Jumat, 10 Januari 2014

Florsheim Tips : Guarding Earlier or Later?


Hi guys,

Kali ini Felix Suroso, seorang Cardfighter Indonesia yang telah berpengalaman melanglang buana bermain TCG, akan berbagi secuplik pengalamannya ber-Cardfight pada kita. Sudah siap menerima tips keren ini? Simak di bawah!

Gambar ini ada atas request penulis
Simple saja, banyak yang masih bingung dan masih salah kaprah atas pertanyaan mudah ini: Kapankah harus guard?

Mau tau jawabannya? Langsung saya kasih tau. In general, guarding early is slightly better than guarding late. Tapi ingat, in general alias generalisasi! Tolong jangan salah sangka dulu dan langsung lompat menyimpulkan. Simak artikel di bawah ini!

Apakah guarding early itu? Guarding early adalah ketika anda menahan serangan musuh sewaktu damage anda masih 0 atau 1. Biasanya dilakukan di Turn kedua atau ketiga.

Sedangkan guarding late itu adalah ketika anda terima damage dulu sampai sekitar 4, baru mulai melakukan guard.

Guarding Early


Pros:
1. Power musuh masih lemah. Belum Breakride, Limit Break dan lain-lain sehingga guardnya jadi ringan.
2. Late game bisa ada ruang untuk bernafas karena damage masih belum 5.
3. Kalau tangan anda ada banyak trigger, kemungkinan besar top deck adalah attacker/booster. Oleh karena itu lebih bagus untuk didraw dibandingkan masuk ke damage.

Cons:
1. Hand lebih kecil. Hal ini membuat musuh lebih bisa menebak apa saja isi hand anda.
2. Kalau musuh pintar, mereka akan menghabiskan resource anda sehingga pada mid-late game tangan anda kosong dan tanpa Rear Guard, meski damage anda kecil.

Guarding Late

Pros:
1. Hand anda sewaktu damage 4 masih banyak.
2. Late game ada resource untuk panggil Rear Guard, ataupun untuk mengaktifkan efek lainnya.
3. Hand anda semakin susah tertebak oleh musuh.

Cons:
1. Turn ketiga anda sudah mencapai 4 damage. Kadang bisa langsung mati kalau lawan Check Critical.
2. Begitu anda damage 4 atau 5, harus ngeguard dengan segala cara akhirnya membuat resource bocor.
3. Rawan kena Breakride karena kalau turn kedua atau ketiga anda sudah punya 4 damage dan masih belum dapet Null, sangat rawan mati langsung atau hand tumpah-tumpah.

Lalu bagusnya gimana dong kak...?

Di artikel yang saya tulis untuk Alter Reality Games, tertulis bahwa Vanguard adalah game yang dimana anda harus adu resource dan advantage. Jadi pastilah setiap 5.000 guard itu sangatlah penting. Selain itu, timing kapan guard, timing apakah saya harus rush dia, dan semacamnya juga begitu penting. Alasannya adalah setiap turn dengan ekstra satu serangan berarti musuh kehilangan setidaknya satu kartu. Sedangkan jika anda tidak menurunkan unit, tangan anda ada shield lebih. Kecuali Grade 2 ya, karena Grade 2 di tangan ataupun di field, harga shieldnya tetap sama (soalnya bisa intercept).


Nah, coba dipikir baik-baik. Satu damage itu, bisa ditukar dengan serangan musuh yang seharga 5.000 shield ataupun seharga 30.000-40.000 shield. Misalnya, musuh pakai Rear Guard 10.000 attack Vanguard anda tanpa ekstra critical. Damage yang anda terima berapa? Hanya satu kan.

Jika misalnya saya ada Rear Guard yang sudah di-boost gila-gilaan karena efek Limit Break dan semacamnya, misalnya 33.000 tanpa ekstra critical, damage yang anda terima berapa? Satu juga, betul?

Di early game secara umum, musuh anda pasti akan menyerang dengan kekuatan yang relatif lebih lemah dan pas-pasan. Anda cukup dengan 5.000 shield, bisa menahan serangan itu. Apakah lebih baik kalian tahan serangan yang cukup di-guard dengan 5.000; atau tunggu sampai damage anda 4 dimana Rear Guard musuh Power-nya sudah tinggi sehingga shield yang anda butuhkan lebih banyak?

Tentulah guard 5.000 jauh lebih menguntungkan, karena anda menahan 1 damage hanya dengan 5.000 shield dibandingkan ketika end game anda menahan 1 damage dengan 10.000-15.000 shield.

Namun terkadang, guarding early juga ada jeleknya, yakni kalau memang deck anda butuh Counterblast. Dalam hal ini, terkadang ada bagusnya untuk ambil damage early, supaya anda bisa dapat advantage dari kartu-kartu anda pada turn ketiga atau keempat. Justru bisa jadi advantage inilah yang akan memberikan anda kemenangan.

Ah paling gue dapet heal, kan chuan, hehe.


Jangan terlalu terpaku sama Heal Trigger. Ada beberapa alasan. Pertama, kemungkinan kamu check heal trigger itu kecil. Kedua, seringkali heal kamu tetap jalan, soalnya bisa dibilang kalau kamu di-rush oleh lawan kamu, maka kamu mesti take damage juga dong walau nggak semua. Pada akhirnya posisi damage akan setara. Hal ini membuat heal trigger kamu tetap jalan meski kamu guarding early.

Jadi gimana dong kak, pusing nih jadinya?

Saran saya sederhana.

Vanguard itu tentang adu resource, sehingga kalau anda bisa lepaskan 5.000 shield untuk menahan 1 damage, kenapa tidak? Daripada nanti late game anda guardnya berat, betul? Ada kalanya anda harus guard, ada kalanya tidak guard juga tidak masalah. Yang penting mindset anda jangan seperti ini: "Ah paling gue dapet heal, kan chuan, hehe."

Kalau mindset anda sudah begini, kemudian dapat Heal dan anda tetap saja kalah, jangan bilang cuma karena kurang hoki doang ya! Anda salah sendiri karena tidak memaksimalkan potensial kartu-kartu di tangan anda.

Ini semua datang dari pengalaman, jadi silakan dirasakan dulu dengan Cardfight.

Trims!
Felix Suroso

2 komentar:

Tanya aja nih ya agak iseng mengenai guard early. Misal Vg sya 8000, msuh saya 8000 juga,dengan konsep guard early, dia atk, nah sebaikny guard 5000/10000?

biasanya sih konsep guard early itu diterapkan ke RG, yang harga powernya sudah pasti.. kalo yang nyerang VG sih, kalo tidak no pass, mendingan masuk sekalian.. IMO

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More