Selasa, 11 Desember 2012

Florsheim Info : January 2013 Restriction List Analysis


Welcome to Planet Cray.

One day, this planet suddenly came under attack by a mysterious force.

In the face of a powerful enemy, all of the formerly squabbling clans of Cray came together to fight back.

Three clans became the core of the resistance: Royal Paladin, Oracle Think Tank, and Kagero.

Their efforts were spectacular.

The mysterious force was cornered, and victory was close at hand.

But...

Majestic Lord Blaster, Tsukuyomi, and Dragonic Overlord The End, who fought at the forefront, were captured by the enemy.


Robbed of their leaders, the three clans fell into chaos and lost their strength.

That effect even extended to your world, where the decks of their three clans restricted.

Right now, Cray is on the brink of destruction.

Hi guys!

Barusan adalah cuplikan percakapan dari episode 98 Cardfight!! Vanguard (dengan sedikit penyesuaian). Kelihatannya tidak ada artinya untuk kamu, namun ternyata kejadian tersebut benar-benar mempengaruhi dunia nyata.

Kalau kamu cukup up to date dengan per-Vanguard-an, maka kamu akan tahu bahwa semalam hampir seluruh Cardfighter di dunia terhenyak oleh post tak terduga dari Facebook Fanpage Cardfight Vanguard. Ini screenshotnya:

D-D-DAAMMIIITTT!!
Pengumuman ini menuai banyak sekali respon, ada yang setuju, ada yang tidak peduli, dan jauh lebih banyak yang menentang. Kamu mungkin bisa melihat beragam reaksi ini di newsfeed Facebook kamu dan di forum-forum Vanguard.

Langkah ini diambil oleh Bushiroad untuk menambah variasi dari metagame JP yang sudah jenuh oleh deck DOTE, MLB, Tsukuyomi, dan Alfred. Dan juga untuk menambah penjualan booster set baru, tentu saja. Mereka menghantam tiga clan terpopuler, membuat para Cardfighter yang memiliki kartu-kartunya geram dan menghujat Bushiroad.

Dan untuk kamu pengguna ekspansi ENG, list ini memang tidak (belum?) diimplementasikan, namun bukan berarti kartu-kartu kamu aman! Seperti layaknya Barcgal, bisa jadi mereka mengaplikasikannya nanti saat BT05 dirilis. Atau bahkan, bisa saja ENG memiliki restriction listnya sendiri yang benar-benar berbeda!

Hanya saja, hal ini sudah diumumkan dan pasti akan berlaku mulai 1 Januari 2013 nanti. Maka mari kita bangkit, dan melihat restriksi ini dari sisi terangnya, yaitu deck-deck di atas akan menjadi non-mainstream sehingga kamu bisa lebih nyaman menggunakannya karena tidak sama dengan teman-teman kamu yang mainstream.

Lalu bagaimana cara membuat deck dari Clan yang sudah dibatasi seperti ini? Mari kita analisa satu per satu!

Royal Paladin


Royal Paladin memiliki dua jenis deck yang terkena, pertama adalah deck Alfred. Deck Alfred terpaksa menggunakan 1 Wingal Brave dan 1 King of Knights, Alfred; atau 2 King of Knights, Alfred. Berhubung Starting Vanguard di Royal Paladin tidak ada lagi yang bagus, sepertinya lebih baik memilih opsi 1-1.

Apakah deck Alfred mati? Tidak! Alfred mungkin hanya dapat satu saja digunakan, namun masih ada Grade 3 lain yang bagus, seperti Soul Saver Dragon, dan White Dragon Knight, Pendragon. Eh? Pendragon? Yap! Dia cukup bagus untuk mencari Soul Saver dan juga Alfred dari dari deck dan kemudian bermain seperti biasanya. Apalagi Powernya adalah 15.000 di giliran dia di-ride.

Kemudian tipe kedua Royal Paladin yang terkena adalah deck Majesty Lord Blaster. Di sini formasi yang digunakan pasti 1 Wingal Brave dan 1 MLB. Selain Wingal Brave merupakan Starter terbaik, dia juga mampu mencari satu-satunya Majesty Lord Blaster dari deck!

Apakah deck MLB mati? Tidak! Konsistensinya memang sangat berkurang, namun deck MLB masih cukup feasible untuk dibuat berkat kemampuan Wingal Brave untuk mencari MLB. Atau kamu juga bisa menggunakan cara lain, yaitu menggunakan Clan Shadow Paladin sebagai basis. Starter kamu adalah Fullbau sehingga bisa dengan mudah mencari Blaster Dark. Di build ini kamu bisa menggunakan 2 MLB.

Kagero


Di clan Kagero, yang terkena hanya dua kartu, namun keduanya sangat telak mengingat skill Dragonic Overlord The End adalah Persona Blast, sehingga dengan restriksi ini, dia hanya bisa melakukannya MAKSIMAL satu kali. Formasi yang digunakan pastilah 0 Conroe dan 2 DOTE, karena jika hanya menggunakan 1 DOTE, skillnya tidak dapat digunakan.

Apakah deck DOTE mati? Tidak! Kamu pastinya akan lebih jarang mengeride dan menggunakan efek DOTE, namun power 13.000 dan pressure yang ia miliki memang sebegitunya powerful untuk tidak memakainya. Salah satu tips menggunakan DOTE setelah restriksi adalah dengan menggunakan Amber Dragon Chain Ride, jadi kamu menggunakan Amber Dragon, Dawn sebagai Starter Vanguard. Tergantung apa yang kamu draw, kamu bisa ke jalur Amber Dragon, Eclipse atau mengeride DOTE seperti biasa.

Oracle Think Tank


Oracle Think Tank terkena cukup berat dalam restriksi ini, karena kartu Staple kebanggaan mereka, yaitu Silent Tom ikut masuk dalam daftar restriksi. Ada dua deck yang terkena, yang paling parah adalah deck Tsukuyomi. Kalau ingin memaksakan decknya, satu-satunya pilihan adalah 1 Godhawk, Ichibyoshi dan 1 Tsukuyomi G3 tanpa Silent Tom. Hanya Tsukuyomi Grade 3 tanpa Ichibyoshi akan membuat Tsuku G3 hanya 9.000 sangat lemah dan mudah dibuli. Sedangkan Ichibyoshi tanpa Tsuku G3 agak pointless, selain demi ngarep Ride gratis.

Apakah deck Tsukuyomi mati? Sayang sekali iya. Dipaksakan 1-1 pun, bisa saja Tsuku G3 adalah salah satu kartu yang kamu taruh di bawah deck saat akan Superior Ride, membuat kamu harus menggali deck kamu cukup dalam untuk menemukannya. Dan kalaupun bisa, build Tsukuyomi biasanya menggunakan barisan G1 dan G2 yang agak inferior, dengan hilangnya Silent Tom, Tsuku semakin sulit untuk naik ke ranah kompetitif.

Apakah deck Oracle Think Tank lain mati? Tidak! Dibatasinya penggunaan Silent Tom tidak akan mengurangi kemampuan mereka dengan signifikan. Masih banyak substitusi Silent Tom yang bisa digunakan di deck OTT lain seperti CoCo Witch, Goddess of Sun Amaterasu ataupun Battle Sisters.

Jadi guys, apakah deck andalanmu terkena pembatasan ini? Jika iya, jangan kecil hati, masih banyak Clan lain yang menarik, masih banyak unit dan strategi lain dalam Clan Royal Paladin, Kagero, dan Oracle Think Tank yang menarik, serta kalau kamu mau memaksakan pun, kami sudah memberikan beberapa tips untuk membuat mereka tetap kompetitif!

Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More