Jumat, 06 Juli 2012

Florsheim Card of the Week : Granblue's Hades Steersman and Samurai Spirit




"Ian Vito merupakan salah satu Cardfighter Surabaya yang memiliki passion besar terhadap Cardfight Vanguard. Ia akan sering berkontribusi di blog Florsheim Vanguard dengan inspirasi-inspirasinya, terutama untuk rubrik Card of the Week. Silakan disimak! Jangan lupa beri komentar ya~"

Akhir-akhir karena sering lihat para Cardfighter maen Granblue, jadi yang terbesit jadilah beberapa kartu dari Clan ini sebagai Card of the Week minggu ini. Granblue dalam Vanguard bisa dibilang memiliki gameplay yang unik karena gaya permainanannya yang membuat Drop Zone sebagai Deck ke dua setelah Main Deck dan memiliki kelebihan dalam menghidupkan kembali kartu-kartu dari Drop Zone ke field.


Berikut penjelasan lebih dalam beberapa kartu Granblue yang terpilih minggu ini, cekidot :


Name: Hades Steersman
Grade: 0 / boost
Power: 3000
Critical: 1
Shield: 10000
Nation: Megalanica
Clan: Granblue
Race: Ghost
Code: BT 06/076 C Skill :
[A] [Drop Zone]: When your Grade 3 ::Granblue:: is placed to (V), you may Call this to the (R) in the same column as that unit.

Adapun kelebihan dan kekurangan bisa dilihat berikut ini

Pros:
- Bisa di Superior Call
- Grade 0 Shield 10k yang cocok dibuat guard, notabene bakal masuk Drop Zone

Cons:
- Power kecil
- Skill kondisional, memiliki kebutuhan Turn & Deck Composition (dijelaskan di bagian tips)
- Harus masuk Drop Zone di awal game
- Pas ride Grade 3, belakangnya harus kosong untuk mengaktifkan skillnya

Hidup susah mati tak mau, ya inilah yang pertama terbesit saat melihat kelebihan dan kekurangan kartu ini. Dilihat dari kesimpulan diatas kartu ini memang tidak terlalu bagus mengingat kekurangannya lebih banyak daripada kelebihannya meski begitu jika digunakan secara tepat bakal menjadi kartu yang cukup bagus sambil kita lihat tips dibawah ini.

Tips:

- Memasukkan kartu ini ke Drop Zone di awal lumayan susah. Cara paling masuk akal ialah Draw atau Drive Check sebelum naik ke Grade 3 dan membuatnya sebagai Shield meski begitu ada cara lain seperti skill Ruin Shade yang membuang 2 teratas Top Deck untuk menaikkan Power dan chancenya kecil untuk kebuang.

- Cara paling mudah dengan skill Captain Nightkid dengan skill melihat 10 Top Deck untuk dibuang 1 ke Drop Zone atau Chappy yang bisa membuang satu kartu di deck ke drop zone bila dibuat guard. Tetapi relakah Anda membuang 1 trigger di deck demi menjalankan skillnya? Keputusan akhir ada ditangan pemain.


- Skill kondisional dilihat dari turn. Pada saat kita mendapat giliran pertama kita tidak bisa menyerang tapi sebagai gantinya di giliran kita, kita memiliki Vanguard yang levelnya lebih tinggi dari musuh (asal ga telat naik grade), yang notabene Powernya lebih tinggi dari lawan jadi bisa memukul lawan tanpa perlu bantuan Boosting. Hal ini memungkinkan belakang Vanguard Circle kosong sampe saat Hades datang ke arena. Jikalau mendapat giliran kedua saat Grade 1 bisa memakai booster dari skill Starting Vanguard yang bisa mundur ke Rear-Guard dan rata-rata skillnya dapat pergi dari Rear-Guard seperti Captain Nightkid yang nantinya masuk soul. Bagaimana dengan saat Grade 2 bisa dilihat di tips berikut.

- Komposisi deck. Kartu ini adalah stand trigger jadi memasukkan kartu-kartu dengan Power vanilla atau besar tidaklah buruk, terutama saat Grade 2, untuk bisa menjalankan skillnya di usahakan saat Grade 2 belakang Vanguard Circle kosong. Cara paling bagus agar bisa menghajar kartu lawan adalah dengan mengeride Vanguard sejenis vanilla atau yang bisa mem-Power Up diri sendiri, atau Vanguard seperti Ruin Shade atau mengecall Ripple Banshee untuk mem-Power Up Vanguard.

- Dari segi power memang kecil, tapi untuk beberapa hal bisa membantu di awal semisal lawanmu memiliki kartu dengan power 11k dan kurangnya Grade 1 ditangan. Jika kamu mengeride Vanguard ber-Power 10k, kartu ini jadi pembuka yang cukup bagus.

- Masih merasa jelek dengan powernya? Tenang saja, banyak kartu dalam Granblue yang memiliki kemampuan menukar kartu di Drop Zone dengan arena. Kartu ini menjadi kartu gratis yang dapat ditukar dengan kartu di Drop Zone. Contoh: Deadly Nightmare, atau Samurai Spirit yang akan saya jelaskan di bawah ini.


Name: Samurai Spirit
Grade: 1 / boost
Power: 7000
Critical: 1
Shield: 5000
Nation: Megalanica
Clan: Granblue
Race: Ghost
Code: BT 02/050 C
Skill:
[S] [Drop Zone]: [Counterblast: (1), choose and Retire 1 of your  ::Granblue:: Rearguards] If you have a ::Granblue:: Vanguard, Call this  to an (R).

Untuk kelebihan dan kekurangan bisa dilihat berikut ini:

Pros:
- Dapat menukar kartu di field yang dirasa jelek dengan kartu ini
- Mengubah posisi kartu di field
- Power standar 7k cukup bagus untuk menyerang atau boost
- Salah satu part Superior Ride

Cons:
- Harus masuk Drop Zone terlebih dahulu

Adapun cara penggunaannya bisa diliat di bagian tips, berikut tips penggunaan kartu ini:

Tips

- Untuk membuang kartu ini caranya tidak beda jauh dengan Hades yang dijelaskan diatas dan pastinya kalo kartu ini yang kebuang kebanyakan pasti pada ikhlas :3

- Yup! Menukar kartu yang skillnya sudah kadaluarsa. Grade 3 yang dirasa terlalu banyak, atau menukar kartu dengan power kecil untuk ditukar dengan kartu ini, seperti Dancing Cutlass atau Nagramaro. Kelebihan kartu ini ialah dapat menukar segala jenis kartu dari Grade brapapun menukarnya dengan Hades Steersman atau Draw Trigger bukanlah pilihan yang buruk.

- Mengubah posisi kartu di arena. Semisal kita memiliki kartu sejenis Captain Nightstorm yang memiliki skill attacknya naik 2k apabila menyerang Vanguard di saat lawan memiliki Vanguard dengan attack 10k tapi di belakang Nightstorm terdapat booster random dengan power <8k. Di saat yang sama anda memiliki Grade 1 8k ditangan. Dengan skill Samurai Spirit kamu bisa meretire booster random tersebut dan memanggil samurai spirit ke Rear-Guard Circle lain yang kosong, kemudian mengecall Grade 1 8k ke belakang Nightstorm menghasilkan serangan sebesar 20k. Nice move!

- Mengeride kartu ini ke Vanguard juga tindakan yang tidak terlalu buruk karena beberapa kartu di Granblue dapat melakukan Soulblasting yang dapat membuang kartu di Soul ke kuburan dan dari sini kartu Samurai Spirit yang ke-ride nantinya bakal di-ride lagi oleh kartu dengan Grade lebih tinggi menjadikan dia sebagai Soul yang siap dimasukkan ke Drop Zone untuk bisa menjalankan skillnya!


- Kartu ini juga adalah bahan Superior Ride dari Spirit Exceed. Skillnya mempermudah kartu ini untuk berada di arena. Selain itu dengan kemampuan Exceed yang memasukkan kartu ini ke Soul dapat dikombinasikan dengan beberapa kartu Soulblast seperti saudaranya Deadly Nightmare atau Dancing Cutlass membuat dia kembali berada di Drop Zone dan siap mengatur ulang field anda.

Kesimpulan:
Dua kartu diatas merupakan beberapa kartu dari Granblue yang bisa dibilang belum ada Clan lain yang menyamai kemampuan tersebut, meski dalam prakteknya penggunaan Hades Steersman termasuk yang susah dengan hasil akhir yang kurang optimal. Akan tetapi dengan kombinasi-kombinasi yang ada di Granblue, salah satunya Samurai Spirit, dapat mengubah fieldmu menjadi lebih konsisten.


Sampai jumpa di lain kesempatan :3
Ian Vito

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More