Selasa, 04 Maret 2014

Florsheim Tips : Narukami's Eradicator, Vowing Saber Dragon "Яeverse"

Hi guys!

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya VGE-BT12 rilis dan kamu bisa menggunakan deck-deck super kompetitif macam Link Joker Star-vader atau Shadow Paladin Revenger. Akan tetapi selain dua klan mainstream itu, ada juga deck lain yang sebenarnya kurang kompetitif tapi cukup fun dimainkan, salah satunya adalah deck Dungaree Unlimited yang sudah pernah kami bahas.

Untuk pembahasan kali ini, sesuai request dari Adi Kerta, kita akan mengulik versi yang lebih kompetitif, yaitu deck Eradicator, Vowing Saber Dragon "Яeverse".


Skillnya nggak simpel sebenarnya. Counterblast dua dan Lock dua Rear Guard untuk mendapat Power +10.000 dan lawan pilih sendiri dua Rear-Guardnya untuk diretire. Kartu-kartu lama, seperti Dragonic Deathschyte, Berserk Dragon, Thunder Break Dragon, bahkan yang terbaru Gauntlet Buster Dragon, semuanya punya efek Counterblast 2 untuk retire 1. Vowing Saber bisa retire 2 untuk cost yang sama, tapi ditambah dengan Lock 2.

Nah seberapa "rugi"-kah Lock 2 ini? Dengan asumsi kamu akan mengelock dua unit terlemah kamu, maka secara teori kamu akan kehilangan potensi memaksa lawan Guard sebesar dua kali 5.000 atau satu kali 10.000. Kalau kamu pintar memilih unit yang di-Lock, kamu hanya rugi potensi menghilangkan 1 kartu trigger saja. Enaknya, efek ini juga memberi bonus +10.000 power ke Vanguard. Artinya "rugi" nge-Lock tadi sudah impas.

Nah untuk tahu seberapa kuat atau lemahkah efek ini, mari kita coba bandingkan efek ini dengan para Eradicator Vanguard lain satu persatu. Santai, nggak banyak kok.

Versus Spark Horn Dragon



Perbandingannya mudah. Vowing Saber Dragon lebih superior. Pertama, base power 11.000 vs 10.000 yang jelas bedanya. Kedua, bonus power dari Spark Horn +5.000 setiap kali menyerang, sedangkan Vowing Saber +10.000 sewaktu pakai efek. Ketiga, Spark Horn harus hit untuk menghancurkan satu, artinya maksimal sekali seturn, sedangkan Vowing Saber bisa menghancurkan langsung EMPAT dalam satu turn, tanpa banyak syarat pula, hanya Counterblast dan Lock RG. Meski demikian, dalam hal pressure, Spark Horn lebih jago daripada Vowing Saber.

Versus Gauntlet Buster Dragon


Perbandingannya sedikit lebih sulit. Dari sisi retire, Gauntlet Buster dan Vowing Saber sama-sama perlu dua Counterblast dan lawan pula yang memilih yang mana yang diretire, bedanya Gauntlet Buster hanya retire satu dan Vowing Sword bisa retire dua. Dari bonus power juga, Gauntlet Buster hanya +3.000 dan Vowing Saber +10.000. Dari dua poin ini, Vowing Saber sedikit lebih baik meski harus mengelock dua Rear Guard.

Akan tetapi Gauntlet Buster sangat baik (dan terbukti jago abis) untuk mengejar ketinggalan damage, kamu sudah 4 damage dan lawan masih 3 damage, tinggal pakai efeknya dan lawan pasti ketakutan setengah mati untuk bilang No Guard. Namun kembali lagi, dalam keadaan damage sama 4 atau 5, Vowing Saber lebih bagus.

Versus Sweep Command Dragon


Disini perbandingan makin susah ditakar. Untuk mempermudah perbandingan, kita anggap saja Sweep Command Dragon menggunakan kedua efeknya sekaligus. Keduanya sama-sama menggunakan dua Counterblast dan menembak dua Rear Guard lawan, hanya saja Sweep Command terbatas pada front-row saja dan Vowing Saber terbatas pada pilihan lawan. Sweep Command punya kelebihan sedikit dalam hal kontrol kita sebagai pemain, hanya saja front-row lawan kan tidak selalu penuh, sehingga dalam keadaan itu Vowing Saber sedikit lebih unggul karena bisa menembak belakang.

Kemudian cost selain Counterblast, Vowing Saber perlu menge-Lock dua Rear Guard sedangkan Sweep Command perlu menghisap satu Rear Guard (dan Soul Blast dua, tapi tidak terlalu signifikan lah ya secara advantage). Mengelock memang tidak bikin minus, namun kita akan mendapat disadvantage di battle turn itu. Sedangkan menghisap, memang minus satu, tapi langsung digantikan oleh efek draw dari Sweep Command. Unit yang dihisap pun bisa langsung diganti saat itu juga, memastikan tim kamu penuh dan siap menyerang turn itu. Dalam hal ini Sweep Command lebih solid, sehingga kesimpulan akhir, Sweep Command sedikit lebih unggul di advantage dan kemampuan retire.

Versus Dragonic Descendant


Nah untuk yang ini, jujur saja tidak bisa dibandingkan. Dragonic Descendant tidak punya efek retire. Jumlah Counterblast dan discard pun berbeda. Jadi daripada dibanding-bandingkan, kenapa nggak kita pakai dua-duanya saja? Ada kok buildnya di bawah.

Comparison Conclusion

Jadi dari perbandingan di atas yang paling bagus adalah... Sweep Command? Eits tunggu dulu guys! Lupa ya kalau Vowing Saber Dragon "Яeverse" punya satu efek lagi yang SANGAT SIGNIFIKAN?


Yep, dia punya efek Crossride. Bukan sembarang Crossride pula, dia punya Crossbreakride!

Sweep Dragon unggul di dapat menggunakan efek tanpa perlu ngelock. Coba bandingkan, lebih jago mana, tidak perlu nge-Lock atau Crossride? Bagi kamu yang sudah pernah melawan atau menggunakan Crossride pasti tahu bagaimana signifikannya pertahanan Power statis 13.000. Dan enaknya Crossbreakride adalah kamu tidak minus jika kamu reride Vowing Saber di atas Vowing Sword, berbeda dengan Crossride jaman dulu. Belum lagi kalau kamu akselerasi pakai Cho-Ou.

Jadi kesimpulannya, yep, dengan Crossride-lah Vowing Saber Dragon "Яeverse" menunjukkan kekuatannya. Dan hingga BT15 nanti, dia masih menjadi satu-satunya Crossride di Narukami Eradicator, menasbihkannya sebagai Eradicator dengan pertahanan terbaik!

Decklist

Di Grade 3, kita jelas pakai Eradicator, Vowing Saber Dragon "Яeverse" dan tentu saja pasangannya, Eradicator, Vowing Sword Dragon untuk mengaktifkan Crossride. Selain kedua itu, kamu juga bisa menggunakan 1-2 Eradicator Dragonic Descendant untuk serangan penghabisan kalau mau. Gue pernah lihat build yang menggunakan EDD, GBD, dan VSDЯ saja, tanpa VSD. Namun coba dipikir saja, setelah kita bandingkan di atas, kelebihan terbaik VSDЯ adalah Crossride, jadi sayang banget kalau malah nggak dipakai.


Di Grade 2, Spark Rain Dragon sudah staple sebagai attacker 12.000. Selain itu Fiendish Sword Eradicator, Cho-Ou juga sangat penting untuk mengontrol Rear Guard lawan dan juga untuk kombo akselerasi Crossride. Untuk slot Grade 2 sisanya, gue menyarankan Homing Eradicator, Rochisin, Supreme Army Eradicator, Zuitan atau Eradicator, Thunder Boom Dragon.

Rochisin, bisa mencapai Power 18.000 sendirian jika VSDЯ mengaktifkan efek satu kali, sehingga booster di belakangnya bisa di-Lock dan dia masih tetap jago. Tapi dia kurang bagus kalau VSDЯ tidak pakai efek karena 8.000, jadi mungkin kamu bisa pakai Vanilla juga agar Power Line-nya mencapai 16.000. Zuitan bisa membuat efek Linchu menjadi gratis dan juga bisa menambah penggunaan VSDЯ satu kali lagi. Thunder Boom akan sangat solid sebagai Vanguard di grade kedua. Dia ditambah Shuki juga bisa mencapai 23.000, cukup merepotkan Crossride lainnya. Double Gun Eradicator, Hakusho sayangnya hanya mencapai 15.000, jumlah yang tanggung.


Di Grade 1, pilihan menjadi lebih luas. Sentinel Perfect Guard sudah pasti menjadi staple. Kecuali kamu memakai EDD, tidak harus memakai Eradicator Wyvern Guard, Guld karena VSDЯ tidak rasis, kamu hanya perlu nama Eradicator untuk efek Cho-Ou dan efek Lock-nya. Selain Null, yang sangat penting adalah Steel-blooded Eradicator, Shuki yang bisa menjadi booster 13.000 setiap VSDЯ memakai efek. Grade 1 lain yang bagus adalah Eradicator, Demolition Dragon.

Sisanya, kamu bisa pakai Eradicator of Fire, Kohkaiji untuk semakin memperkuat VSDЯ, Ceremonial Bonfire Eradicator untuk cuci tangan, atau sang ayam, Rising Phoenix untuk mempertahankan plus dan pressure di awal. Tapi hati-hati kalau pakai ayam karena dia tidak bisa dihisap ataupun dilock, membuatnya harus diretire cepat atau lambat. Misal kamu pakai Rochisin, Vanilla 8.000 juga bisa dipertimbangkan. Dia akan membuat line 16.000 bersama Rochisin dan line 21.000 bersama Crossride.


Di Grade 0, formasi triggernya tidak banyak perbedaan. Berhubung deck ini perlu Draw Trigger untuk dihisap dan dilock, maka kamu bisa pakai skema 8-4-4 atau 7-5-4 atau 6-6-4, gunakanlah yang paling cocok sama playstyle kamu. Gue sendiri lebih suka 7-5-4.

Terakhir untuk Starting Vanguard, jujur saja gue sendiri masih dalam dilema. Pilihannya ada tiga, Eradicator, Blade Hang Dracokid, Ambush Dragon Eradicator, Linchu, atau... Spark Kid Dragoon. Secara power-level, Linchu jelas paling kuat dengan kemampuannya memusnahkan Starter lawan atau booster Vanguard. Akan tetapi penggunaan Blade Hang Dracokid di saat lawan tidak memiliki Perfect Guard bisa sangat mematikan. Dan untuk Spark Kid, kenapa gue berat melepaskannya adalah karena deck ini sangat memerlukan untuk bisa Crossride agar bisa kompetitif. Spark Kid membantu deck ini meraih secara cukup signifikan, makanya dia masuk nominasi.

Oke tanpa pikir panjang lagi langsung decklist!

Pure Vowing Build


Pure Vowing akan kesulitan menggunakan Rising Phoenix ataupun Vanilla karena tidak bisa dilock ataupun dihisap. Cara bermainnya lebih defensif dan fokus pada Crossride. Guld yang digunakan tidak mesti yang Eradicator karena biasanya dikeep di hand.

4 Eradicator, Vowing Saber Dragon "Яeverse"
4 Eradicator, Vowing Sword Dragon

4 Fiendish Sword Eradicator, Cho-Ou
4 Eradicator, Spark Rain Dragon
3 Homing Eradicator, Rochisin

4 Wyvern Guard, Guld
4 Steel-blooded Eradicator, Shuki
4 Eradicator, Demolition Dragon
2 Eradicator of Fire, Kohkaiji

4 Eradicator, Yellow Gem Carbuncle (CRITICAL)
3 Sacred Spear Eradicator, Pollux (CRITICAL)
3 Eradicator, Dragon Mage (DRAW)
2 Eradicator, Blue Gem Carbuncle (DRAW)
4 Worm Toxin Eradicator, Seiobo (HEAL)
1 Eradicator, Blade Hang Dracokid/Ambush Dragon Eradicator, Linchu/Spark Kid Dragoon (SVG)

Hybrid Vowing-Descendant Build


Build ini akan lebih kesulitan untuk konsisten Crossride, namun bisa mengakhiri pertandingan dengan lebih cepat berkat Dragonic Descendant yang turun tiba-tiba di saat lawan menurunkan kartu-kartu di tangannya demi menghindari efek Vowing Saber. Di build ini Rochisin dan Blade Hang akan lebih jelek karena cenderung jarang retire.

3 Eradicator, Vowing Saber Dragon "Яeverse"
3 Eradicator, Vowing Sword Dragon
2 Eradicator, Dragonic Descendant

4 Fiendish Sword Eradicator, Cho-Ou
4 Eradicator, Spark Rain Dragon
3 Supreme Army Eradicator, Zuitan

4 Eradicator Wyvern Guard, Guld
4 Steel-blooded Eradicator, Shuki
4 Eradicator, Demolition Dragon
2 Rising Phoenix

4 Eradicator, Yellow Gem Carbuncle (CRITICAL)
3 Sacred Spear Eradicator, Pollux (CRITICAL)
3 Eradicator, Dragon Mage (DRAW)
2 Eradicator, Blue Gem Carbuncle (DRAW)
4 Worm Toxin Eradicator, Seiobo (HEAL)
1 Ambush Dragon Eradicator, Linchu/Spark Kid Dragoon (SVG)

Beberapa Tips Memakai Deck Vowing Saber

1. Cho-Ou Crossride Acceleration
Salah satu kehebatan dari deck Vowing adalah, kamu tidak perlu mengeride Vowing Saber di atas Vowing Sword untuk mendapat efek Crossridenya. Kamu bisa langsung Ride Vowing Saber, lalu Call Vowing Sword dan Cho-Ou untuk menghisap Vowing Sword ke dalam soul, menembak front-row lawan. Dengan ini kamu bisa Crossride tanpa minus dan secepat turn ketiga kamu!



2. The "L" Formation
Kamu mungkin bingung waktu memakai efek Vowing Saber, paling enak lock yang mana aja? Jawabannya adalah formasi "L". Jadi kamu Lock belakang Vanguard dan satu belakang Rear Guard yang cukup besar (Rochisin atau Spark Rain atau Vowing), seakan membentuk huruf L. Ini adalah formasi paling aman yang bisa kamu buat. Akan tetapi kalau lawan di damage 4 atau 5 dan kamu yakin seyakin-yakinnya lawan tidak punya Perfect Guard, cobalah formasi "T" yang high risk tapi better gain dengan mengelock dua Rear Guard di belakang kiri dan kanan.

"L" Formation
3. Winning Image
Best Scenario adalah dua Rochisin dan satu Shuki di belakangnya, lalu lock sisanya. Dengan ini kamu akan punya Power Line 18.000 - 23.000 - 31.000. Hanya saja untuk terjadinya skenario ini cukup sulit akibat Rochisin yang lemah dan tidak berguna tanpa efek Vowing Saber. Untuk itu, skenario dengan satu Spark Rain atau Vowing, Cho-Ou atau Zuitan dan Shuki di belakangnya pun sudah cukup bagus, membentuk Line 11.000 - 23.000 - 22.000.

Best Winning Image
4. Advantage Management
Bayangkan, kalau pakai efek Vowing Saber, kan lawan yang pilih unit mana yang diretire. Sebelum meretire lawan pasti cek hand dulu untuk lihat ada gantinya atau tidak. Nah kalau lawan ternyata hand 4 atau hand 8 kan beda tuh pasti. Makanya semakin sedikit advantage lawan, semakin baik, meski itu berarti advantagemu harus dikorbankan (misal dengan Cho-Ou).

Dengan prinsip ini, sepertinya menyerang Rear Guard lawan dibanding Vanguard lawan adalah pilihan yang cukup masuk akal. Lalu late game tahan serangan lawanmu lebih baik menggunakan bonus dari Crossride. Akan tetapi jujur saja, strategi ini masih sekedar teori, harus dicoba dan dibuktikan dahulu (yang sayangnya nggak sempat gue tes lebih lanjut gara-gara decknya sudah terjual duluan, haha).

Sip guys, bagaimana pembahasan deck Eradicator, Vowing Saber Dragon "Яeverse" ini?

Nah gue masih kesulitan nih menentukan Starting Vanguardnya. Menurut kamu yang mana yang paling baik, Linchu yang jago banget, Blade Hang yang bisa kasih Critical, atau Spark Kid yang bisa bikin decknya lebih konsisten? Post di komentar ya jawaban kamu.

Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More