Senin, 10 September 2012

Florsheim Info : Iqbal's Indonesian World Championship Qualifier Report

Berhubung ternyata ada beberapa yang mendukung dibuatnya Tourney Report, gue coba membujuk Iqbal sang Top 4 Finisher IWCQ kemarin dan ternyata dia bersedia membuat report, bahkan tidak hanya IWCQ Report, ia juga memberikan report turnamen Weiss Schwarz di hari sebelumnya. Mari kita langsung simak saja report Iqbal!

Ceritanya, sebenarnya saya adalah seorang penggemar anime yang sangat ingin menghadiri even Anime Festival Asia Indonesia, yang merangkap sekaligus sebagai cardfighter yang sangat kebetulan sekali mendapatkan Golden Ticket untuk akses langsung menuju top 64 Cardfight Vanguard World Championship Qualifier. Di dalam post ini, saya akan memberikan report keseluruhan even Bushiroad yang saya ikuti.

Setelah mendapatkan Golden Ticket, saya sempat kebingungan untuk mencari pinjaman deck English, dan terima kasih kepada seorang teman saya, Praditya Sullivan, yang bersedia meminjamkan decknya, Gold Paladin - Spectral Duke, kepada saya.

DAY ONE

Even pertama yang saya ikuti adalah Weiss Schwarz Tournament, yang hanya bisa diikuti oleh maksimal 64 peserta, dan menggunakan sistem single elimination. Kali ini saya menggunakan deck Angel Beats!

1st round (64 peserta), vs Ian Vito (Bakemonogatari)


Hei, ini pasti konspirasi, ronde pertama sudah harus saling bertarung dengan teman dari kota sendiri (Surabaya)... Kami saling bertukar damage dan resource secara konstan, dan di tengah permainan, game pace mendadak jadi lambat karena interupsi reporter media. Dan ketika saya berada di kondisi level 3 - clock 3 dan Vito berada di level 3 - clock 4, Vito membayar 2 stock untuk play Suruga Kanbaru (come-in-play heal effect), sebelum Kanbaru sempat menyentuh arena, judge menyatakan time up.
RESULT: WIN, dengan perasaan nggak enak hati.

2nd round (32 peserta), vs Gerry (Milky Holmes)


Ya, kebetulan lawan saya bercerita bahwa ia adalah korban menang time up. Game berjalan dengan konstan, sampai akhirnya saya mulai kehabisan resource di level 2. (NB: Milky Holmes adalah salah satu deck yang sangat konsisten)
RESULT: LOSE, congrats to Gerry yang udah menangin even ini :D

Even berikutnya adalah Cardfight Vanguard 3-on-3 Team Tournament, walaupun akhirnya malah nggak ikut karena merasa nggak nyaman dengan kondisi venue AFA yang terlalu padat, dan kebetulan juga sudah sangat kelaparan...

DAY TWO

Yak, even utama telah tiba. Saya datang sedikit terburu-buru karena antre autograph angela... Dan registrasi pun selesai dilakukan, dengan nomor 48.

1st round, vs Ancel (Pale Moon)


Lagi-lagi, mendapatkan match up dengan teman dari Surabaya. Ancel sempat misgrade grade 3, dan kemudian menang cukup mudah. Sedikit surprise, dia sempat soul charge Stil Vampire...
RESULT: WIN

2nd round, vs Tedi Thera Wijaya (Kagero)


Early game sama-sama berjalan mulus, namun begitu dia sampai di grade 3, vanguardnya, Dragonic Overlord, tidak diboost sama sekali selama beberapa turn, sehingga mudah untuk mengguard serangannya. Sempat beberapa kali backrow saya diledakkan oleh Kimnara, namun ada banyak replacement untuk boost.
RESULT: WIN

3rd round, vs Adriel (OTT Tsukuyomi)


Early game cukup lucu, kami sama-sama nggak dapat grade 1. Middle game agak lupa, dan diakhiri oleh finishing double critical trigger.
RESULT: WIN

4th round, vs Andre Kurniawan (GP Ezel)


Lawan dapat critical trigger berkali-kali dan hand tidak ada shield 10000 atau null sama sekali... Namun skor 3-0 di 3rd round sudah cukup untuk menuju top 8.
RESULT: LOSE

Kemudian acara bergulir menuju top 8.

Top 8, vs Juan (RP Galahad)


Astaga, harus melawan sesama Surabaya lagi. Game berjalan dengan kami sama-sama perfect chain ride. Sempat saya trigger critical dengan damage lawan 4, dia berhasil mendapatkan heal trigger di damage ke-6. Dan setelah itu Juan kehabisan shield di damage 5.
RESULT: WIN

Top 4, vs Randy Perdana (GP Spectral)


Mirror match pertama, kami sama-sama perfect chain ride (kalau nggak salah ingat), game berjalan cukup lama. Sampai berada di titik krusial, saya mengaktifkan efek Limit Break Spectral Duke Dragon (sepertinya yang pertama kalinya untuk di WCQ ini), dan lupa melakukan drive check setelah Spectral Duke stand, sementara judge menyatakan tidak boleh mengulangi drive check... "oTL
Namun, meskipun nggak kelupaan, 3 top deck saya semuanya shield 5000, dan saya memang berencana selalu bilang "satu trigger tembus" untuk setiap serangan Spectral Duke lawan, dan dia reveal critical trigger.
RESULT: LOSE

Yah, saya memang khilaf karena lupa drive check, akibat dari kelelahan (kurang istirahat) dan kelaparan (karena makanan di venue AFA mahal semua). Sedikit saran, ketika mengikuti turnamen berskala besar, jangan lupakan untuk makan teratur dan istirahat cukup, karena akan sangat berpengaruh kepada stamina, yang juga mempengaruhi decision dalam memainkan kartu. Overall, nice event, untuk even card gaming berskala nasional saya, sudah cukup memuaskan.

Terima kasih bagi semuanya yang telah membantu saya. :D
Iqbal Dwapprox

PS. Bagi yang penasaran decklist Iqbal, berikut ditulis ulang di bawah, diambil dari situs official Cardfight Vanguard bagian Deck Recipe untuk Indonesian WCQ: http://cf-vanguard.com/en/cardlist/deckrecipe/WC2012_Indonesia.



Grade 0
1 Black Dragon Whelp, Vortimer
4 Silent Punisher
4 Weapons Dealer, Gwydion
4 Elixir Sommelier
4 Flame of Victory

Grade 1
4 Scout of Darkness, Vortimer
2 Blade Feather Valkyrie
2 Knight of Elegant Skills, Gareth
3 Halo Shield, Mark
2 Player of the Holy Axe, Nimue
2 Sleygal Dagger

Grade 2
3 Player of the Holy Bow, Viviane
4 Black Dragon Knight, Vortimer
4 Flash Edge Valkyrie

Grade 3
2 Great Silver Wolf, Garmore
3 Spectral Duke Dragon
2 Gigantech Destroyer

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More