Selasa, 15 September 2015

Bushiroad World Championship 2015 Vanguard ENG Tournament Report

Still with the same pointless thing I have done last year, let's do this year's WGP Tournament Report!

Gue nggak akan banyak cerita soal acaranya sendiri, berhubung pengalaman gue WGP kemarin rada bland, hambar. Playmat ga dapet, summer set cuma kebeli dua. Paling yang seru cuma drama-drama kocak terkait pelaksanaan turnamen sama kepandaian para judge yang bekerja, oh dan skandal di top 4 -sayang gue sudah pulang sewaktu itu kejadian.


Untuk main, kriteria deck yang mau gue pakai ada tiga. Pertama, bisa ngerush di Grade 2, berarti harus ada mekanisme buat nambah unit. Kedua, harus aman dari gradelock-sengaja, artinya gue mesti minimalisir kartu yang punya syarat vanguard harus legion atau GB1. Ketiga, gue mesti punya decknya. Ya iya lah ya.

Yang masuk kriteria ini ada tiga deck. Pertama, deck Jewel Knight ber-Legion. Kedua, deck Bluish Flame. Ketiga, deck Silver Thorn. Awalnya pilihan pertama gue adalah Silver Thorn, karena dia bisa ngerush pakai Ana atau Maricica di Grade 2, dan dia dilengkapi oleh Crossride instan yang akan melindungi dari banyak jenis power line.

Hanya saja, decknya tiba-tiba laku H-1. Ini menyalahi syarat ketiga, dan membuat gue tinggal punya dua pilihan. Bluish atau Jewel Knight. Karena gue bingung, gue bawa saja semuanya. Nah begitu sampai di lokasi, gue baru teringat bahwa gue lupa bawa Saint Blow gue. Ini super faktap berhubung kita semua tahu Swordmy > Aglovale dan Saint Blow > any GoldPal stride. Gue pun terjebak di Bluish Flame,

Game 1 - Genesis Witch




Mungkin lu merasa, anjir ini mah match up gampang. Disentil juga beres. Ya, sama lah sama pemikiran awal gue. Akan tetapi ternyata nggak segampang itu, gue sempat terdesak cuy. Kalau saja dia awalannya Fennel dan bukan Mint, gue rasa gue bakal kalah advantage somehow. Untung saja bisa dibereskan pakai efek Glare, yang di mana dia kurang siap sepertinya.

Game 2 - Narukami Dragonic Kaiser Crimson



Yang ini gue ngga terlalu berkesan berhubung trigger gue lagi keren banget. Gue rush di Grade 2 dan dia pun klepek-klepek ngga lama setelahnya. Satu yang masih gue ingat karena aneh adalah, dia starternya adalah si Lizard Soldier, Saishin. Guido gue ditembak sama dia. Guido gue pun klepek-klepek. Dan mereka berdua pergi dari field barengan. Kawin lari kali.

Game 3 - Dimensional Police Daikaiser-Sin


Berhubung gue takut dimacem-macemin, gue nahan diri nggak naik ke Grade 3 satu turn walau gue main kedua. Alhasil pas gue naik Grade 3 dan Legion buat nge-Glare, dia ngga bisa nahan dan ke damage 6... yang ternyata heal. Dengan kesempatan itu, dia langsung ride Sin Buster, call Laurel, dan nabok gue ga bisa diblok pakai Grade 1 ke atas di saat damage gue 2. One turn kill namanya. Untung barusan gue nyimpen Grade 0 dan gue kerahkan semuanya termasuk interceptor untuk 2 Grade 3 atau Grade 3 + Trigger. Gue selamat dan gue habisi dia next turn.

Game 4 - Great Nature Stride


Begitu sadar itu Great Nature, gue berniat mengulangi strategi Game 3, hanya saja hand berkata lain. Gue ngedraw 3 Grade 3 yang bikin gue terpaksa naik dan Stride kalau masih mau selamat. Dia berhasil guard, lalu gue ditabokin Wisdom Teller over Big Belly ditemani Crayon Tiger. Semua harus diblok kecuali Crayon, kalau ngga gitu drawnya gila. Alhasil gue pun abis bensin dan gege sewaktu lawan turunin Managarmr. Mau maksa nge-Glare pun damagenya masih jauh thanks to heal trigger.

Game 5 - Oracle Think Tank Stride


Gue rush dia di awal, sambil nahan gak naik satu turn. Begitu yakin hand dia minim Grade 0, langsung naik ke Glare dan nge-Glare dua kali di giliran setelahnya. Kayaknya dia ngga tau efek Glare, makanya rada boros Grade 0 di awal.

Game 6 - Megacolony Machining


Dari semua deck, mungkin Bluish Flame adalah bad match up buat Machining. Pertama, Bluish punya kemampuan untuk search Grade 3 via Aglovale sama Critical barunya. Kedua, kalau ada RG yang kestun ya dikorbanin aja untuk efek Glare. Di sini gue sempat hitung damage pas hand dia cuma ada 1-2 Grade 0, dan damage 3. Bersiap nge-Glare dua kali. Eh gue malah misplay dengan ga itung matenya. Satu di damage, satu di soul dan satu di field. Tau gitu gue retire dulu dah tuh mate. Untungnya gue menang, karena dia pun ngga bisa berharap banyak dari ngestun VG gue, ya iya lah, Grade 3 di hand gue bejibun.

Game 7 - Oracle Think Tank LuLu-CoCo


Dia bad hand di awal dan ngga bisa ngestride selain Madew sekali. Meski demikian tabokannya lumayan kenceng critical melulu bikin gue megap-megap. Untungnya hand dia masih tetap busuk sepanjang permainan. Walau gue sempat sekali nge-Glare ga tembus gara-gara dia hand Grade 0 semua.

Game 8 - Nova Grappler Stride


Begitu sadar dia Nova Grappler, gue berniat skip Grade 3 sekali, hanya saja tragedi Game 4 terulang. Gue ngedraw 3 Grade 3 sehingga gue harus naik mau ngga mau. Begitu naik, malah digebukin Vikten Viktor ngabisin hand sambil ngeheal dianya. Gue jadi harus ambil keputusan besar di turn setelahnya berhubung gue merasa ga bisa selamat kalau dia udah stride Viktplasma. Lawan damage 2 dan hand gue tau ada 2 Null dan 2 Grade 3, sedangkan gue cuma bisa nge-Glare dua kali. Gue pun mempertaruhkan semuanya, berharap nemu Aglovale atau Critical nyari Grade 3 tambahan. Eh gak nemu. Ya sudah, pertaruhan terakhir adalah berharap check Critical sebiji. Sayangnya gue check kosongan dan lawan cuma kena sampai damage 5. Gue pun mati turn berikutnya setelah di-Viktplasma.

Setelah capek berharap, dan jalanin 8 game dari pagi, gue pulang saja nggak nonton Top 8. Gue jadi agak menyesal karena jadi gak bisa melihat langsung kasus di Top 4.

Buat yang penasaran decklistnya biasa aja kok.

Decklist


Grade 4
3 Fast Chase Golden Knight, Campbell
2 Golden Dragon, Spearcross Dragon
1 Golden Dragon, Scourge Point Dragon
2 Snow Elemental, Blizza

Grade 3
4 Bluish Flame Liberator, Prominence Glare
4 Bluish Flame Liberator, Percival

Grade 2
4 Liberator, Lawful Trumpeter
4 Oath Liberator, Aglovale
3 Regulation Liberator, Aglovale

Grade 1
4 Light Formation Liberator, Erdre
4 Fast Chase Liberator, Josephus
4 May Rain Liberator, Bruno
2 Physical Force Liberator, Zorron

Grade 0
4 Ascendant Liberator, Barbtruc (Critical)
4 Great Wish Liberator, Esus (Critical)
4 Liberator, Lucky Charmy (Draw)
4 Numinous Tree Liberator, Elchea (Heal)
1 Flaming Passion Liberator, Guido

Kenapa kok ngga ada Prominence Core?
Sebenarnya gue pengen sih. Formasinya jadi 2 Glare - 4 Core - 2 Percival. Hanya saja, ternyata Core gue cuma punya dua... Ya berhubung Core itu pakai empat atau nol, gue terpaksa pilih nol.

Kenapa kok ngga ada Madew?
Karena ketinggalan bareng Saint Blow. Padahal beberapa game akan jadi lebih mudah dimenangkan kalau ada Madew karena gue seringkali ragu nge-Stride gara-gara harus keep Grade 3 di hand buat nge-Glare. (Game 4 dan 8 sih sama aja bohwatnya meski ada Madew)

Kenapa kok starternya Guido?
Karena gue berniat nge-Glare 2-3 kali dalam seturn. Makanya butuh sesuatu buat trigger efeknya.

Kenapa kok ngga pakai Ketchgal?
Stand Trigger sucks di deck ini. Gue maunya pas Glare masuk, gue check Critical. Kayak bagaimana seharusnya di Game 8.

Sisanya same-same lah yaw. Build standar. Yang penting gak jadi drama. Eaaa.


Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More