Kamis, 20 Desember 2012

Florsheim Tips : Phantom Blaster Dragon Chain Ride


Hi guys,

Seperti yang sudah kita ketahui dari polling di fanpage, sore ini yang akan kita bahas adalah Chain Ride terbaru dari BT04, dan sesuai pilihan pembaca, yang kita bahas adalah Phantom Blaster Dragon Chain Ride!


Phantom Blaster Dragon adalah Unit dari clan Shadow Paladin andalan Ren Suzugamori, sang master villain di anime Cardfight!! Vanguard season pertama karena terlalu mengandalkan kekuatan Psyqualia. Nah pertanyaannya adalah, apakah kamu, yang tidak memiliki Psyqualia, dapat menggunakan deck ini dengan baik?

Tenang saja, kami akan bantu kamu lebih mengerti. Simak Tipsnya di bawah!

The Chain Rides

Sebelum kita melihat Clan dan Decklistnya, mari kita bahas dulu mekanisme dari Chain Ride terbaru ini.


Starter Vanguard kamu sudah pasti adalah Fullbau. Efek dari Fullbau, ia dapat mencari Blaster Dark yaitu kepingan puzzle Chain Ride ini di Grade 2. Syarat aktifnya efek Fullbau mudah, kamu hanya perlu menge-ride Blaster Javelin tepat di atasnya.

Karena sangat spesifik bahwa HARUS Blaster Javelin, gunakanlah empat Blaster Javelin di deck, dan jika di opening hand kamu tidak ada Blaster Javelin, redraw sedikit lebih banyak tidak apa-apa demi kamu bisa draw Blaster Javelin.

Blaster Javelin juga memiliki beberapa efek, yang pertama adalah ketika menjadi Vanguard, ia ber-Power 8000 dan ketika dia menjadi Rear Guard, kamu bisa membuang Grade 3 kamu untuk mencari sang big boss kita Phantom Blaster Dragon dari deck ke hand. Misalkan kamu sudah mempunyai PBD di hand, tetap gunakan skillnya (buang PBD cari PBD) agar semakin sedikit kartu yang tidak ber-Shield di deck kamu.


Di Grade 2 ada Blaster Dark yang memiliki dua efek. Efek pertama simple, selama dia menjadi Vanguard dan ada Blaster Javelin di Soul, Power +1000 permanen. Kemudian ada efek kedua yang menggunakan Counterblast 2 untuk menembak mati satu Rear Guard lawan.

Efek Counterblastnya hanya bisa diaktifkan ketika kamu mengeride dia. Kesempatan ini hanya sekali, oleh karena itu banyak pengguna Shadow Paladin yang rela menerima banyak damage saat masih Grade 1 demi menggunakan efeknya. Namun jangan khawatir, meski kamu tidak bisa memakai efek menembak dari Blaster Dark, masih banyak Unit lain yang membutuhkan Counterblast yang tidak terpakai itu.

Karena Blaster Dark sangat mudah dicari dari deck berkat efek Fullbau, beberapa orang suka menggunakan hanya 1 atau 2, terutama karena dia hanya Vanilla 9000 di Rear Guard. Hanya saja demi Power ekstra Phantom Blaster Dragon, gunakanlah setidaknya 3. Antara Power 10.000 dan Power 11.000 di Vanguard ada perbedaan pertahanan yang cukup terasa.

Sebagai Big Boss kita punya Phantom Blaster Dragon! Efek pertamanya membuat dia bisa ber-Power permanen 11.000 kalau ada Blaster Dark di Soulnya. Sedangkan efek kedua membuat dia sangat besar dan kuat, +10.000 Power dan +1 Critical! Hanya saja cost yang harus dibayar cukup berat, yaitu mengorbankan TIGA Rear Guard kamu.

Biasanya Counterblast kamu terpakai untuk mengeplus dari Rear Guard, sehingga Phantom Blaster Dragon sendiri jarang kebagian. Sedikit Tips, jangan gunakan efek Phantom Blaster Dragon kalau kamu tahu lawanmu masih punya Sentinel (Perfect Guard) di tangannya. Pengorbanan tiga Rear-Guard tidak worth untuk ditangkis dengan hanya dua kartu, kecuali field kamu memang berantakan dan perlu ditata ulang.

Secara keseluruhan, Chain Ride dari BT04 memiliki konsistensi yang cukup tinggi berkat kemampuan mereka untuk saling mencari.

The Triggers

Tidak ada improvisasi di sini, berhubung Trigger Unit Shadow Paladin yang dirilis baru 4 tipe.


The Grade 1s

Di Grade 1 ada beberapa Unit yang cocok dengan cara bermain Phantom Blaster Dragon.


Charon adalah Booster terkuat kamu, Vanilla memang, tapi selalu dapat diandalkan. Ia bisa membentuk Power Line 11.000 dengan Nemain dan Power Line 16.000 dengan Macha. Sedangkan Mac Lir adalah Sentinel, sesuatu yang banyak orang bilang adalah Staple 4 di deck apapun.


Misalkan kamu menggunakan rasio Grade 2 yang lebih sedikit (karena Blaster Dark mudah dicari) maka kamu akan butuh penyerang di depan. Nah Gururubau cocok untuk kamu gunakan jika kamu memang menggunakan build tersebut. Di backrow dia bagus, dan di frontrow pun bisa.

Sedangkan Arianrhod bagus untuk filter hand misalkan kamu draw Grade 3 terlalu banyak, atau untuk membuang draw jelek dari Nemain. Tempatkan di belakang The Dark Dictator agar bisa memakai efeknya setiap turn. Nanti ketika Crossride Phantom Blaster Overlord telah dirilis, Arianrhod akan menjadi lebih bagus karena ia akan dipakai untuk mencari PBD atau PBO lebih cepat. Doranbau tidak perlu digunakan karena meski dikombo dengan Blaster Dark, ia hanya membentuk Power Line 19.000 yang tanggung.

The Grade 2s

Slot Grade 2 dalam Shadow Paladin termasuk sempit karena cukup banyak yang ingin masuk.


Macha dan Nemain merupakan sumber plus kamu. Nemain meski hanya punya 3.000 Power, ia mampu menghasilkan plus satu di hand, sambil nantinya dikorbankan sebagai Intercept, atau untuk efek Phantom Blaster Dragon. Sedangkan Macha biasanya mengambil Charon untuk membentuk Power Line 16.000, atau memanggil Blaster Javelin untuk menukar Grade 3 di hand kamu menjadi Phantom Blaster Dragon. Keduanya plus, meski harus menggunakan Counterblast.


Seperti yang kita lihat di atas, Macha, Nemain, Blaster Dark dan juga Phantom Blaster Dragon semuanya menggunakan Counterblast cukup boros. Oleh karena itu Cursed Lancer bisa menjadi penting di deck yang menggunakan mereka semua. Misalkan Vanguard utama kamu adalah Phantom Blaster Dragon dan mengingat Chain Ride ini cukup konsisten, kamu bisa mengandalkan DonnerSchlag. Namun berhati-hatilah jika kamu terpaksa menge-Ride dia, karena Powernya hanya 5.000 yang dapat dieksploitasi oleh lawan.


Rugos dan Dordona hanyalah Vanilla 10.000, tetapi posisi mereka cukup penting di deck Shadow Paladin pre-BT05. Kenapa? Karena kamu terpaksa menggunakan Stand Trigger 4 buah. Tanpa penyerang di frontrow yang cukup kuat, Stand Trigger akan menjadi sangat-sangat sampah. Alasan ini juga yang membuat Fatalita sulit mendapatkan slot di Grade 2.

The Grade 3s

Phantom Blaster Dragon mungkin memang Vanguard utama kamu, tapi kamu juga perlu tahu kira-kira ada Grade 3 apalagi yang bisa dimanfaatkan dalam Shadow Paladin.


The Dark Dictator adalah Vanguard cadangan kamu jika tidak bisa menge-Ride Phantom Blaster Dragon dengan Power 11.000 secepatnya. Dia bisa juga jadi Vanguard utama. Dia juga bisa menjadi Finisher menggunakan skill Soulblastnya. Melawan Vanguard 10k, kamu cukup mengisi field kamu hinga penuh dan ia menjadi penyerang 20.000 tanpa peduli kartu apa yang ada di belakangnya, asyik untuk membuli Vanguard ber-Power 10.000. Sedangkan jika melawan Vanguard ber-Power 13.000 (Crossrides atau Silvest) kosongkan saja belakangnya dan serang mereka dengan Power 18.000.

Badhabh Caar merupakan Rear Guard makanan utama dari Phantom Blaster Dragon dan bisa dengan mudah menambah Power The Dark Dictator karena kemampuan Superior Callnya. Hanya saja, berhati-hatilah dengan Powernya yang hanya 9.000 karena mudah dibuli-buli lawan.

Ildona dan Dark Metal Dragon keduanya hanya bagus di Vanguard sedangkan The Dark Dictator jelas lebih bagus dari mereka, sehingga mereka kesulitan mencari slot di deck PBD. Sedangkan Gushion sebenarnya bagus di Rear Guard, namun ia menggunakan Counterblast yang di deck ini sudah digunakan secara boros.


Sedikit tips, kalau kamu kesulitan mencari Mac Lir (Sentinel Shadow Paladin), entah karena mahal atau langka, kamu bisa menggunakan Zappbau, Vanilla Grade 0, Booster 6.000 dengan Shield 10.000. Jangan tertawa dulu, karena ada duelist yang sukses menggunakan TIGA buah Zappbau dalam decknya, contohnya oom Touya dari blog Vanguardus. Zappbau bisa digunakan untuk Guard berkat 10.000 Shieldnya, dan bisa juga untuk Boost berkat Power 6.000nya.

Overall, Shadow Paladin adalah Clan yang cukup sulit dimainkan. Ia memerlukan perencanaan dan penggunaan field dan Counterblast yang baik. Selain itu Timing dari efek Phantom Blaster Dragon atau The Dark Dictator sangat signifikan dalam menentukan apakah kamu menang atau kalah.

Demikian pembahasan kartu-kartu Shadow Paladin yang bagus di deck Phantom Blaster Dragon. Untuk decklist, gue serahkan pada masing-masing pemain karena Shadow Paladin BT04 memiliki gaya main yang tidak biasa, sehingga kamu bisa kustomisasi sendiri sesuai dengan playstyle kamu!

Bagaimana? Sekarang sudah tertarik membuat deck Phantom Blaster Dragon?

Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More