Jumat, 10 Agustus 2012

Florsheim Card of the Week : Great Nature's Hamsuke Brothers


"Ian Vito merupakan salah satu Cardfighter Surabaya yang memiliki passion besar terhadap Cardfight Vanguard. Ia akan sering berkontribusi di blog Florsheim Vanguard dengan inspirasi-inspirasinya, terutama untuk rubrik Card of the Week. Silakan disimak! Jangan lupa beri komentar ya~"

Great Nature adalah salah satu clan yang cukup lama dikenal di dunia Vanguard. Meski begitu, kemunculan awalnya di Booster Set 2 yang hanya beberapa kartu membuatnya tidak dapat dimainkan secara optimal, tapi sekarang dengan munculnya Booster Set 7 yang terfokus pada clan ini membuat deck ini menjadi salah satu deck kuat yang ada dalam Vanguard.

Adapun beberapa kartu yang akan dibahas kali ini memiliki skill yang cukup unik yang memang difokuskan dalam memaksimalkan kemampuan Clan ini. Berikut beberapa kartu tersebut:


Name: Pencil Squire, Hamsuke
Grade: 1 (Boost)
Power: 6000
Critical: 1
Shield: 5000
Nation: Zoo
Clan: Great Nature
Race: High Beast
Skill: [Auto]: [Counterblast: (1)] During your End Phase, when this is placed from (R) to Drop Zone, and you have a ::Great Nature:: Vanguard, you may pay the cost. If so, search your Library for up to 1 "Pencil Squire, Hamsuke", reveal it, and put it in your hand. Shuffle your Deck.

Kelebihan:
Skillnya bisa dipake thinning deck dan menambah size hand.
Kartu yang di-add ke hand bisa dipakai untuk guard ato di-call di putaran berikutnya.
Selain bisa dipakai boost kartu ini juga bisa dipakai untuk menyerang.
Kombinasi dengan kartu Great Nature yang kebanyakan menambah power kartu ini tidak jelek jika dipakai menyerang.

Kekurangan:
Powernya rata-rata.
Jika dipake menyerang dan kombo tidak jalan, bisa membuat kartu ini stuck di front row.
Jelek jika terdraw terlalu banyak selain lewat skillnya.


Name: Pencil Knight, Hamsuke
Grade: 2 (Intercept)
Power: 8000
Critical: 1
Shield: 5000
Nation: Zoo
Clan: Great Nature
Race: High Beast
Skill: [Auto]: [Counterblast: (1)] During your End Phase, when this is  placed from (R) to Drop Zone, and you have a ::Great Nature:: Vanguard, you may pay the cost. If so, search your Library for up to 1 "Pencil Knight, Hamsuke", reveal it, and put it in your hand. Shuffle your Deck.

Kelebihan:
Skill thinning deck dan plus hand.
Jika skill tidak jalan masih bisa digunakan sebagai Intercept.
Kartu yang di-add ke hand bisa dipakai untuk guard ato di-call di putaran berikutnya.

Kekurangan:
Power rata-rata.
Jelek jika terdraw terlalu banyak selain lewat skillnya.


Name: Pencil Hero, Hamsuke
Grade: 3 (Twin Drive)
Power: 10000
Critical: 1
Shield: -
Nation: Zoo
Clan: Great Nature
Race: High Beast
Skill: [Auto]: [Counterblast: (1)] During your End Phase, when this is placed from (R) to Drop Zone, and you have a ::Great Nature:: Vanguard, you may pay the cost. If so, search your Library for up to 1 "Pencil Hero, Hamsuke", reveal it, and put it in your hand. Shuffle your Deck.

Kelebihan:
Skill thinning deck dan menambah hand.
Attack standard.

Kekurangan:
Grade 3 yang notabene jago di Rear-Guard tapi tidak memiliki skill yang mendukung saat menjadi Vanguard.
Meski dengan skillnya bisa di-add ke hand, kartu ini tidak memilki nilai Shield.
Stuck di arena jika skill tidak jalan.
Jelek jika terdraw terlalu banyak selain lewat skillnya.

Dari kesimpulan di atas, ketiga kartu tersebut memiliki skill yang sama meski begitu karena perbedaan Grade dan kemampuan dari setiap Grade berbeda, ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tips

Adapun tips yang akan saya berikan adalah sebagai berikut:
  1. Untuk dapat mengaktifkan skillnya kita bisa gunakan kartu seperti Intelli-mouse, Scientist Monkey Rue, Flask Marmoset, Tank Mouse, Hunter of the Academy, Leopard, Binocular & Monocular Tiger. Dengan skillnya yang notabene memberikan power +4k ke kartu Great Nature di arena dan memiliki drawback harus me-retire kartu yang ditarget, tapi justru dengan skill ini dapat mentrigger skill Hamsuke. Selain itu, skill dari kartu-kartu diatas bersifat stackable jadi kamu bisa memfokuskan ke satu hamsuke jika bertujuan mengirit Counterblast atau kartu yang ter-retire di arenamu.
  2. Kombinasikan dengan kartu seperti Protector of Law Rocks, Bearer of Knowledge Rocks dengan skillnya yang apabila Hamsuke ter-retire selain dapat menge-add kartu ke hand juga mendapat tambahan extra draw.
  3. Untuk menghemat Counterblast juga bisa di kombinasikan dengan Tic Tac Flamingo dengan menarget Hamsuke pada saat dia datang. Jika skill Hamsuke jalan, setara dengan mengaktifkan skill Hamsuke tanpa Counterblast.
  4. Ingin memperkokoh field, gunakan Hunter of the Academy, Leopard dengan Limit Breaknya dapat menghidupkan kembali Hamsuke yang ter-retire ke arena kembali.
  5. Jangan takut jika anda memiliki G1 berlebih, terutama Hamsuke di tangan, Call kartu ini untuk menyerang meski tak bisa dipakai Intercept. Pada saat end jika kartu ini masuk Drop Zone karena skilll yang lain, kamu masih bisa membuat hand terisi lagi dengan skillnya.
  6. Grade 3 memiliki Power yang cukup sebagai attacker. Meski begitu walaupun skillnya jalan, kurang efektif apabila berada di hand. Meminimalisir grade 3 dari Deck ini adalah tindakan bagus. Kombinasikan dengan Perfect Guard untuk mendapatkan nilai plus dari skill ini.
  7. Karena skillnya yang memberi Power besar, membawa Stand Trigger bukanlah pilihan yang buruk.

Sampai jumpa di lain kesempatan :3
Ian Vito

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More