirk dan 3 Exceed juga bisa, tapi seringkali saya merasa lebih baik Basskirk-nya agak over dibanding kurang. Jadi saya pakai 4. Spirit Exceed karena... Dia itu selain Superior Ride juga ngisi Soul. Not a bad choice.

Nah, kira-kira seperti itulah decknya. Sudah di-Imeeji? Nah, berikutnya mari bahas playstyle dan efek Megablast itu sendiri.

Efek Mega Blast dari Basskirk... Cukup sederhana, kalau tidak mau dibilang so-so. Efeknya memang terlihat bagus karena totalnya bisa sampai +5 kartu. Tapi... Mega Blast Basskirk itu di-build yang tidak dedicated jarang terjadi, dan kalaupun bisa terjadi, biasanya terjadi di-Late Game dimana slot Rearguard Circle kita sudah penuh dan tak ada untungnya melakukan Mega Blast tersebut selain menukar Rearguard atau mengisi satu atau dua slot yang kosong. Lantas, untuk apa? Apa bagusnya Mega Blast dari Basskirk? Eit! Jangan meremehkan Ledakan Curahan Hati seorang pelaut! Biar saya jelaskan...

The Rear Guard Circle:


Untuk benar-benar meraup keuntungan dari Mega Blast Basskirk, Rear Guard Circle kita harus kosong. Maksimal hanya ada satu slot yang terpakai. Oleh karena itu, saat Mega Blast terjadi, Hand kita tetap terjaga, namun field penuh. Untuk memastikan ini terjadi, satu turn sebelum Mega Blast dilakukan, unit di-front row Rearguard kita dipakai Intercept daripada membuang tangan (alasan kenapa memakai Especial Intercept) agar tercipta slot kosong sekaligus menepis serangan. (Oleh karena itu, perlu diingat untuk tidak memanggil Grade 3 di-Rearguard Circle sebelum Mega Blast) Ya, untuk front row memang sederhana. Tinggal dipakai Intercept. Lantas bagaimana dengan backrow? Ya, itu juga sebisa mungkin harus kosong...

“TAPI KAN... TAPI KAN!!! KALO NGGAK ADA YANG NGE-BOOST NANTI SEMUA SERANGAN KITA GAMPANG DITANGKISNYA!!!”

Siapa yang bilang tidak pake Boost? Kartu yang digunakan untuk boost diawal-awal dalam deck ini adalah... Rough Sea Banshee dan Guiding Zombie! Ya, makanya saya bawa Guiding Zombie itu sampai empat. Jadi, panggil mereka ke-Rear Guard Circle dan gunakan sebagai Boost, dan hanya masukan mereka ke-Soul saat anda siap untuk melakukan Mega Blast untuk profit tertinggi, namun masih memiliki tambahan power untuk boost! (Walau... Ya, benar. Boost-nya memang tidak banyak, tapi biasanya sudah cukup. Apalagi bila memilih Greed Shade dibanding Skeleton)

The Unit Called:


Unit yang biasa dipanggil tentu saja unit yang memiliki power dan bisa dipakai menyerang (Makanya banyak Vanilla), namun ada yang lebih baik lagi. Yaitu... Rough Sea Banshee! Bila di-hand sudah ada cukup banyak kartu untuk di-call, lebih baik panggil Rough Sea Banshee dan masukkan ke-soul untuk +1 hand. Bila di-drop zone sudah ada 4 Rough Sea Banshee, itu sudah berarti Draw 4 Kartu! Hampir sebanyak Mega Blast Amaterasu, tapi tidak perlu attack hit, dan masih bonus satu rearguard! Tapi ingat... Kalau dirasa deck sudah menipis, lebih baik jangan. Panggil unit untuk menyerang saja.

Bagaimana? Sudah di-Imeeji dengan sempurna Winning Image deck ini? Bila tertarik, selamat mencoba dan ber-Chuunibyou menjadi bajak laut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More