Minggu, 31 Januari 2016

Deck Profile: Angel Feather Nociel

Alo guys, sudah 4 bulan lamanya blog ini ga pernah update artikel. Setelah menjalani masa-masa hibernasi, kali ini saya akan membahas tentang salah satu build deck yang bisa dibuat dari set G-FC2015 Winter, yaitu Nociel. Deck ini cukup menyenangkan untuk dimainkan dan playstylenya ga cepat membuat bosan. Jago ga nih? Hmm... sejujurnya saya sendiri belum pernah juara turnamen di hobbies shop pake deck ini (kalau menang maen casual sih sering :p). Mungkin di tempat lain ada kali ya yang pernah nyobain dan juara. Anyway, langsung saja ke pembahasan intinya.

Decklist yang saya gunakan seperti ini:

G4:
2x Holy Seraph, Nociel
2x Holy Seraph, Raphael
2x Holy Seraph Uriel
1x Snow Element, Blizza
1x Holy Seraph, Raziel

G3:
4x Love Sniper, Nociel
4x Black Shiver, Gavrail

G2:
4x Nurse of Broken Heart
3x Black Slice, Harut
2x Million Ray Pegasus
2x Love Machine Gun, Nociel

G1:
4x Adamantine Celestial, Aniel
4x Thousand Ray Pegasus
3x Black Call, Nakir
3x Battle Cupid, Nociel

G0:
4x Hot Shot Celestial, Samyaza
4x Critical Hit Angel
4x Sunny Smile Angel
4x Doctroid Lefros
1x Black Candle Azrael


How to Ride
Weleh, mau ngeride aja ada petunjuknya. Ya... iya sih, biar mengoptimalkan kondisi hand saat G3 nanti. Sebisa mungkin saat G1 ride Pegasus>Nakir/BC>PG biar ga gampang dirush (itu maksudnya misal ada Pegasus dan Nakir di hand, yang diride Pegasusnya). Keputusan ngeride Nakir/BC tergantung kondisi hand, sesuaikan saja karena terkadang lebih baik ride Nakir, kadang juga lebih baik ride BC. Pembahasan lebih baik ngeride mana bakal panjang, jadi lebih baik biasakan main deck ini dulu nanti juga tau sendiri.

Saat mau ride G2, sebisa mungkin ride Pegasus>Broken Heart>Harut>LMG. Kenapa prefer ride Broken Heart ketimbang Harut? Karena Harut cuman bawa 3, Broken Heart bawa 4 dan ada back up Pegasus G1/G2. Nantinya Harut bakal jadi main engine saat stride Nociel G4. Tapi ya... tergantung juga sih kalau ada Harut di damage zone mending ride Harut, toh nanti bisa diambil. Diatur sendiri saja nanti gimana kondisi hand dan damage zone.

Saat ride phase G3... standar lah ya ride Nociel. Kenapa ga ride Gavrail aja? Karena namanya deck build Nociel, bukan build Gavrail >,<


Call Love Machie Gun saat G2?
Tergantung dapat first turn atau second turn?
Tergantung hand, nanti saat G3 bisa ride Nociel atau terpaksa ride Gavrail?
Intinya mah, pas ride Love Sniper, gimana caranya bisa masukin "any Nociel" ke damage zone buat aktifin skill pertama-nya. Kalau dapatnya first turn, kan gabisa stride tuh? Call LMG, masukin Nociel ke damage zone buat aktifin skill pertama Love Sniper. Kalau dapat second turn, kan langsung stride tuh? Kalau mau pake kombo yang tadi kan gabisa karena VG-nya udah G4. Jadi ya... balik lagi, diatur sendiri saja.


Kapan Memakai Skill Sunny Smile Angel?
Seriously, jangan pernah memakai skill Sunny Smile kecuali dalam keadaan benar-benar terpaksa. Kenapa? Karena itu ngeminus shield 10k. Kehilangan shield 10k demi menambah chance heal yang ga signifikan itu ga worthed. Mending dipake buat guard unit-unit yang berguna, Harut misalnya. Kalaupun mau ngembaliin ke deck, mending pake Doctroid Lefros. Terus, apa saja kondisi darurat yang menyebabkan kita harus menggunakan skill Sunny Smile?
1. Ga ada booster lain buat ngeboost Harut. Daripada skillnya ga aktif kan?
2. Lawan Kagero (atau bisa juga Narukami, GC) yang siap stride Root Flare. Daripada masuk drop zone, mending kabur ke deck.
3. RG kita ada LMG 8k. Daripada ga nyerang sama sekali, mending diboost Sunny Smile. Ngeminus dong? Gapapa, lawan keluar shield 5k atau kehilangan salah satu RG.
4. Pas pake skill Harut, cek 2, taruh salah satu ke damage zone, mau manggil butuh G1 buat ngeboost, tapi ga ada. Masak iya mau panggil G2/G3? Daripada call trigger vanilla (next turn toh bakal ditimpa juga), mending call Sunny Smile.
5. dll


Stride Pertama, Nociel atau Uriel?
Asumsi berhasil ride Love Sniper ya... tergantung kondisi hand/field. Ini deck cuman bawa 2 Nociel G4, jadi harus dimaksimalkan penggunaannya. Kalau udah siap ya stride Nociel, kalau belum ya stride Uriel. Terus gimana caranya tau kalau udah siap? Siapnya itu kalau sudah bisa melakukan combo menggunakan Nociel G4. Nanti di bawah akan dijelaskan sebagian kombonya.

Sediakan 1 Love Sniper dan 1 Nociel Apapun di Hand
Buat reride>taruh Nociel>ambil apapun>aktifkan skill Love Sniper>ambil lagi Nociel yang tadi ditaruh>nambah 2 counter di Pegasus/Broken Heart. Kalau mau stride pake Gavrail/Nakir, kecuali gada cost stride lain boleh lah pake Love Sniper.


Masih Perlukah Reride Gavrail di atas Love Sniper?
Perlu, terutama kalau Nociel G4 di G-zone sudah habis atau sebelum stride Raziel. Skill GB2 Gavrail juga jago kalau deck sudah tipis sehingga tidak memungkinkan untuk stride (kalau stride bakal cepet deckout), dengan catatan, di hand ada cukup unit yang bisa swap damage.


Combo 01: Harut-Broken Heart
Fieldnya ga harus seperti ini. Ini hanya contoh field yang optimal saja. Broken Heart bisa diganti Pegasus G1/G2. Yang penting ada 1 Harut, 1 Broken/Pegasus, dan 1 booster. Lebih bagus kalau ada 2 RC kosong, biar bisa pake skill Harut 2x. Kalaupun udah ada isinya sebenernya gapapa, cuman sayang aja kan kalau ditimpa.

Jadi, pertama, pump counter ke Broken Heart/Pegasus terlebih dahulu memakai reride Nociel atau Lefros (opsional sih, ga nge-pump gapapa). Harut nyerang, pake efekya buat call booster VG. CB buat Harut kalau bisa unit yang nantinya bakal di-call pake skill Nociel G4, karena skillnya Nociel G4 bisa call unit yang face down. Biar hemat CB sih intinya. VG nyerang, triple drive check. Kalau salah satunya ada stand trigger, stand Pegasus di belakang Harut, swap Harut dan booster VG. Kalau ga ada stand, swap Harut dan boosternya. Harut nyerang lagi, diboost, pake skill buat call booster Broken Heart. Profit?


Combo 02: Nociel-Pegasus
Ini lebih simpel dari combo pertama tadi. Intinya cuman meng-abuse skill Nociel G4 yang menambahkan power 5k ke unit Nociel yang dipanggil sambil mem-pump counter ke Pegasus. Kalau yang dipanggil Love Machine Gun, bisa menambah 1 counter lagi ke Pegasus. LMG menyerang terlebih dahulu agar nanti bisa diswap memakai skill Nociel G4. Sama seperti combo pertama tadi, kalau dapat stand trigger, stand Pegasus booster LMG, swap LMG dan unit non-Pegasus di RG sisi satunya. Kalau ga ada stand yaudah, swap LMG dan boosternya. Sayangnya, combo ini butuh RG lebih banyak dibanding Harut-Broken Heart yang hanya butuh 3 unit untuk memaksimalkannya.

Mungkin masih banyak lagi permainan swap damage yang bisa dilakukan di deck ini, namun tidak bisa saya sebutkan semuanya. Somehow saya jadi males ngelanjutin soalnya, haha... Cari sendiri aja lah ya... terus bisa saling share. Dah, gitu aja, terima kasih yang udah nyempetin baca.


Salam,

Messiah

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More