Selasa, 19 Juni 2012

Florsheim Info : How to Play Vanguard - Unit



Dengan dipublikasikannya artikel ini, Florsheim Team Indonesia dengan resmi mulai membahas salah satu TCG yang sedang naik daun di seluruh dunia, yaitu Cardfight!! Vanguard!

Saat ini pembahasan Vanguard masih menumpang di halaman Yugioh, namun setelah website baru kami siap, pembahasannya akan kami pisahkan ke dua halaman. Bagi pemain Yugioh, mungkin ini bisa menjadi sebuah titik awal untuk belajar Trading Card Game lainnya untuk dimainkan di kala bosan.
Baiklah, karena mungkin ada dari kalian yang belum pernah bermain Vanguard, akan gue jelaskan seperti Kai menjelaskan pada Aichi di episode pertama anime Cardfight Vanguard.

Akan gue jelaskan cara bermain Vanguard
Imajinasikan. 
Kita berdua ada di dalam sebuah planet lain yang mirip dengan Bumi, yaitu Planet Cray, dalam bentuk roh. 
Hanya ada dua kemampuan yang diberikan untuk kita, yaitu Call, dan Ride. 
Call adalah cara untuk memanggil makhluk-makhluk yang hidup dalam planet ini, yaitu Units. 
Kemudian, ada satu kemampuan lain kita, yaitu kemampuan kita untuk merasuki Units dengan roh kita, yaitu Ride. 
Unit yang kita rasuki tersebut, dinamakan Vanguard. Kata tersebut memiliki arti "Dia yang memimipin kita untuk maju"....


Lebaaaaayyyyyy
Oke cukup sudah dengan tingkat kelebayan Kai yang overdosis keterlaluan ini. Inti dari Cardfight Vanguard adalah kartu Units. Berbeda dengan Yugioh yang memiliki tiga tipe kartu (Monster, Spell, dan Trap), Vanguard hanya memiliki satu kartu, yaitu kartu Unit. Atau "monster", padanannya dalam Yugioh.

Untuk pembahasan Fase dalam permainan: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Game Phases
Untuk pembahasan Field dan Positions: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Field and Positions

Berikut adalah gambar kartu Unit dan atribut-atributnya:


Grade: Grade adalah tingkatan dari Units. Saat ini ada empat tingkat Grade, yaitu 0,1,2, dan 3. Kita hanya dapat mensummon (Call) Units yang memiliki Grade sama atau di bawah dari Grade Vanguard.

Skill Icon:  Skill Icon ada tiga. Boost, Intercept, dan Twin Drive.

Boost adalah Skill Icon milik Grade 0 dan 1. Ketika Unit menyerang dan ada Unit dengan Icon Boost di belakangnya di kolom yang sama, maka kamu bisa memiringkannya (Rest) untuk menambahkan Attack Powernya ke monster yang menyerang.

Intercept adalah Skill Icon milik Grade 2. Ketika Unit dengan Icon Intercept berada di baris depan sebagai Rear Guard, maka saat Unit kamu diserang, kamu bisa menggunakan Unit ber-Skill Intercept sebagai Shield.

Twin Drive adalah Skill Icon milik Grade 3. Ketika Unit dengan Icon Twin Drive menjadi Vanguard dan menyerang, maka kamu dapat melakukan Drive Check dua kali.

Shield: Saat Unit kamu diserang, kamu dapat memanggil Unit yang memiliki Shield ke dari tangan ke Guardian Circle untuk menambah Attack Power yang diserang sejumlah angka Shieldnya untuk serangan tersebut.

Flavor Text: Keren-kerenan doang. Nggak ada gunanya dalam permainan.

Effect Text: Disinilah efek dari Unit ditulis. Ada beberapa jenis efek yang akan dibahas lebih lanjut di edisi-edisi berikutnya.

Unit Type: Unit Type hanya ada dua, Normal Unit dan Trigger Unit. Trigger Unit adalah Unit yang memiliki simbol Trigger Icon di bagian kanan atas kartu. Kamu harus menggunakan TEPAT 16 kartu Trigger Unit di dalam deck kamu. Semua Trigger Unit memiliki Grade 0.

Attack Power: Attack Power, atau Power saja adalah nilai serangan dan pertahanan dari Unit kamu. Nantinya dalam Battle Phase angka inilah yang akan dibandingkan untuk mengetahui menang kalahnya sebuah Unit dalam Battle.


Critical: Critical adalah jumlah damage yang akan diberikan pada Vanguard lawan jika serangan Unit tersebut masuk mengenai Vanguard.

Race: Race adalah tipe ras dari Unit.

Clan: Clan adalah archetype dari Unit yang bersangkutan. Biasanya deck dibuat berdasarkan Clan karena banyak efek memerlukan Vanguard dengan Clan yang sama. Selain itu Trigger Check juga tidak bisa aktif misalkan tidak ada Unit dengan Clan yang sama dengan Unit yang tertrigger tersebut di field.

Card Name: Card Name... adalah nama dari kartu... Ya iyalah yaaa.

Trigger Icon: Trigger Icon hanya dimiliki oleh Trigger Unit. Trigger Icon akan terpicu saat Unit tersebut terbuka sewaktu Damage Check atau Drive Check. Ada empat tipe Trigger Icon dengan efeknya masing-masing, yaitu Draw, Critical, Heal, dan Stand.

Draw Trigger ketika terpicu akan memberikan bonus 5000 ATK ke salah satu Unit kamu dan kamu draw satu kartu.

Critical Trigger ketika terpicu akan memberikan bonus 5000 ATK ke salah satu Unit kamu di field dan memberikan juga bonus satu Critical (damage yang dapat dihasilkan) ke salah satu Unit kamu di field. Kedua bonus ini dapat diberikan ke dua Unit yang sama atau berbeda.

Heal Trigger ketika terpicu akan memberikan bonus 5000 ATK ke salah satu Unit kamu di field dan jika jumlah damage kamu sama atau lebih banyak dari lawan, kamu dapat membuang satu damage kamu ke Graveyard (Drop Zone). Kamu hanya bisa menggunakan maksimal empat (4) kartu Heal Trigger dalam Deck.

Stand Trigger ketika terpicu akan memberikan bonus 5000 ATK ke salah satu Unit kamu di field dan kamu dapat memberdirikan (Stand) salah satu Rear Guard kamu yang sedang dalam posisi miring (Rest). Kedua bonus ini dapat diberikan ke dua Unit yang sama atau berbeda.

Contoh Grade 0 Trigger Unit, Grade 1, Grade 2, dan Grade 3
Demikianlah bagian-bagian dari Unit dalam Vanguard. Selain Unit, tidak ada lagi tipe kartu lain. Mungkin pada awalnya akan terasa ribet dan banyak, namun jika kamu mencoba main, maka hanya dalam satu game saja kamu akan mengerti cara bermain dan semua aturan-aturan di atas dengan sangat mudah. Untuk edisi depan, kita akan bahas field dan posisi kartu. Bersambung!


Oke segitu dulu,
Medallion

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More