Senin, 22 Desember 2014

Pakai Gear Chronicle Tapi Bingung Mau Ngestride Apa? Ini Tipsnya!

Hi guys!

Udah lama banget gue ga nulis artikel. Gara-gara lagi sibuk skripsi, akhir-akhir ini jadi ga punya waktu buat nulis. Berhubung sekarang udah mau liburan, akhirnya gue punya kesempatan untuk nulis lagi. Kali ini yang akan gue bahas adalah clan terbaru di GB01, yaitu Gear Chronicle. Gear Chronicle adalah clan yang bertemakan makhluk-makhluk yang terbuat dari mesin mekanik (bingung juga ngejelasinnya), ya pokoknya gitu lah.

Playstyle clan ini adalah memanipulasi waktu, seperti mendapatkan extra turn atau mengembalikan unit ke asalnya (bottom deck) yang selanjutnya akan gue sebut sebagai mekanisme Cycle (bukan term official, tapi biar singkat aja). Oleh karena decklistnya cukup obvious, pasti kek gitu lah decklistnya, gue ga akan membahas keseluruhan unit yang ada di clan ini, hanya G-unitnya saja. Seperti apa G-unit yang ada di clan Gear Chronicle ini? Yuk kita simak.

Interdimensional Dragon, Mystery Flare Dragon





Stride
[AUTO](VC):[Counter Blast (4)] When this unit's attack hits a vanguard, you may reveal the four cards from the top of your deck. If the revealed cards have four different grades or more, you may pay the cost. If you do, you get an additional turn. If you reveal, shuffle your deck.  


Ini adalah G-unit yang bisa kita dapatkan ketika membeli GTD01. Gue sangat suka unit ini karena dia memiliki dua fungsi utama. Pertama adalah untuk menshuffle deck. Kali aja di BT berikutnya muncul unit GC yang skillnya aktif kalau di turn tersebut kamu menshuffle deck, atau kalau main deck Musketeer di format extreme, tidak ada salahnya membawa unit ini. Fungsi kedua adalah memberi harapan palsu, atau bahasa Sundanya adalah "False Hope". Apa alasannya?

1. Dia adalah G-unit yang membutuhkan 4 damage, bahkan lebih parah dari unit-unit LB4. Unit LB4 bisa aktif kalau ada limit enabler, sedangkan dia tidak. Unit LB4 bisa aktif walaupun ada damage yang tertutup, sedangkan dia harus memerlukan 4 damage terbuka.

2. Menyimpan 4 damage terbuka untuk mengaktifkan skill unit ini merupakan hal yang mubadzir, karena lebih baik CB-nya digunakan untuk mencycle RG lawan.

3. Kalau damagemu sudah 4, berarti lawan kira-kira memiliki damage 4 juga, yang artinya lawan akan mengguard serangan ini.

4. Kalaupun dikasih hit, probabilitas keberhasilan menggunakan skill ini kecil, kisaran 8%-12% tergantung komposisi grade yang tersisa di deck.

Tapi tenang saja, walaupun unit ini sekilas terlihat nge-vanilla, kalau berhasil diaktifkan, anda mendapatkan advantage yang luar biasa, yaitu extra turn.

Interdimensional Dragon, Ragnaclock Dragon


Stride
[AUTO](VC):[Counter Blast (1) & Choose a face down card named "Interdimensional Dragon, Ragnaclock Dragon" from your G Zone, and turn it face up] When this unit attacks a vanguard, you may pay the cost. If you do, until end of that battle, your opponent cannot call grade 0 card from hand to (GC), and if the number of face up cards in your G Zone is two or more, this unit gets [Critical]+1 until end of that battle. 

Salah satu unit staple Gear Chronicle. Perlu diingat, kalau ingin membawa unit ini, anda harus membawa 2 atau 4 lembar karena untuk mengaktifkannya butuh persona flip. Bisa juga sih membawa 3, tetapi anda harus membawa stand trigger yang bisa mengembalikan G-unit ke posisi face-down.

Kelemahan dari unit ini adalah dia baru bisa digunakan saat stride kedua karena untuk mengaktifkan skillnya butuh 2 face-up G-unit di G-zone. Akan tetapi hal ini tidak menjadi masalah, karena memang skillnya digunakan saat mid-late game. Trik khusus? Timing? Ga ada sih ya, soalnya cukup mudah digunakan, asal ada CB tersisa aja.

Interdimensional Dragon, Chronos Command Dragon


Stride
[AUTO](VC):[Counter Blast (2) & Soul Blast (1) & Choose a card from your hand, and discard it] When this unit's attack hits a vanguard, you may pay the cost. If you do, your opponent puts all of his or her rear-guards on the bottom of his or her deck in any order. 

Ini adalah unit paling dihype di GBT01 yang konon katanya broken imba, kalau ketika distride damage lawan udah 6 langsung salaman. TBH guys, unit ini tidak sebroken seperti yang ada dalam delusi anda. Kenapa bisa begitu?

1. Costnya cukup besar, yaitu CB2, SB1, discard 1. CB sangat vital di deck ini karena juga akan banyak digunakan untuk cost unit lain. SB juga cukup vital karena engine SC sejauh ini hanya draw trigger dan soul akan digunakan untuk unflip, draw, ataupun cost unit lain. Dan jangan lupa, discard 1.

2. Oleh karena alasan di atas, kita hanya akan "cuan" dalam menggunakan skill unit ini jika RG lawan 4 atau lebih jika VG Chrono Jet Dragon. Kenapa? Pembahasannya nanti setelah ini.

3. Ketika pertama kali melakukan stride, pasti Chronos kan? Bukan Ragnaclock kan? Berapa sih kemungkinan lawan memiliki 4 RG ketika pertama kali kamu ngestride? Apakah lawan bakal banyak nurunin RG kalau tahu dia melawan Gear Chronicle? Kalau lawannya adalah deck tipe gampang menuhin field seperti Gold Paladin ataupun Neo Nectar, mungkin bisa ada 4 RG. Kalau bukan? Oleh karena itu, penggunaan unit ini sangat situasional.

4. Oleh karena penggunaannya yang sangat situasional, bukan berarti unit ini tidak layak dibawa. Tetep harus dibawa di deck, karena ada situasi tertentu dimana kita harus stride unit ini. Kalau gue saranin sih bawa 2. Berarti kan misal bawa bawa 8 G-unit,  4 Ragnaclock, 2 Chronos, 2 lagi apa?

Interdimensional Dragon, Lost Age Dragon


Stride
[AUTO](VC):When this unit's attack hits a vanguard, choose one of your opponent's rear-guards, and put that unit on the bottom of your opponent's deck. 

Dialah yang akan mengisi slot untuk 2 G-unit terakhir. Kalau skill Chronos dipake jika ada 4 RG atau lebih, Lost Age dipake juga ada 3 RG atau kurang. Kenapa 3 RG atau kurang, bukan 2 RG atau kurang? Misal VG Chrono Jet Dragon, lawan punya 3 RG, 1 RG front row, 1 booster VG, dan 1 booster RG. Kita punya 2 skenario.

Skenario 1: diguard
- Stride Chronos: Pastinya kalau kita stride menggunakan Chronos, kita tidak akan menggunakan skill Chrono Jet dong, artinya nett CB0 +0
- Stride Lost Age: Jika kita stride menggunakan Lost Age, kita akan memakai skill Chrono Jet, artinya nett CB1 +1
Kesipulan: Lost Age Win

Skenario 2: hit
- Stride Chronos: CB2 +3. Karena kita juga discard 1, maka nett CB2 +2.
- Stride Lost Age: CB1 +1 dari skill Chrono Jet dan CB0 +1 dari skill Lost Age itu sendiri, maka nett CB1 +2
Kesimpulan:
- Jika dilihat dari total kartu lawan yang dicycle, Chronos menang. Jika dilihat dari nett advantage yang didapat, Lost Age menang.
- Jika perbedaan jumlah kartu yang dicycle sedikit, quality over quantity. Maksudnya, misal RG front row tersebut adalah attacker 12k atau G3, ya ngapain dicycle. Cukup cycle 2 back row saja, 1 RG tersisa bisa dicycle next turn atau digebuk pakai RG kita. Karena itu, Lost Age lebih bagus jika dalam kondisi seperti ini.  
- Nett advantage Lost Age menang jika VG adalah Chrono Jet. Jika gagal ride Chrono Jet, maka yang akan terjadi adalah Chronos tetap CB2 +3 (-1), Lost Age CB0 +1. Oleh karena perbedaan jumlah kartu yang dicycle tinggi (+1 dan +3), maka kita akan menggunakan rule baru, yaitu quantity over quality, dalam hal ini stride menggunakan Chronos lebih baik.

Kesimpulan Akhir:
- Jika RG lawan 4 atau lebih, VG apapun, stride Chronos Command Dragon
- Jika RG lawan 2 atau kurang, VG apapun, stride Lost Age Dragon
- Jika RG lawan 3, VG Chono Jet, stride Lost Age Dragon, jika VG bukan Chrono Jet, stride Chronos Command Dragon.
- Penggunaan baik Lost Age maupun Chronos, keduanya situasional. Karena itu, kita perlu membawa kedua unit tersebut di G-zone kita.

Okey cukup sekian tulisan saya. Terima kasih sudah membuang-buang waktu untuk membaca tulisan ini.

Salam,
Mas-mas ganteng

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More