Jumat, 13 Juli 2012

Florsheim Tips : Cross-Clan Tech Cards



"Iqbal Dwapprox merupakan salah satu Cardfighter yang memiliki banyak pengalaman bermain Trading Card Game. Meski ia memiliki kemampuan untuk kompetitif, namun ia lebih suka bermain dalam ranah kasual. Berikut artikel darinya yang akan membahas mengenai penggunaan kartu dengan Clan yang berbeda dari mayoritas Clan di Deck"

Oke, di posting kontribusi ini saya akan bahas tentang Cross-Clan Tech Card.

"Mas, apa itu tech card? Kartu berteknologi kah? Foil kah?"

Bukan, gak ada hubungannya sama rarity kok. Tech card adalah kartu yang bersifat umum (dalam bahasa TCG: staple) yang dapat membantu performa suatu deck kalau dipake dengan tepat. Untuk Cardfight!! Vanguard, tentu semuanya tau dong kalo ada kartu dari clan lain dimasukkan ke dalam clan tertentu bakalan gak nyambung sama decknya... Oh, pengecualian untuk Majesty Lord Blaster, dia butuh Blaster Dark (Shadow Paladin) di Royal Paladin, atau sebaliknya, Blaster Blade (Royal Paladin) di Shaow Paladin.

"Ooh, jadi Majesty Lord Blaster itu cross-clan tech ya?"

Bukan, itu persyaratan buat aktivasi skill aja. Kita langsung ke contoh aja deh.


Name: Wyvern Strike, Tejas
Unit: Normal Unit
Grade / Skill: Grade 2 /   Intercept
Power: 8000
Critical: ★1
Shield: 5000
Nation:   Dragon Empire
Clan: Kagerō
Race: Winged Dragon
Trigger: none
Card Effect: CONT【V/R】: If this unit would attack, it may instead attack an opponent's unit in the back row of the same column as this unit.

Ya, gak salah lihat kok. Untuk menggunakan skillnya, gak perlu vanguard dari clan Kagero, sehinnga kartu ini bisa dipakai di deck apapun. Bisa nyerang backrow pula!

"Nyerang backrow? Ngapain, kan mending serang vanguard..."

Ada kalanya kita gak perlu serang vanguard, semisal ketika lawan punya rear guard yang mampu mencapai power line 20000 (cth: Battle Sister, Souffle, Pulse Wave, Adriel, yang diboost oleh 8000), kita cukup serang belakang karena kebanyakan lawan sudah menghabiskan boost 8000 untuk yang lain, sehingga power line akan rusak dan meng-guard jadi lebih gampang. Kasus lain adalah menyerang starter yang menjadi pijakan dalam play (cth: Crimson Lion Cub, Kyrph, Lizard Soldier, Conroe) atau boost vital lainnya (cth: Commander Laurel). Setelah tugasnya dirasa sudah selesai, cukup gunakan Tejas sebagai intercept, lalu turunkan unit berpower besar untuk menyerang. Dapat digunakan di deck apapun!

Lalu, mari kita sambut para entertainer kita, Crimson Beast Tamer dan Turquoise Beast Tamer!


Name Crimson Beast Tamer
Unit Normal Unit
Grade / Skill Grade 2 /  Intercept
Power 8000
Critical ★1
Shield 5000
Nation  Dark-Zone
Clan Pale Moon
Race Elf
Trigger none
Card Effect: CONT【V/R】: During your turn, if you have「Crimson Beast Tamer」 in your Soul, this Unit gains +3000 Power.


Name Turquoise Beast Tamer
Unit Normal Unit
Grade / Skill Grade 1 /  Boost
Power 6000
Critical ★1
Shield 5000
Nation  Dark-Zone
Clan Pale Moon
Race Elf
Trigger none
Card Effect: CONT【V/R】: During your turn, if you have「Crimson Beast Tamer」 in your Soul, this Unit gains +3000 Power.

"Ih waw, jago juga tuh gak pake persyaratan clan. Tapi kok kayaknya susah ya? Masa harus ride Crimson Beast Tamer dulu?"

Buat apa susah-susah? Gunakan dua sekawan ini di deck yang mengandalkan soulcharge seperti clan Dark Irregulars, deck Tsukuyomi (gunakan skill Tsukuyomi grade 3 untuk memasukkan Crimson Beast Tamer dari hand). Dengan memainkan mereka, power line minimal 18000 pun mudah tercapai, cukup untuk membuat lawan membuang shield 10000 jika vanguard lawan adalah Dragonic Overlord The End atau Phantom Blaster Overlord. Kalo kamu cukup hoki, Crimson Beast Tamer yang diboost Turquoise Beast Tamer mampu membuat power line 20000.

Ah, mumpung bahasannya soulcharge, yang akan saya bahas berikutnya juga menganut cross-clan.


Name Stil Vampir
Unit Normal Unit
Grade / Skill Grade 3 /  Twin Drive!!
Power 10000
Critical ★1
Nation  Dark-Zone
Clan Dark Irregulars
Race Vampire
Trigger none
Card Effect:
AUTO【V】: At the beginning of your main phase, Soul Charge (1), and this unit gets Power +2000 until end of turn.
ACT【V/R】: [Soul Blast (8) & Counter Blast (5)] Choose 1 of your opponent's rear-guards, and put that unit on your opponent's Vanguard Circle, and at the beginning of the end phase of that turn, your opponent chooses a card from his or her soul, and rides it.

Unit seperti contoh di atas mempunyai skill yang disebut dengan Megablast, yaitu soulcharge di setiap awal main phase, dilanjutkan mendapatkan efek tertentu, dan soul blast 8 diserta counter blast 5 untuk memakai skillnya. Kerennya, kebanyakan unit berskill Megablast tidak perlu persyaratan clan tertentu. Dan juga, unit yang berskill sejenis dapat digunakan untuk merah power line 20000 jika diboost oleh 8000 (atau malah 22000 jika menggunakan CEO Amaterasu). Jika deckmu low budget, mungkin dapat mempertimbangkan kartu sejenis dengan rarity R, contohnya Demon Eater atau Unite Attacker.

"Wah, sip banget. Bisa bikin deck dari kobokan kartu nih. Ada contoh cross-clan tech lagi gak?"

Ada dong... Silakan disimak~


Name Highspeed, Brakki
Unit Normal Unit
Grade / Skill Grade 2 /  Intercept
Power 9000
Critical ★1
Shield 5000
Nation  Dark-Zone
Clan Spike Brothers
Race Warbeast
Trigger none
Card Effect: [AUTO](RC): [Soul-Blast 1] When this unit attacks, you may pay the cost. If you do, this unit gets [Power] +5000 until end of that battle, and at the beginning of the close step of that battle, return this unit to your deck, and shuffle your deck.

Salah satu powerhouse attacker yang bisa dimasukkan ke semua deck! Biasanya clan yang 'meminjam' Brakki adalah Oracle Think Tank yang berpusat pada Scarlet Witch, CoCo, karena mengandalkan soul kosong untuk aktivasi skillnya.

Yak, sekian posting saya mengenai cross-clan tech~

Sampai jumpa di lain waktu~
Dwapprox

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More