Kamis, 23 Januari 2014

Florsheim Tips : Pale Moon's Silver Thorn Dragon Empress, Venus Luquier

Hi guys,

Biasanya Florsheim dinilai sebagai salah satu portal artikel Vanguard paling telat dan paling lemot karena kami lebih sering membahas format EN. Untungnya kali ini Fibro akan berbagi strategi bermain Venus Luquier yang bahkan belum dirilis di JP! Lumayan cepat bukan? (padahal spoilernya udah keluar dari kapan tau, jadi tetep telat XD)

Yaho, sepertinya sudah lama ya sejak terakhir kali saya menulis artikel. Kali ini saya kembali dengan membawakan bahasan tentang salah satu unit yang sebentar lagi akan rilis pada akhir Februari, yaitu clings...clings...

Silver Thorn Dragon Empress, Venus Luquier <銀の茨の竜女皇 ヴィーナス・ルキエ>
Grade 3/Twin Drive!!/Power 11000/Critical ★1/Pale Moon/Elf


[ACT](VC) Limit Break 4 (This ability is active if you have four or more damage):[Counter Blast (2)-card with "Silver Thorn" in its card name] Soul Charge (2), choose up to five «Pale Moon» from your soul whose total grades are six or less, and call them to separate (RC). This ability cannot be used for the rest of that turn.
[CONT](VC):If you have a card named "Silver Thorn Dragon Tamer, Luquier" in your soul, this unit gets [Power]+2000.
[CONT](VC/RC): Lord (If you have a unit without a same clan as this unit, this unit cannot attack)

Yap, dia, salah satu unit yang diprediksi akan sanggup bersaing dengan deck-deck overhype di BT15. Perlu diingat bahwa unit ini rasis expert, jadi kalau bisa sesedikit mungkin membawa unit-unit non Silver Thorn. Lalu, memangnya apa sih yang membuat unit ini begitu spesial? Apakah karena dicampur telor, sosis, dan bakso? Kita langsung saja masuk ke bahasan kombo-kombo unik apa saja yang bisa dimainkan dengan unit ini.

Silver Thorn Assistant, Irina <銀の茨のお手伝い イリナ>
Grade 1/Boost/Power 7000/Critical ★1/Pale Moon/Warbeast


[AUTO]:When this unit is placed on (VC) or (RC), if you have a vanguard with "Silver Thorn" in its card name, look at up to two cards from the top of your deck, search up to one card with "Silver Thorn" in its card name, put it into your soul, and put the rest on the bottom of your deck in any order.

Mungkin kalian masih ingat dengan cowok di atas (percayalah, dia sebenarnya cowok). Yap, unit yang rilis di BT12 ini sudah menjadi staple di deck silver thorn karena selain bisa mengisi soul, dia juga bisa melakukan thinning deck. Lho kok thinning sih? Bukannya unit sisanya ditaruh di bottom deck ya? Sabar dulu kakak, bahasan artikel ini tidak berhenti sampai di sini. Bagi orang-orang yang punya psyqualia, "cowok" ini juga bisa digunakan untuk menghindari top deck yang tidak diinginkan lho...

Silver Thorn Assistant, Zelma <銀の茨のお手伝い ゼルマ>
Grade 1/Boost/Power 7000/Critical ★1/Pale Moon/Warbeast


[AUTO]:[Choose another of your rear-guards with "Silver Thorn" in its card name, and put it into your soul] When this unit is placed on (RC), if you have a «Pale Moon» vanguard, you may pay the cost. If you do, choose a card with "Silver Thorn" in its card name other than a card named "Silver Thorn Assistant, Zelma" from your soul, and call it to (RC).

Unit ini menjadi salah satu unit favorit saya di deck ini. Tanpa berpanjang lebar menjelaskan skillnya, unit ini bisa memasukkan Luquier ke soul. Jadi, kita tidak perlu menunggu turn keempat untuk mendapatkan base power 13k. Unit ini juga bisa untuk "cuci tangan" dengan menukar unit yang kita butuhkan dari soul, misalnya dengan memasukkan grade 3 (karena tidak bisa intercept) dan menukarnya dengan grade 2. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengaktifkan skill unit sekali lagi, contohnya Irina dan Emil, atau untuk menambah power Upright Lion. Kalau anda iseng berhasil melakukan breakride, unit ini bisa menjadi alternatif yang lebih baik dari Purple Trapezist untuk bisa melakukan 5 kali serangan.

Silver Thorn Beast Tamer, Ana <銀の茨の獣使い アナ>
Grade 1/Boost/Power 7000/Critical ★1/Pale Moon/Elf


[AUTO](RC):[Counter Blast (1)] When an attack hits a vanguard during the battle that this unit boosted a «Pale Moon», you may pay the cost. If you do, choose up to one card with "Silver Thorn" in its card name from your soul, call it to (RC), and at the end of that turn, put that unit into your soul.

Setelah era BT15 rilis, unit ini jadi tambah jago. Hanya dengan CB1, anda bisa mengeluarkan Zelma dari soul (kalau ada), memasukkan unit yang selesai attack/boost dan mengeluarkan unit lagi sehingga anda memiliki serangan ekstra. Kalau mau iseng, anda bisa mengeluarkan Zelma ke front row, masukkan salah satu unit ke soul dan keluarkan Irina atau booster lainnya ke kolom yang sama dengan Zelma. Dengan powerline 14k, anda bisa menyerang RG lawan yang memiliki base power 9k, atau bahkan mungkin VG lawan (masih grade 2 ceritanya). Saat end phase, front row kita kosong dan next turn lawan "dipaksa" untuk menyerang VG kita. Kok dari tadi Zelma mulu Zelma mulu (yaeya lah... itu kan unit favorit saya). Itu hanya sekedar contoh, anda bisa mengeluarkan unit lain tergantung kondisi soul yang anda miliki.

Silver Thorn Beast Tamer, Emil <銀の茨の獣使い エミール>
Grade 0/Boost/Power 5000/Critical ★1/Pale Moon/Elf


[AUTO]: Forerunner (When a unit of the same clan rides this unit, you may call this unit to (RC))
[ACT](RC):[Put this unit into your soul] Look at up to five cards from the top of your deck, search for up to one grade 1, grade 2 and grade 3 card with "Silver Thorn" in its card name, put them into your soul, and shuffle your deck.

Yak, bapak Walikota Bandung ini kembali menunjukkan kredibilitasnya dengan menjadi salah satu unit Pale Moon. Unit ini memiliki 3 fungsi, pertama yaitu untuk mengisi soul. Kedua, skill unit ini berfungsi untuk thinning deck. Dan yang ketiga adalah...shuffle! Apa? Mari kita ulangi sekali lagi, shuffle! Masih ingat kan dengan bahasan Irina di atas? Tidak masalah kita menaruh kartu di bottom deck karena pada akhirnya kita bisa menshufflenya dengan mengaktifkan skill unit ini. Tapi, dibandingkan dengan skill saudaranya, Ionera, dia kan ngeminus kakak? Ngeminus? Ciyus? Miapah? Kalau dibilang ngeminus sih enggak ya. Kenapa? Jawabannya ada di bahasan berikutnya.

Silver Thorn Beast Tamer, Maricica <銀の茨の獣使い マリチカ>
Grade 2/Intercept/Power 9000/Critical ★1/Pale Moon/Elf


[AUTO](VC/RC):[Counter Blast (1)] When this unit's attack hits a vanguard, if you have a «Pale Moon» vanguard, you may pay the cost. If you do, choose up to one card with "Silver Thorn" in its card name from your soul, call it to (RC), and at the end of that turn, put that unit into your soul.

Cica cica di dinding, diam-diam merayap. Siapa yang masih ingat dengan lirik lagu itu (mulai ngegaje)? Sebenarnya kita tidak akan membahas lagunya, tetapi yang akan kita bahas adalah skillnya. Tunggu, kalau kita bahas nanti malah redundan dengan Ana. Apa boleh buat, kalau mau bahas kombo unit ini, liat di bagian Ana saja ya...

Silver Thorn Upright Lion <銀の茨 アップライト・ライオン>
Grade 2/Intercept/Power 9000/Critical ★1/Pale Moon/Chimera


[AUTO](RC): When another unit with "Silver Thorn" in its card name is placed on (RC) from your soul, if you have a «Pale Moon» vanguard, this unit gets [Power]+3000 until end of turn.

Skillnya wow... Kita bisa memaksimalkan skill unit ini ketika mengaktifkan limit break Luquier/Venus Luquier sehingga unit ini mendapatkan power +9k untuk Luquier dan +12k untuk Venus Luquier. Anggap kita punya 2 Upright Lion di soul, berarti saat LB4 Venus, kita memiliki 2 Upright Lion dengan power 21k belum diboost. Kalau belum limitbreak ampas dong? Enggak juga, kan ada Ana, Maricica, dan Zelma (lagi?)

And the main course is...

How to Play Venus Luquier

Pada sesi ini kita akan membahas bagaimana memaksimalkan skill Venus Luquier. Yang pertama harus dilakukan adalah, mengosongkan RG kita (ga sampe benar-benar kosong gapapa sih). Caranya? Aktifkan skill Emil terlebih dahulu. Saat turn lawan, kalau ada yang bisa intercept ya intercept-lah. Untuk grade 1, karena ga bisa intercept, mintalah dengan sopan kepada lawan untuk meretire unit tersebut dengan efek macam Linchu atau Berserk Dragon (yakeleus...).

Komposisi ideal unit-unit yang akan kita keluarkan dari soul adalah 2-2-1-1-0 dengan total 6 (grade). Target utama unit yang kita keluarkan untuk grade 2 adalah tentu saja Upright Lion. Alasannya sudah saya jelaskan di atas. Untuk grade 1, kita keluarkan Zelma dengan alasan unit favorit saya, dan juga bisa digunakan untuk menambah power Upright Lion tentunya. Anggap kita berhasil mengeluarkan 2 Zelma, Zelma X dan Zelma Y. Skill Zelma X aktif, masukkan Zelma Y, keluarkan unit lain misalnya Irina. Skill Zelma Y yang aktivasinya tertunda tadi digunakan untuk memasukkan Zelma X dan mengeluarkan unit lain, Ana misalnya. Power Upright Lion menjadi 27k, jika diboost menjadi 34k. Untuk grade 0, tentu saja kita keluarkan Emil kembali. Inilah alasannya mengapa skill Emil sesungguhnya tidak ngeminus.

Kalau mau iseng, bawalah Skyhigh Walker untuk mengunflip damage anda atau unit ini

Miracle Pop, Eva <ミラクルポップ・エヴァ>
Grade 3/Twin Drive!!/Power 11000/Critical ★1/Pale Moon/Elf


[AUTO] Limit Break 4 (This ability is active if you have four or more damage):When a «Pale Moon» rides this unit, choose your vanguard, that unit gets [Power]+10000 and "[AUTO](VC):[Choose two of your «Pale Moon» rear-guards, and put them into your soul] When this unit attacks, you may pay the cost. If you do, choose up to two «Pale Moon» from your soul, and call them to separate (RC)." until end of turn.
[AUTO](VC):When this unit attacks a vanguard, Soul Charge (1), and this unit gets [Power]+1000 until end of that battle.
[CONT](VC/RC): Lord (If you have a unit without a same clan as this unit, this unit cannot attack)

Oleh karena Venus Luquier adalah unit rasis expert, membawa Eva tentunya akan mengurangi konsistensi. Akan tetapi, jika anda berhasil melakukan breakride, niscaya serangan anda akan semakin powerful.

Sekian dulu artikel kali ini. Mungkin tidak semua kombo bisa saya share di sini karena pemakaian kombo bergantung juga pada kondisi hand, field, dan soul. Jika anda memiliki kombo unik lainnya jangan ragu untuk sharing di sini, kali saja ada kombo lain yang saya belum tahu.

Best Regards,
Fibro Reverse

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More